Efek Samping Drontal – Obat Cacing Kucing

Saya menduga bahwa kucing saya cacingan, oleh karenanya saya sempatkan ke apotek K24 untuk membeli obat cacing untuk kucing saya. Masuk ke K24, saya langsung bertanya tentang obat Drontal kepada pegawai yang bertugas. Setelah mencari di komputernya pegawai K24 balik bertanya “Itu obat apa ya mas?” Saya menjelaskan bahwa itu adalah obat cacing. Ternyata, Drontal tidak tersedia di K24.

Saya bertanya lagi obat cacing yang satu lagi yaitu Albendazole. Ternyata stoknya lagi kosong. Oke, yang pasti ada yaitu Combantrin, saya beli saja dengan harga Rp8.200. Lalu saya pulang ke kosan.

Sampai dikosan, saya baru menyadari bahwa Combantrin 250mg dengan pirantel pamoate-nya tidak tertulis untuk mengatasi cacing pita seperti halnya Drontal, melainkan:

  1. Cacing kremi (Enterobius vermicularis)
  2. Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)
  3. Cacing tambang (Ancylostoma duodenale)
  4. Cacing tambang (Necator americanus)
  5. Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Trichostrongylus orientalis

Efek samping Combantrin adalah anoreksia (nafsu makan hilang), mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, mengantuk dan merah-merah pada kulit.

Akhirnya, dengan susah payah saya turun dari lantai tiga untuk mencari Drontal lagi.

Membeli Drontal di Pet Shop

Saya pergi ke pet shop terdekat untuk membeli Drontal. Ternyata baru saya ketahui bahwa tersedia Drontal khusus anjing dan Drontal khusus kucing. Saya langsung membeli Drontal kucing donk.. harganya ternyata tidak semahal yang saya bayangkan Rp25.000, tetapi jauh lebih murah yaitu Rp15.000 per tablet.

Sampai di kosan, saya langsung membuka Drontal dan memotongnya menjadi 3/8 tablet untuk diberikan ke kucing saya, karena dosis Drontal 1 tablet untuk kucing seberat 4kg. Berat kucing saya mendekati 2kg jadi 3/8 tablet, menurut saya, adalah dosisnya :mrgreen:

Karena kucing saya suka menggigit jari, jadi tidak sulit untuk mencekokinya obat cacing. Setelah tertelan dengan sempurna maka tinggal ditunggu efeknya. Kira-kira setelah satu jam kemudian barulah muncul efek samping Drontal yaitu tidak berselera makan. Efek samping lain yang saya lihat yaitu nafasnya menjadi terengah-engah dan detak jantungnya menjadi cepat. Saya pun menjadi takut, takutnya kucing saya overdosis! Dia juga jadi tidak suka di kandang.. lebih suka di lantai dan langsung malas..

Saya beri saja perhatian lebih dan memainkannya sampai akhirnya kucing saya semangat lagi :mrgreen: untung tidak apa-apa hehehe.. ya kira-kira itulah efek samping obat cacing bagi kucing.

Tags: , , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

27 tanggapan untuk “Efek Samping Drontal – Obat Cacing Kucing”

  1. April 6th, 2010 at 18:32 | #1

    waduhhh… serem amat efeknya… btw, posting dunk foto kucingnyaaa… penasaran^^

    • April 7th, 2010 at 07:36 | #2

      hehehe lumayan… ntar deh di posting foto kucingnya.. soalnya hp kamera rusak ne.. heheehe

  2. July 7th, 2010 at 08:29 | #3

    Wah, gimana ya kalo diminum manusia? hehehe

  3. Agus
    July 29th, 2010 at 16:59 | #4

    Mas tanya… Kalau PET SHOP di Jogja alamatnya mana ya?
    Trimakasih.

    • July 31st, 2010 at 18:15 | #5

      Kalau petshop di jogja itu ada yang di dekat pom bensin sagan, alamat pastinya saya kurang tahu. Di sana lumayan lengkap jual peralatan anjing, kucing, dan makanannya.
      Ada juga yang di ring road pet shop. dekat UPN.

  4. July 31st, 2010 at 20:34 | #6

    hai .. mau tnya klu prut kucing gde tp bdanny kcil .. baru umur 2 ato 3 blanan seh .. dia tmsuk cacingan ga ? bls ya

    • August 1st, 2010 at 09:14 | #7

      wajar sih itu mungkin karena terlalu kurus, cuma untuk pencegahan kasih aja drontal secara rutin, untuk 1kg kalo ga salah 1/4 tablet.

