Persiapan Sidang Tesis dan Wisuda MM UGM

Akhirnya setelah 2 tahun 11 bulan studi saya di MM UGM pun selesai. Sebelumnya saya sangat hectic banget mempersiapkan tesis, ujian tesis, dan wisuda. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar ingin lulus sesuai dengan prediksi? Ikuti tips sesuai dengan pengalaman saya sebagai berikut.

Daftar Sidang Tesis MM UGM

Ini adalah langkah-langkah daftar sidang tesis.

  1. Tesis harus sudah selesai dan di-acc oleh dosen pembimbing paling lambat sebelum tanggal 25 setiap bulan karena biasanya paling telat daftar sidang itu tanggal 25. Tetapi jangan senang dulu karena mungkin tanggal 25 itu adalah hari libur. Oleh karenanya, sebaiknya jangan mepet-mepet untuk daftar sidang tesis.
  2. Minta form pendaftaran sidang tesis di bagian akademik.
  3. Lengkapi syarat sidang tesis yaitu menyerahkan tiga buah copy tesis yang telah di-acc dosen pembimbing, menyerahkan summary/ringkasan tesis yang telah di-acc dosen pembimbing, dan minta bukti tidak ada masalah pembayaran kuliah di bagian keuangan.
  4. Setelah terkumpul syarat tersebut terkumpul, maka serahkan segala bukti tersebut dan form pendaftaran yang telah diisi ke bagian akademik.
  5. Summary/ringkasan harus dibuat versi bahasa Inggrisnya. Saat saya masih di MM fitur penerjemahan disediakan oleh bagian akademik, tetapi boleh juga kalau buat sendiri. Kalau ingin diterjemahkan oleh bagian akademik, maka silakan kirimkan ringkasan tesis ke thesis.mmugm@gmail.com. Nanti kalau sudah selesai akan dikirimkan ke email anda. Ingat kalau summary tesis maksimal 10 halaman karena kalau lebih bagian penerjemah di akademik tidak akan memprosesnya.
  6. Kalau semua sudah benar dan selesai, tunggu jadwal sidang tesis yang biasanya ditelpon 2 minggu sebelum jadwal ujian tesis. Biasanya jadwal ujian tesis adalah satu bulan semenjak daftar ujian tesis. Jadi kalau daftar tanggal 10 kemungkinan keluar jadwalnya tanggal 10 bulan depannya.

Sidang Tesis MM UGM

Ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum sidang.

  1. Pakai pakaian formal seperti kuliah.
  2. Bawa summary/ringkasan tesis yang bahasa Inggris dan bahasa Indonesia nantinya akan ditandatangani dosen pembimbing setelah sidang.

Setelah Sidang

  1. Minta tanda tangan summary.
  2. Tanyakan nilai IPK dan jumlah SKS anda satu hari setelah ujian tesis di bagian akademik.

Daftar Wisuda

Berikut ini adalah langkah dan syarat dalam mempersiapkan pendaftaran wisuda.

