Setiap Kamis PNS Kabupaten Sleman Memakai Batik

Sebenarnya tidak setiap Kamis saja PNS Kabupaten Sleman memakai batik, tetapi juga hari Jumat. Namun, kalau Jumat memakai batik bermotif Sleman Sembada, supaya ketahuan Pegawai Negeri-nya hehehe :mrgreen: Berikut ini ulasan beritanya:

Setiap tanggal 2 setiap bulannya, mulai Kamis (1/4) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Sleman setiap Kamis juga akan mengenakan baju batik. Hal ini berdasarkan pengaturan penggunaan baju dinas pegawai dalam Keputusan Bupati Sleman Nomor 111/Kep.KDH/A/2010 tentang Uji Coba Tahap II Penerapan 5 Hari Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Selama masa uji coba tahap II, penggunaan pakaian dinas pegawai diatur hari Senin-Selasa memakai PDH warna khaki, hari Rabu pakaian sehari-hari (biru muda – biru tua), Kamis pakaian batik, hari Jumat pakaian batik motif Sleman Sembada.

“Sedangkan pegawai yang pada hari Sabtu masuk kerja menggunakan pakaian bebas rapi,” kata Kepala Bagian Humas Sleman, Dra Endah SW kepada Bernas Jogja di kantornya, Kamis (1/4). Menurut Endah, berdasarkan keputusan tersebut, terhitung mulai tanggal 1 April 2010 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman juga melanjutkan uji coba penerapan 5 hari kerja. Masa uji coba tahap II terhitung mulai tanggal 1 April 2010 sampai dengan 30 Juni 2010.

Hari kerja adalah hari Senin sampai dengan hari Jumat dengan jam kerja hari Senin sampai dengan hari Kamis pukul 07.30 – 15.30 WIB, hari Jumat pukul 07.30 – 14.30 WIB, dengan waktu istirahat pukul 11.30 – 13.00

Sumber: Bernas Jogja, Senin 5 April 2010

Semoga saja di setiap kantor kabupaten yang ada di Indonesia bisa menerapkan pakaian tradisionalnya pada hari tertentu, seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman yaitu memakai baju batik. Selain menanamkan cinta budaya, dengan memakai pakaian tradisional tentu akan meningkatkan nilai promosi budaya 😎

Pengecualian, pakaian adat yang kurang cocok untuk dipakai secara formal dalam instansi pemerintah, misalnya pakaian adat yang tergolong terbuka ataupun terlalu ribet dipandang, sebaiknya tidak dipakai.. nanti malah menghambat kinerja dan malah kelihatan aneh.. hehehe 😛

Maju terus Indonesiaku

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Setiap Kamis PNS Kabupaten Sleman Memakai Batik”

  1. shewewe
    September 22nd, 2010 at 12:57 | #1

    Pakai batik bagi pegawai memang tujuannya untuk melestarikan budaya bangsa dan menanamkan cinta pada hasil karya bangsa sendiri. Namun alangkah lebih hebat bila sejak sekarang segala produk atau kepemilikan budaya dan karya bangsa dipatenkan kalau perlu diwajibkan untuk digunakan masyarakat dan membatasi produk asing, sehingga tidak ada lagi klain luar negeri atas karya dan kepemilikan potensi kekayaan indonesia. kalau ada yang berani mengklaim kepemilikan kita (Indonesia) tantang perang sajalah, seperti MALINGSIA (=MALAYSIA) itu. Lha rakyat saja berani siap mati kok malah pejabate pada takut, atau mungkin ketakutan kehilangan jabatan kalau jadi perang ? harga diri lebih utama bro daripada harta dan jabatan.

Silakan Beri Komentar