    • ikuy
      August 1st, 2010 at 22:42 | #8

      sama dgn kucing gw.. cewe’ namany PUTIC 2-3 bln, makan ga salah2… pake whiskas tuna, ikan laut rebus sekali mkn 1 ikan utuh kdg plus nasi, makan min 4x sehari tp badanny tetep kurus & perut buncit, bulu tipis & badan bau pdhal 2 hr sekali mandi…. aku pikir pertama dia pasti lg sakit tp koq “PECICILAN” minta ampyuuun… eh lama2 dia tiap dksh makan 1-2 jam muntah…meong2 lg minta maem…dksh lg ikan…muntah lg…terakhir ada cacingnya…. wooooo…ini pasti cacingan… maklum asli kelahiran GANG LEBAK BUDI 2 BANDAR LAMPUNG… lg loncat2 sm kawan2ny yg lbh gede2 gw comot masukin mobil….

      • August 2nd, 2010 at 00:48 | #9

        hehehe kalau dikasih drontal pasti pada mati deh tu cacing.. heeheh.. untung deh kalo udah terselesaikan masalah cacingnya :mrgreen:

  5. August 19th, 2010 at 12:00 | #10

    gw mw nanya…kucing kucingnya temen gw umurnya 2 bulan…tiba tiba dy gak mw makan..trs tidur trs…keesokan hari nya keluar cacingnya pada feses…trus diA selalu jerit2…apa dia takut ma cacing ya????hehhehehe
    drontal mampu atasi kucing cacing gilaaa gak???hahhahah
    balesss ya..!!!!”P

  6. fajrin
    August 31st, 2010 at 15:45 | #11

    waduh bermanfaat bnget nih infony..mkasih y.. :grin:

  7. October 28th, 2010 at 11:16 | #12

    Tolong dijawab ya, kucing saya ga mau makan, suka muntah cacing dan muntah biasa, dari bab-y juga keluar cacing.. Saya udah cari jawaban kemana”, tapi ga ada yg membantu.. Tolong bantu saya ya, trims….

    • October 28th, 2010 at 12:23 | #13

      wah itu cacingan beneran, kasih aja drontal. kalau cacing biasa bisa ilang paling 1 minggulah pake drontal, tapi kalau cacing jantung waduh bisa gawat. Untuk pastinya diperiksa ke vet aja.

      • Sarah
        February 27th, 2011 at 09:26 | #14

        same case nih. Kucing ku Sammy Bab-nya berdarah & ada cacingnya putih panjang & ada 3 :sad: . itu cacing pita atau jantung ya? untungnya sih belum sampe muntah cacing. aq ga tau dy sakit coz dy sangat aktif bahkan hiper. makan normal, ga prnh kluar rumah dan selalu aq ceboking tiap pup. klo periksa ke Vet kira2 costnya brp ya? :lol:

  8. icamalika
    November 2nd, 2010 at 03:06 | #15

    kucingku kena cacing pita kayanya , muntah cacing gitu . kira kira butuh berapa drontal ya sekali minum? sampe sembuh? o ya drontal yg murah di petshop daerah sagan nya apa yg dkt upn?

  9. dewi wijaya
    November 11th, 2010 at 21:15 | #16

    aq pny kcing smuanya ad 11, br kmren mlm 1 die..penyakiynya ya muntah terus menerus disertai cacing n ga mau makan selama 2 hr. trus yg namanya chiky skrng kondisinya jg seperti itu, mlh d tambah mencret lg. dan mencretnya itu sdh berlangsung dr umur 1 bln spi hr ini ( skrng umur 4 bln ). utk pencegahan sementara aq kasih ampicillin + imodium + biolysin syrup. apakah itu bs membantu sebelum aq beli drontal ? tolong d jwb yach, please…….

