Apa Fungsi dan Kegunaan Dari Meta Keywords Pada Website?

Pembicaraan tentang meta keywords memang menjadi pembicaraan yang hampir selalu hangat terkait dengan fungsi dan kegunaannya. Meta keywords sebenarnya didesain untuk mengkategorikan konten website dengan cara memasukkan berbagai keywords yang terkait dengan isi website.

Namun, pada prakteknya meta keywords juga digunakan sebagai cara memanipulasi search engine dengan cara memasukkan keywords yang tidak berkaitan dengan isi website. Hal ini ditujukan agar website tersebut mendapat ranking atau SERP yang baik dalam search engine dengan keywords tersebut.

Dahulu kala banyak website yang menggunakan cara seperti ini, tapi sekarang tidak karena hal tersebut sia-sia. Saat ini kebanyakan search engine mengabaikan meta keywords. Berikut ini saya terjemahankan pembuktian ketidakgunaan meta keywords oleh Bob di LinkedIn:

Kasus Ditutup – Meta Keywords Telah Mati: Sebuah tes secara ilmiah telah menunjukkan bahwa meta keywords tag diabaikan oleh kebanyakan search engine.

Saya telah membuat sebuah kata yang tidak ada, ziquilofamster, dan saya telah meletakkannya dalam meta description tag pada website saya dua bulan yang lalu. Ini adalah waktu yang cukup bagi kebanyakan robot (baca: robot search engine) untuk menemukannya. Lalu apa yang terjadi?

Sepuluh dari search engine yang terkenal seperti Google, Bing, Yahoo!, Ask, AOL, Altavista, AllTheWeb, Netscape, dan Snap, tidak menunjukkan hasil pencarian apabila kita mencari kata tersebut.

Siapa yang masih menggunakan meta-description tag? Gigablast. (siapa sih itu?)

Analisis dan Pendapat Tentang Meta Keywords

Dari tulisan Bob saya mendapat dua pembicaraan yaitu tentang meta keywords dan meta description. Dalam tulisannya telah disebut tentang meta keywords dan meta description. Mungkin bob salah menulis tentang meta description yang seharusnya ditulis sebagai meta keywords karena pembicaraan ini merupakan pembicaraan meta keywords.

Gigablast adalah salah satu search engine yang menggunakan meta keywords sebagai salah satu metode pengindeksan. Namun, apakah Anda tahu tentang search engine bernama Gigablast sebelum Anda membaca artikel ini? Jika belum, apa gunanya untuk Anda? Kebanyakan dari pengguna internet menggunakan Bing, Google, atau Yahoo! untuk melakukan pencarian. Sudah di sebutkan di atas bahwa search engine tersebut tidak menggunakan meta keywords dalam pengindeksan, terbukti dengan tidak adanya kata ziquilofamster dalam search engine KECUALI hasil pencarian menuju LinkedIn. Coba saja!

Ini merupakan pembuktian oleh Bob yang jelas-jelas terbukti. Mungkin jika Anda mencari kata ziquilofamster di Google, Anda akan menemukan website ini meski pun saya tidak memasukkan keyword ziquilofamster dalam meta keywords! Ini artinya konten websitelah yang menjadi patokan search engine dalam pengindeksan, bukan sekedar tag-tag HTML yang manipulatif.

Gambar hasil screenshot pencarian kata ziquilofamster di Google

Yup! Sudah terindeks di Google

Bagaimana pendapat Anda?

 

Tags: , , , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

12 tanggapan untuk “Apa Fungsi dan Kegunaan Dari Meta Keywords Pada Website?”

  1. October 26th, 2011 at 07:26 | #1

    Selamat pagi sahabat,minta ijin belajar memahami keyword disini.Salam kenal dan makasih infonya.Happy blogging.

  2. November 23rd, 2011 at 08:30 | #2

    wah wah. Jadi selama ini saya rugi. Seandainya keyword dengan link bagaimana

  3. December 17th, 2011 at 22:16 | #3

    apa benar sudah tidak berguna lagi itu meta keyword?

    • December 22nd, 2011 at 10:04 | #4

      Untuk Google tidak. tapi mungkin bagi SE lainnya masih berguna.. tapi.. siapa yang pake SE lain selain Google?

  4. October 8th, 2012 at 16:03 | #5

    Terima kasih sudah berbagi… saya ingin lihat tab yag lain…

  5. February 5th, 2013 at 17:49 | #6

    nice share, selama ini saya juga merasakan hal yang sama, saya belum pernah menemukan fungsi dari meta keyword. Website saya –> http://www.batamniaga.com konten isinya hampir semua menggunakan gambar saja. Dari sini saya tahu fungsi dari meta description, yaitu untuk membantu menjelaskan sebuah halaman, yang memang memerlukan bantuan meta description, meta descrioption membantu mendeskripsikan halaman saya yang tidak ada teksnya, sedangkan meta ketword, saya tidak pernah mengetahui fungsinya ….

  6. April 19th, 2013 at 13:42 | #7

    waduh saya baru tahu nih, memang sih yang namanya ilmu SEO ga ada habisnya, selalu update apa yang kita dapat tahun sekarang biasanya da perubahan pada tahun mendatangnya, makasih infonya

  7. April 25th, 2013 at 23:23 | #8

    Makasih gan atas infonya ,saya baru tau kalau ada yang namanya meta keyword maklum masih newbie

  8. May 10th, 2013 at 09:37 | #9

    Jadi meta keyword tidak diperlukan, di mana biasanya meta keyword perlu/harus diletakkan. Apa beza jika diletakkan atau tidak diletakkan?

    • May 24th, 2013 at 10:16 | #10

      Meta keyword tidaklah penting bedanya ketika diletakkan atau tidak, ketika diletakkan dengan excessive keyword mungkin akan kena penalty Google, tetapi kalau cermat menempatkan keyword akan berfungsi bagi indexing search engine lain yang membutuhkan meta keyword sebagai kriteria penilaian

  9. April 30th, 2015 at 06:15 | #11

    Pantasa saja, saya masukan banyak meta keyword untuk website saya namun tidak ada hasil. masih kalah dengan website serupa lainya.

  10. August 13th, 2015 at 14:18 | #12

    Benar sekali, sbb sejakk saya membuat web http://www.agenkaoskaki.com tidak pernah menggunakan meta keyword tapi alhamdulillah tetap ke index. menurut saya yang sangat berpengaruh judul & artikel.

Silakan Beri Komentar