Server Maintenance Mempengaruhi Website di SERP Google?

Ada pertanyaan yang mungkin membuat kita penasaran di ranah SEO, yaitu apakah server maintenance mempengaruhi SERP (Search Engine Result Position) sebuah website di Google? Pertanyaan ini wajib dijawab dengan seksama mengingat posisi website yang tinggi  di search engine sangat menguntungkan bagi kita dan kita tidak ingin kehilangan posisi bagus kita, ya kan?

Saya rangkum dari Google Webmaster Central bahwa seharusnya server memberikan server response dengan nomor 503 ketika mengadakan website maintenance. Apakah itu 503 server response? Menurut WEBNet77 503 server response berarti:

“503 (Layanan Tidak Tersedia). Kode ini akan diberikan oleh server ketika server tidak dapat merespon dikarenakan mengalami overload atau sedang maintenance. Sebagai contoh, ketika pengguna layanan web hosting yang memiliki akun dengan kapasitas request per day atau jumlah byte melebihi kapasitas yang ditentukan, maka kode 503 akan diberikan oleh server.”

Dengan kata lain, Anda harus mengeceknya lewat Add-on Firefox yang dinamakan Firebug.

gambar status 503 unavailable firebug

Lihat pada gambar di atas terlihat bahwa server memberikan Status 200 OK yang menandakan website Anda online dengan baik. Ketika server mengadakan maintenance seharusnya statusnya berubah menjadi 503 Unavailable.

Lalu bagaimana jika yang dikeluarkan adalah Status 200 OK padahal server sedang maintenance? Nah, ini tergantung jika server maintenance lebih dari 12 jam maka Anda harus segera menghubungi pihak web hosting Anda! Tetapi jika kurang dari waktu tersebut kemungkinan besar SERP website Anda tidak akan terpengaruh

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Belum ada tanggapan untuk “Server Maintenance Mempengaruhi Website di SERP Google?”

Silakan Beri Komentar