7 Jawaban Richard Branson Tentang Penggunaan Media Sosial

Mashable telah mewawancara Richard Branson, pemilik Virgin Group, tentang penggunaan media sosial dan bagaimana media sosial dapat mengembangkan sebuah perusahaan. Ada tujuh jawaban penting Branson tentang sosial media, simak hasil wawancara berikut ini

richard branson and virgin

Kapan Anda mulai menggunakan media sosial? Bagaimana hal tersebut membawa perubahan?

Virgin adalah sebuah merek yang sejatinya melakukan percakapan. Kami senang berbicara dengan para kostumer kami untuk mengetahui apakah segalanya berjalan lancar dan bagaimana kami bisa berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itu bagi kami, menggunakan media sosial terasa sangat alami. Saya aktif pada 2008, pertama-tama karena Virgin America (maskapai penerbangan yang berlokasi di Silicon Valley) banyak mendapat kunjungan aktif secara online terutama dari para fans meskipun belum melakukan penerbangan.

Tetapi media sosial juga merupakan hal dibalik bisnis, orang ingin mengetahui apa kegunaannya. Jadi saya menggunakan media sosial untuk berbagi gerakan dan kampanye tentang kedermawanan, hal ini penting bagi saya dan Virgin Unite (lembaga non-profit dari Virgin Group). Perusahaan kami juga melakukannya. Sebagai contoh, Virgin America dengan hashtag #flyfwdgiveback di Twitter menghasilkan banyak sumbangan bagi pendidikan dalam waktu yang singkat.

Mengapa kehadiran independensi media sosial sangat penting bagi kepala perusahaan?

Sangat penting karena banyak dari masing-masing perusahaan Virgin secara global melakukan hal yang berbeda-beda, dan fokus saya kali ini adalah kedermawanan.  Selama saya masih aktif bersama perusahaan, Saya menghabiskan banyak waktu dengan Virgin Unite dan melihat bagaimana media sosial dapat menyebarkan kesadaran tentang bagaimana kami menggunakan bisnis untuk kebaikan. Hal tersebut juga membuat saya bisa berbagi pelajaran tentang bisnis yang telah saya pelajari, sebagaimana orang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.

Anda menjalankan sebuah blog di website Virgin Group. Apa yang menginspirasikan Anda?

Perusahaan pertama saya adalah majalah mahasiswa, jadi tentu saja saya merasa sah-sah saja untuk menggunakan blog untuk berbagi wawasan dan tips tentang kewirausahaan dan juga berbagi cerita tentang para wirausahawan, baik dalam sektor profit maupun non-profit. Banyak usahawan yang mencari ide baru dan saling berbagi pendapat, dan blog pada virgin.com adalah tempat yang tepat untuk itu..

Pengalaman apa yang paling menarik sekaligus penting  sejak Anda menggunakan Twitter?

Pertama kali saya menyadari bahwa Twitter akan mengubah cara kita berkomunikasi adalah pada 2008 ketika saya diinterview melalui Twitter oleh L.A. Times pada penerbangan pertama kali Virgin America yang menggunakan Wi-Fi. Pada saat itu saya berpikir, bahwa Anda dapat berkomunikasi menggunakan 140 karakter atau kurang, di manapun Anda berada. Hal tersebut membuat saya sadar bagaimana perantara komunikasi sudah banyak berubah dan juga cara penulisannya.

Disela-sela kesibukan, bagaimana Anda punya waktu untuk menggunakan Twitter?

Hal tersebut tidaklah sulit untuk digunakan, dan juga menyenangkan ketika berbagi tentang apa yang sedang aku lakukan dan bersama siapa. Contohnya, ketika rapat Carbon War Room dengan climate wealth entrepreneurs, Grand Prix dengan Rihanna, melihat kendaraan luar angkasa Virgin Galactic dengan astronot masa depan, atau mengumpulkan dana untuk London Marathon, dan sama menyenangkannya ketika saat itu juga mendengar apa pendapat orang lain. Keseluruhan sosial media seperti komentar pada blog, Facebook dan Twitter, memungkinkan saya untuk mengetahui apa yang sehari-hari orang katakan tentang baik-buruknya masing-masing bisnis dan produk/merek. Sangatlah penting untuk mengetahui hal tersebut.

Bagaiaman Virgin Group menggunakan media sosial secara internal?

Maskapai penerbangan banyak menggunakan media sosial bersama para pegawai, dan mereka melatihnya untuk menolong para kostumer. Kami menemukan bahwa seringkali para kostumer lebih memilih tweet suatu masalah daripada memberitahukannya kepada petugas, jadi Twitter secara nyata dapat melayani kostumer secara real-time. Mereka juga mencoba platform lain seperti Chatter atau Yammer. Banyak perkembangan di media sosial, saya hampir tidak bisa mengikutinya!

Saran apa yang Anda akan berikan untuk para pemimpin perusahaan lain tentang bagaimana cara memasuki ranah sosial media?

Jaga keaslian dan jangan dibuat-buat. Sosial media tidak dapat dipaksakan karena tidak akan berhasil. Dan yang paling penting. Bergembiralah.

(Mashable/Terj)

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “7 Jawaban Richard Branson Tentang Penggunaan Media Sosial”

  1. October 15th, 2011 at 10:34 | #1

    Keren…menggunakan media social untuk aksi sosial

Silakan Beri Komentar