Peternak Kambing Peranakan Etawa Berterima Kasih Kepada Fakultas Peternakan UGM

Berikut ini adalah ucapan terima kasih dari peternak kambing Peranakan Etawa (PE) kepada Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada:

Selama ini Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta telah membina kami sebagai petani peternak kambing Peranakan Etawa (PE) di desa Sukorejo, Girikerto, Turi, Sleman, Yogyakarta sehingga sangat dirasakan hasil yang bermanfaat bagi kehidupan kami.

Pemeliharaan ternak kambing PE memiliki nilai ekonomis yang tinggi, baik dari segi daging ataupun pemerahan susunya, termasuk untuk harga jual kambing itu sendiri. Sedangkan untuk pakan sangatlah mudah didapatkan di sekitar pedesaan Sukorejo. Susu yang dihasilkan kambing PE saat ini mencapai Rp20.000 per liter, dan tidaklah sulit untuk menjualnya, karena banyak konsumen yang datang ke desa kami untuk membeli susu kambing tersebut. Konon katanya susu kambing PE bisa menyembuhkan banyak penyakit, salah satunya hepatitis.

foto: kambingetawa.org

Pada tahun 2009, kami hanya difasilitasi dengan 28 ekor kambing betina dan 2 ekor kambing jantan, dan sekarang sudah berkembang menjadi 128 ekor kambing yang dipelihara oleh 37 orang anggota aktif dari kelompok petani peternak kambing PE Sukorejo I, di desa Sukorejo. Pembagian hasil dan pengembangan juga saling menguntungkan antara pihak UGM dan kelompok petani peternak. Sehingga ternak menjadi semakin berkembang dan kelompok pun menjadi semakin berkembang.

Berbagai pembinaan teknis yang dilakukan Fakultas Peternakan UGM nyata-nyata sangat membantu kelompok kami, seperti penyuluhan mengenai pakan ternak, kandang yang sehat serta pengolahan limbah kotoran ternak yang sekarang ini sudah terwujud dengan adanya tempat pengolahan limbah menjadi pupuk organik yang bermutu tinggi, disamping pengetahuan pengolahan susu kambing yang benar.

Kegiatan pemantauan yang dilakukan secara berkala oleh Fakultas Peternakan UGM membuat aneka permasalahan dan keluhan kelompok kami dapat serta merta terjawab. Termasuk permasalahan menghadapi penyakit yang terjadi pada ternak kambing PE. Berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menunjang pengembangan ternak kambing PE membuat kami menjadi lebih bersemangat, seperti kontes kambing sehat dan unggul, lomba kebersihan kandang, hingga lomba meramu pakan bagi kambing PE.

Keberhasilan kelompok kami juga tidak lepas dari pembinaan organisasi kelompok yang sehat dan mandiri. Peranan Dinas Peternakan Kabupaten Sleman, melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kelompok kami yakni petani peternak kambing PE.

Kami sangat bangga dan berbahagia bahwa kelompok kami yakni Kelompok Petani Peternak Kambing Peranakan Etawa Sukorejo I merupakan model pengembangan swadaya masyarakat melalui usaha peternakan kambing PE dan dengan adanya model ini mudah-mudahan akan segera dapat ditularkan untuk membantu saudara-saudara kita di lain tempat agar juga dapat meningkatkan taraf kehidupan melalui bidang peternakan.

Ananta

Ketua Kelompok Petani Peternak Kambing PE Sukorejo I, Sukorejo, Girikerto, Turi, Sleman.

Sumber: Kedaulatan Rakyat, Rabu 31 Maret 2010

Itulah ungkapan terima kasih dari Peternak Kambing Peranakan Etawa di Sukorejo kepada Fakultas Peternakan UGM. Ternyata dengan penyuluhan, pembinaan, dan pemantauan yang benar dapat membawa hasil yang signifikan. Lihat saja, tahun 2009 sampai 2010 sudah bisa berkembang dari 30 ekor sampai 128 ekor. Ternyata Fakultas Peternakan UGM tidak hanya mengajarkan cara beternak kambing etawa, melainkan juga cara mengolah limbah atau kotoran kambing menjadi pupuk organik yang bermanfaat dan bermutu.

Semoga ternak kambing etawa di desa Sukorejo bertambah maju dengan cara ternak kambing etawa yang telaten :mrgreen:

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

5 tanggapan untuk “Peternak Kambing Peranakan Etawa Berterima Kasih Kepada Fakultas Peternakan UGM”

  1. March 31st, 2010 at 19:25 | #1

    thanks etawanya… :-)

  2. July 24th, 2010 at 09:50 | #2

    saya guru swasta yg tinggal di Condongcatur, untuk menambah pengalaman dan membangun kemandirian sekarang saya baru memulai beternak kambing PE sejumlah 10 ekor, kalau mohon dibina Fak. Peternakan UGM atau ikut gabung dalam pembinaan kelompok peternak yg ada gimana caranya?

  3. made
    October 25th, 2010 at 11:20 | #3

    makasih etawa 😛 😆

  4. rahman
    February 21st, 2011 at 08:31 | #4

    Saya pengen sekali berwiraswasta beternak kambing PE,gmana cara memulainya?

  5. jokokendel58
    December 17th, 2011 at 14:44 | #5

    tanya bos saya berada di daerah klaten. saya ingin memulai ternak kambing PE . di mana saya mendapatkan atau beli bibit calon indukan kambing PE ? mohon petunjuknya.

Silakan Beri Komentar