Strategi Periklanan Facebook yang Membuat Google Pusing

Sejak kemunculan Facebook beberapa tahun yang lalu Google menjadi was-was karena takut kehilangan pendapatannya dari AdWords. Tambah lagi sekarang Facebook juga mengadopsi strategi periklanan yang dilakukan oleh Google ke dalam segi media sosial.

Bukanlah sebuah ide yang baru ketika periklanan digabung dengan jejaring sosial, tetapi lebih dari itu perkembangan periklanan yang awal mulanya hanya sebagai penyampaian iklan menjadi alat untuk berbagi atau promosi oleh para user. Inilah yang membuat Facebook menjadi lebih hebat. Coba kita lihat iklan-iklan di Facebook yang biasanya terletak pada sisi kanan, kita bisa me-like-nya. Kalau Anda memencet like maka secara otomatis Anda mempromosikannya ke dalam Wall Anda dan tentu bisa dibaca oleh teman-teman Anda di Facebook.

Iklan ke Advertiser Page

Perkembangan yang dilakukan Facebook tidak hanya itu. Dahulu mungkin Anda pernah mengklik salah satu iklan di Facebook dan langsung menuju website yang dituju. Sekarang hal itu bisa jadi dianggap kuno, kenapa? Facebook memiliki cara untuk membuat periklanan yang dilakukan oleh para pengiklan menjadi lebih baik dengan cara redirect ke advertiser page.

Coba saja Anda klik salah satu iklan di Facebook, kemungkinan besar Anda akan dibawa ke halaman pengiklan yang memungkinkan Anda bisa melakukan like pada halaman tersebut. Ini tidak hanya membuat impresi iklan menjadi lebih besar, tetapi juga membuat penambahan nilai konversi.

Kelebihan lainnya? Sebagai advertiser Anda bisa melihat berapa banyak like Anda. Anda bisa berinteraksi langsung dengan orang yang me-like halaman advertising Anda. Hal ini sangat potensial dalam membuat ikatan dengan konsumen dan calon konsumen.

Dengan demikian, Facebook dapat dikatakan berhasil dalam mengubah cara beriklan satu arah menjadi tiga arah secara lebih efektif, yaitu:

  1. Penyampaian iklan/produk/pesan ke konsumen
  2. Konsumen menanyakan tentang produk (dalam jangka waktu berikutnya)
  3. Konsumen mempromosikan produk

Kalau Google AdWords? Anda tidak bisa me-like-nya atau memberikan +1. Anda hanya bisa bernavigasi antara halaman iklan satu dan iklan lainnya dengan memencet tombol panah pada pojok kanan atau kiri dari iklan Google AdWords.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Strategi Periklanan Facebook yang Membuat Google Pusing”

  1. November 23rd, 2011 at 08:36 | #1

    hebat. Setelah tau itu,baru sadar saya. Dengan begitu si pemasang iklan akan lebih untung.

Silakan Beri Komentar