Tampilan Blue Screen of Death Diperbaharui di Windows 8

Hampir semua orang tahu apa itu Blue Screen of Death (BSoD) pada sistem operasi Windows. Itu loh, halaman error yang berwarna biru terang dan bikin kesel disertai dengan tulisan-tulisan berhuruf kapital yang sungguh membuat sakit mata. Kalau tidak mengerti atau belum tahu, coba lihat gambar di bawah ini, pasti bakal ngeh deh

gambar blue screen of death

Yup, tampilan tersebut sudah menghantui para pemakai Windows mulai dari Windows XP sampai Windows 7 sekalipun. Namun, perkembangan Windows selanjutnya menunjukkan perubahan yang signifikan.’

BSoD di Windows 8

Rupanya para developer sistem operasi Windows dan para pengguna Windows sudah mulai muak dengan tampilan BSoD yang jelek seperti itu. Oleh karena itu, didesainlah tampilan baru yang lebih fresh dan tidak membuat pengguna Windows merasa gelisah ketika melihat BSoD. Bagaimana tampilan BSoD di Windows 8?

gambar blue screen of death di Windows 8

Dikutip dari Mashable bahwa tentu tampilan BSoD yang baru ini lebih jelas dan lebih user-friendly dibandingkan dengan yang sebelumnya. Menurut saya, memang ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa mengubah konsep error yang sangat mematikan menjadi sebuah konsep error yang bersahabat di mata maupun diperasaan. Ketika kita melihat BSoD yang lama tentu perasaan kita menjadi sangat was-was, alih-alih komputer kita mengalami kerusakan yang sangat parah.

Namun ketika kita melihat BSoD yang baru, kita bisa berpikir “Oh ini pasti ada kesalahan kecil, ya gapapalah restart.” Paling-paling kita cuma merasa kesal karena pekerjaan kita belum disave.

BSoD yang baru ini bukan berarti tanpa kekurangan. Kekurangannya adalah hanya ditunjukkan nama errornya seperti gambar di atas adalah SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION, sedangkan HEXnya seperti 0x00000001 tidak ditampilkan. Mungkin ini bisa menyulitkan bagi user yang ingin mencari penyebab error tersebut melalui internet.

Bagaimana menurut Anda?

Tags: , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

2 tanggapan untuk “Tampilan Blue Screen of Death Diperbaharui di Windows 8”

  1. ohan
    March 17th, 2012 at 18:00 | #1

    tampilannya tdk menyeramkan spt versi win 7 kebawah. 😀
    kalo soal tdk di tampilkan kode hexadesimalnya mungkin masih bisa di lihat menggunakan dengan BlueScreen viewer. 😀

  2. andy
    June 3rd, 2012 at 22:57 | #2

    mending yang lama,errornya terlihat jelas apa apa saja yang rusak,daripada tampilan manis tapi tidak mengandung arti

Silakan Beri Komentar