  1. Minta form pendaftaran wisuda, daftar syarat-syarat wisuda, dan user login untuk http://akademik.ugm.ac.id/wisuda di bagian ASA lantai 3, depan ruang komputer.
  2. Kosongkan isi loker dan kembalikan kunci lokernya ke lantai 2 ruangan paling timur dan minta buktinya.
  3. Minta surat bebas perpustakaan di perpustakaan MM UGM.
  4. Bayar biaya wisuda di bagian keuangan MM UGM dan simpan bukti pembayarannya.
  5. Minta cek sertifikat PAPs dan AcEPT di bagian admisi lantai 1, lalu minta upload buktinya melalui ASA lantai 3 ke http://akademik.ugm.ac.id/wisuda atau bisa dilakukan sendiri apabila sudah ada file hasil scan sertifikat tersebut yang diambil dari bagian admisi. Setelah memasukkan file tersebut ke http://akademik.ugm.ac.id/wisuda maka tunggu konfirmasi DA UGM kurang lebih 3×24 jam. Jangan mepet-mepet batas tanggal akhir daftar wisuda kalau mau daftar wisuda karena verifikasi ini bisa makan waktu 3 hari. Setelah terverifikasi maka anda dapat mengisi data lanjutan melalui web tersebut.
  6. Siapkan foto terbaru dengan gaya formal yaitu berjas dan dasi. Usahakan pakai warna terang untuk dalemannya. Untuk cewe harus kelihatan kupingnya ya. Cetak yang berwarna 3×4 sebanyak 8 buah, hitam putih 3×4 8 buah, dan berwarna 2×3 sebanyak 2 buah.
  7. Upload foto tersebut ke web http://akademik.ugm.ac.id/wisuda setelah sertifikat PAPs dan AcEPT diverifikasi oleh DA, lalu isi data lanjutan seperti langkah ke-4 di atas. Tanyakan nilai IPK anda satu hari setelah ujian tesis di bagian akademik, nanti nilai itu yang dimasukkan ke web. Tulis nama dosen pembimbing saja, bukan penguji.
  8. Siapkan fotocopy KTP untuk penutupan rekening BNI apabila MM UGM masih bekerja sama dengan BNI
  9. Siapkan KTM
  10. Print data anda yang telah terisi di http://akademik.ugm.ac.id/wisuda. Login saja, nanti ada tulisan cetak form c dan cetak form d atau sejenisnya. Print form c sebanyak tiga copy dan form d sebanyak dua copy. Tempelkan fotonya di bagian ASA saja supaya jelas foto berwarna dan hitam putihnya ditempel di form mana.
  11. Isi exit survey di portal akademik MM UGM/Sintesis yaitu https://academics.feb.ugm.ac.id/login.php. Setelah login, scroll ke bawah lihat pada menu sebelah kiri ada tulisan Exit Survey. Silakan diklik dan diisi.
  12. Apabila tesis tidak ada revisi maka silakan upload tesis anda ke web yang ada pada daftar syarat-syarat wisuda.
  13. Tesis yang diupload harus memiliki bookmark dan telah dijadikan format PDF. Untuk membuatnya tanpa ribet silakan langsung menuju ruang komputer lantai 3. Minta untuk tesis dijadikan PDF. Biayanya adalah Rp20.000. Siapkan softcopy file tesis, summary tesis bahasa Indonesia, dan summary tesis bahasa Inggris. Siapkan juga halaman pengesahan tesis yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing dan dosen penguji. Siapkan juga halaman pengesahan summary bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing. Nantinya tanda tangan tersebut akan di-scan di ruang komputer dengan biaya Rp2.500. Minta surat/kuitansi tanda sudah membuat setor file tesis ke MM UGM di ruang komputer juga.
  14. Setelah tesis diproses menjadi beberapa file dan memiliki bookmark silakan langsung upload ke http://unggah.etd.ugm.ac.id. Untuk dapat mengunggah anda harus memiliki email UGM yang bisa didapatkan melalui PPTIK UGM. Gunanya agar anda bisa login ke http://unggah.etd.ugm.ac.id.
  15. Setelah seluruh file tesis anda upload maka silakan tunggu untuk terverifikasi sekitar 15-30 menit. Setelah itu maka anda akan mendapatkan surat bahwa anda sudah menyetor file tesis ke perpustakaan pusat dalam bentuk softfile (PDF) di halaman http://unggah.etd.ugm.ac.id juga. Surat tersebut harus anda print dan kirimkan ke bagian ASA lantai 3.
  16. Langkah 12, 13, dan 14 dapat dilakukan bersamaan untuk menghemat waktu. Jadi surat/kuitansi tanda sudah membuat setor file tesis ke MM UGM dan surat bahwa anda sudah menyetor file tesis ke perpustakaan pusat langsung diserahkan ke ASA secara bersamaan.
  17. Anda bisa membuat Surat Keterangan Lulus di bagian ASA juga kalau mau.

Saran

Sebaiknya persiapan daftar sidang tesis dilakukan paling lambat 7 hari sebelum tanggal 25 tiap bulannya. Lalu tanyakan kapan daftar wisuda paling lambat untuk wisuda terdekat. Setelah itu persiapkan berbagai syarat wisuda paling lambat 7 hari sebelum tanggal paling lambat daftar wisuda. Hal ini dikarenakan mungkin bisa saja kita sakit, kecelakaan, atau terjadi kejadian yang tidak diinginkan lainnya sehingga dapat menghambat proses penyelesaian akhir studi kita di MM UGM. Believe me you don’t know what shits will happen next.

Kalau ada yang kurang silakan tinggalkan komentar di bawah.

Salam sukses,

Aprillins

Tags: , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Belum ada tanggapan untuk “Persiapan Sidang Tesis dan Wisuda MM UGM”

Silakan Beri Komentar