  10. lady gagal
    November 16th, 2010 at 14:45 | #17

    dewi wijaya, aku pernah ngalamin kucing mencret terus hampir dua minggu lebih, akhirnya tak kasih norit :-) alhamdulilah kok ada perubahan sekarang dah ga mencret2 lagi
    btw, kucing ku sekarang lagi kena radang tenggorokan, kira kira … bisa dikasih amoxilin ama FG Troses ga ya? kasian liatnya pingin makan tapi waktu nelen sakit gitu kayaknya

  11. kiki
    March 16th, 2011 at 19:58 | #18

    kucingku (bora) juga badan-ny gak terlalu gemuk, tapi peyut-nya ndut..
    dia makannya seneng banget, dikit-dikit makan, susu, makanan basah, dilahap semua. bora aktif-nya minta ampun, dari pagi sampe malam g’ada capeknya. tp sebulan terakhir mata kirinya sering merah dan belekan warna coklat. aq pernah denger kalo belekan hati2 kena cacing. mang-ny hubungannya gmn sech dari belekan ke cacingan?
    trus aq kasih obat cacing pake pemaksaan gitu, soalnya dia tau aq kasih obat d makanannya, akhirnya g mau makan itu obat. hee pintar juga y? :mrgreen:

  12. ainMiranda
    April 6th, 2011 at 08:06 | #19

    klo cacing cambuk (Trichuris trichuria) apa bisa pke drontal?????

  13. Tenrikyo
    September 25th, 2011 at 09:47 | #20

    Hai,,,aq punya kucing,,,beratnya kurang lebih 2-3 kg,,,klo aq kasih makan ikan atau nasi,,,dy suka mencret,,,tapi klo ayam ya biasa aja,,,nah akhirnya aq kasih makanan sejenis wiskas dan frieskies aja dan pupnya dah mulai normal,,,tapi blakangan ini aq liat pupnya ada semacam putih2 kecil 2-3 millimeter gt,,,gerak2,,,itu telur cacing ato cacing yah?atau apa ya?klo misal pernah terjadi hal yg sama,,mohon di share ya,,,makasi

  14. November 13th, 2011 at 11:43 | #21

    ane punya kucing 2 (snopy sama roxy) snopy 4 bulan, aktif tp perutnya buncit..blom pernah di kasih obat apa pun termasuk vaksin.. dia suka bersin2 mulu nich.. ada yang bisa kasih ide gmn cara biar dia gak bersin mulu?!!

    kl s roxy udah 8 bulan, nafasnya tersengal2 kaya anjing gitu, suka melet2in lidah.. apa itu normal??.. sekarang dia susah makan dan kurusan..

    kasih saran ya.. :)
    thank.

  15. claristy
    November 14th, 2011 at 00:12 | #22

    Jangan sekali2 memberikan obat ke kucing/peliharaan lain sembarangan deh, apalagi obat2an manusia, dosis + kandungannya bisa mematikan bagi kucing.
    Klo emg sayang ma kucing2nya, mending bawa ke dokter hewan yg pasti tepat penanggulangannya.. Klo smua bisa diatasi cuma dengan “mengobatin sendiri”, ngapain para dokter hewan sekolah susah2?
    Lagian biaya dokter hewan ada yg ga semahal dokter manusia kok.

  16. January 22nd, 2012 at 22:54 | #23

    terus cacingnya keluar ato gmn??? kucingnya hidup sampe sekarang??

  17. rizal
    October 21st, 2012 at 21:51 | #24

    indikasinya kucingku kena FIP, katanya gak ada obatnya.. aku kira cacingan. perut bengkak, badan kurus, sesak nafas(karena pembengkakan perut), nafsu makan hilang, sering muntah. ada alternatif obat gak?

  18. sirly saputry
    November 7th, 2012 at 10:29 | #25

    kucing saya habis buang air besar kok mengeluarkan darah???

  19. February 18th, 2014 at 09:47 | #26

    kucing ku Ken, usia nya 3bulan. pup ny ada darahnya, perut buncit tp kuurus, tanya sama tukang pet shop katanya cacingan, akhirnya aku beli Drontal kasih 1/4 tablet… bsk pagi di kandang nya ada cacing2 panjang sekitar 7cm warna putih… ntah itu keluar dr fases atau muntahan nya… setelah itu dia lemes.. nafas trrsedak seperti ngorok.. akhirnya aku suapin minum dan bubur nasi… dia masih ngorok.. 4 jam kemudian dia meninggal dunia.. aku sedihhh banget :'(

  20. siska
    July 21st, 2014 at 04:15 | #27

    Hai mbak ika. Kalau misalnya kucing mbak meninggal kemungkinan besar krn overdosis. Kucing umur 3 bulan umunya beratnya 400-500 gram, jd u/ dosis drontal harusnya 1/8nya. U/ kucing seberat 1 kg harusnya meminumkan 1/4 tablet sedangkan u/ 500gr brarti setengahnya. @ika

Silakan Beri Komentar