Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mengetahui Penyebabnya

Cekukan atau cegukan adalah hal yang biasa dialami oleh setiap manusia, tetapi kalau cegukan sudah berlangsung lama sekitar 10 menit lebih itu mengganggu juga. Oleh karena itu cegukan perlu untuk ditanggulangi. Sebelum itu, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu kenapa orang bisa cegukan.

Penyebab cegukan

Menurut kompas health “cegukan berulang kali terjadi akibat kontraksi involunter diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dari abdomen. Normalnya, saraf frenik yang memanjang dari leher hingga dada mengontrol kontraksi kedua sisi diafragma secara teratur dan terkendali. Cegukan bisa berawal dari iritasi yang terjadi di sepanjang saraf frenik itu. Cegukan mungkin terjadi ketika perut dalam keadaan teregang, biasanya sehabis makan besar atau alkohol berlebihan.”

gambar diafragma dan paru-paru

Benar, seringkali cegukan terjadi ketika orang selesai makan. Namun, hal yang paling sering menyebabkan cegukan adalah makan terlalu buru-buru, makan makanan yang pedas menyengat yang membuat kita menarik napas lewat mulut, batuk terlalu berlebihan, tertawa yang mengambil napas, atau seringkali di televisi kita lihat di kartun-kartun tokohnya cegukan gara-gara minum-minuman beralkohol.

Menghentikan cegukan secara ampuh

Banyak cara untuk mengobati cegukan, tetapi cara mana yang ampuh? Berikut ini adalah cara-cara yang mungkin Anda ketahui, yaitu:

  1. Menahan napas
  2. Meminum air dengan cara wajah menghadap ke atas
  3. Minum air yang banyak
  4. Memukul-mukul dada
  5. Lompat-lompat, bahkan jungkir balik
  6. Bernapas lewat kantong plastik atau kertas

Cara nomor enam dikenal ampuh dalam menghentikan cegukan secara efektif, tetapi jika tidak ada kantong plastik atau kertas bagaimana kita bisa menghilangkan cegukan tersebut? Oleh karena itu, kita harus memahami konsepnya mengapa bernapas lewat kantong plastik atau kertas bisa menghilangkan cegukan. Utamanya, untuk mengetahui cara menghentikan cegukan secara efektif dan mudah.

Sepengalaman saya, paling sedikit satu kali seminggu saya mengalami cegukan, cegukan banyak saya alami setelah:

  • Makan pedas
  • Terkena udara dingin setelah makan
  • Batuk berlebihan.

Dari situ saya tahu bahwa penyebab utama cegukan itu persoalan hawa/udara yang tiba-tiba masuk ke sistem pernapasan dan membuat tubuh kita pun kaget karenanya. Hampir sama seperti orang tidak pernah olahraga tiba-tiba olahraga berat, habis bangun tidur langsung sakit otot.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu kenapa kita bisa cegukan. Kita harus menormalkan kembali bagian tubuh kita yang kaget tadi. Contohnya, jika saya cegukan diakibatkan makan pedas dan panas, maka saya minum air yang tidak terlalu dingin untuk menghilangkan cegukan lalu lanjut makan lagi pelan-pelan nanti cegukan akan hilang dengan sendirinya.

Cegukan bisa muncul juga akibat udara dingin atau tertawa. Penanggulangannya, kita cari ruangan yang membuat tubuh jauh lebih hangat, jika tidak ada, maka pindah ruangan dan minum air hangat di situ sampai tubuh terasa hangat. Kalau tidak ada air hangat, maka bernapaslah lewat kantong plastik karena itu akan membuat sistem pernapasan Anda lebih hangat.

Intinya

Kita harus menormalkan sistem pernapasan dari yang tadinya kaget akibat suhu atau penyebab lainnya menjadi seperti sediakala. Mengetahui penyebab cegukan akan sangat membantu dalam usaha membuat cegukan cepat berhenti. Saya bukan dokter, tetapi saya berpengalaman soal cegukan sampai-sampai pernah hampir tabrakan di jalan karenanya. Semoga informasi ini berguna buat Anda.

Tags: , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

11 tanggapan untuk “Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mengetahui Penyebabnya”

  1. October 25th, 2011 at 10:55 | #1

    :oops: tank to tips me4nghilangkan cegukan nyua , aqyu bru teu klo bernapas nyua puake kantong plastik ,eh kantong plastiknyua yang bolong apa tertutup ya,,,,,, ko ga jelas siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih ?

    • November 1st, 2011 at 22:38 | #2

      tertutup donk.. kalo bolong sama aja kayak napas biasa.. hahaha

  2. arif
    December 31st, 2011 at 21:00 | #3

    kalau makan, makanan yg pedas. lalu cegukan. itu biasanya disebabkan oleh apa kak?

    mohon di jawab yaa,,

    • January 2nd, 2012 at 01:03 | #4

      mulut/pernapasannya kaget.. jadi makannya harus bertahap pedesnya.. jangan langsung sambel pedes langsung dicocol semuanya.. sedikit demi sedikit lebih bae

  3. Sri Amira
    January 17th, 2012 at 21:53 | #5

    Saya punya baby baru 2 bulan setiap hari pasti cegukan sampai 3 /4 x sehari,..apakah penyebabnya,..dan bagaimana cara menghilangkannya,..?? seperti kepercayaan org jawa selama ini saya pakai ujung tisue kira2 1.cm.. yg di basahi dan di tempel di dahi cara ini juga cepat membantu tapi apa hubungannya,..saya sendiri bingung,..

  4. jipenx
    March 12th, 2012 at 16:19 | #6

    sangat membantu,,,,,
    aq coba cara terakhir,langsung sembuh,
    trima kasih

  5. abang salero
    March 15th, 2012 at 08:20 | #7

    semua orang pernah mengalami cekukan….,,,dan sangat sulit menghilangkannya…..jadi menurut saya cara cepat dan ampuh untuk menghilangkan cekukan adalah dengan minum air hangat

  6. Aldi Maulana
    June 16th, 2012 at 16:24 | #8

    makasih yah udah reda
    gempa di tubuhh…..

  7. Siltje
    November 28th, 2012 at 09:33 | #9

    Suami saya sering cegukkan sampai 2 hari lama, setelah baca artikel ini saya jadi tau untuk mengantisipasinya…..

  8. jhon
    January 18th, 2013 at 07:09 | #10

    wah ampuh bgt tips bernapas dalam kantongnya, ga kurang dari satu menit semua hilang.,.,.,., makasi bayak

  9. fadhal
    September 16th, 2013 at 10:51 | #11

    jika cekukan sampai 3 hari bagai mana cara menyembuhkn nya slama 3 hari tidak berhenti

Silakan Beri Komentar