Berapa Lama Pertumbuhan Bulu Kucing?

Bagi para penyuka kucing tentu ingin mengetahui segala tentang kucing. Ada pertanyaan tentang berapa lama pertumbuhan bulu kucing. Kalau saya jawab secara langsung pasti tidak akurat. Masa iya pertumbuhan bulu kucing persia sama dengan kucing mixbreed. Lebih lagi jika dibandingkan dengan kucing mesir (sphinx cat) yang bulunya nyaris tidak ada, kan jadi membingungkan. Oleh karena itu, pasti ada kriteria pertumbuhan bulu masing-masing ras kucing yang menentukan berapa lama bisa tumbuh.

Dua Tipe Bulu Kucing

Harus diketahui bahwa ada dua tipe bulu kucing, yaitu:

  1. Undercoat Fur: Bulu yang paling dekat dengan kulit. Bulu ini adalah bulu halus yang dapat menghangatkan badan kucing
  2. Guardhairs: Bulu yang terdapat di luar undercoat fur. Bulu ini terlihat berkilau (bersih) dan ringan (allexperts.com).

Undercoat fur adalah bulu yang paling lambat tumbuh dibandingkan guardhairs. Jadi guardhairs pada kucing lebih cepat tumbuh dibandingkan undercoat fur. Oleh karena itu, pada pertumbuhan bulu kucing yang dicukur akan terlihat sedikit aneh.

Pertumbuhan Bulu Kucing

Menurut pengalaman saya, pada kucing persia pertumbuhan bulunya relatif cepat dibandingkan dengan kucing berbulu pendek. Bulu kucing saya tumbuh kira-kira 0.6mm – 0.8mm dalam sehari. Hal ini saya ketahui ketika ada bagian tubuh kucing sedikit botak karena diserang jamur. Beberapa hari saya obati memakai ketoconazole cream, saya menemukan fakta tersebut. Jadi ya harus sabar :mrgreen:

Faktor Makanan

Bulu kucing terbuat dari protein. Jika makanan kucing tidak mengandung cukup protein yang berasal dari hewan (lemak ayam) dan tanaman (minyak nabati dari jagung atau kedelai), maka bulu kucing bisa menjadi kering, rontok, atau terasa kasar ketika disentuh (cat-health-guide.com).

Dengan demikian, untuk menumbuhkan bulu kucing diperlukan kesabaran dan berilah makanan yang mengandung protein hewani dan nabati yang tinggi. Semakin bagus makanannya, semakin cepat pertumbuhan, keindahan, dan kelembutan bulu si kucing. hehehe 😛

Kalau ada yang punya pengalaman silakan di-share yah..

Tags: , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

20 tanggapan untuk “Berapa Lama Pertumbuhan Bulu Kucing?”

  1. chita
    April 17th, 2010 at 17:27 | #1

    klo aku si empus di kasih royal canin. bulunya bagus bgt. di banding pakan laiinya

  2. icha
    August 7th, 2010 at 22:45 | #2

    Halo, aku mau tanya, itu kan kucing kamu pernah kena scabies ya? Itu kamu cukur atau enggak yah? Soalnya kucingku kena di banyak bagian badannya kasian…apa sebaiknya saya cukur aja atau gimana yah? Thankss

    • August 7th, 2010 at 22:49 | #3

      kalo bisa sih dicukur aja supaya gampang ngasih salepnya, tapi kalo posisinya ngga memungkinkan ga usah dicukur juga gpapa yang penting rutin kasih salepnya. soalnya waktu scabies, kucingku itu ngga ada bulunya. Kebetulan posisi scabiesnya di kuping, dan kebanyakan kan di kuping :)

    • miraaRF
      August 7th, 2015 at 19:45 | #4

      seminggu yg lalu kucing himalayaku kena wormring(kurap kemerahan) trus aku cukur deh bulu di sekitaran yg terkena wormring, aku olesin sama miconazole cream alhamdulillah sekarang udah sembuh, tapi kapan ya kira2 bulunya numbuh kaya semula??atau mesti di kasih apa biar bulunya cepat numbuh?? thanks.

  3. djati
    October 8th, 2010 at 20:39 | #5

    Cucu saya ( murid SD ) berdebat dg gurunya, gara2 disalahkan karena, dia menjawab : kucing itu berbulu 😉 Pendirian guru
    bahwa kucing itu ber – rambut, bukan bulu.
    Hah mana yang benar
    Wass Djati

    • October 11th, 2010 at 01:47 | #6

      sebelumnya, harus diketahui dulu apa itu rambut? dan apa itu bulu? baru deh bisa dijawab dengan tepat dan benar

    • aris
      October 13th, 2010 at 09:32 | #7

      yang bner rambut..bulu tu hanya ada pada unggas..

  4. kiki
    March 16th, 2011 at 20:15 | #8

    kucingku (bora) abis tak gundul. soalnya dia kena jamur d pantat-ny. dah sering tak kasih obat. tp masih aja botak. tak kirain d satu tempat aj, ternyata pas t’raba2 d punggung juga ada. :sad: bulu-ny dah panjang dan lebat jadinya sulit sembuh itu jamur. alhasil tak gundul deh… 😳
    sempat khawatir juga bulu-nya g bisa tumbuh sebagus dulu, tp lega abis baca artikel d atas.. :smile:
    thanks y?

  5. amsya
    September 8th, 2011 at 22:30 | #9

    mas,
    xo kucing sya bulu’y gak tumbuh2 di bgian yg trkna jamur..
    tapi dsblah yg gak trkena jmur malah sudh tumbuh normal….
    apa kucing aku gak bkal tumbuh lagi yah yg sudh trkna jmur?
    bgaimna mnurut mas

  6. pepenx
    October 8th, 2011 at 13:04 | #10

    kalau salepnya kena jilat gmn?.,t0l0ng djwab ea.,thankz,.

  7. Dhio Fahly
    April 11th, 2012 at 14:08 | #12

    Bagaimana menumbuhkan kembali bulu kucing, yang pada bagian itu ada bekas luka??

  8. heri rahmana
    July 10th, 2013 at 23:47 | #13

    saya ingin tanya….kucing saya persilangan dr kucing persia induk dgn kucing biasa bapaknya…truz anaknya yg lain udah brambut panjang…tp anaknya yg satu ge blm keliatan bulunya panjang padahal umurnya udah 2 bulan..itu karna salah pemberian makan..apakah masih bisa pertumbuhan bulunya dengan merobah pola makannya dengan memberinya makan im organik untuk anak kucing…tolong d jawab ya…

  9. shiya
    September 23rd, 2013 at 20:13 | #14

    itu salep ketoconazole cream emang ga blh dijilat kucing ya min?kucing q jamuran tp ditempat yg bisa dia jilat….gmn min?

  10. October 7th, 2013 at 00:54 | #15

    Kolo kucing pidareni,dmana ya supaya warna’x bsa sarti sediakala,,thankz’

  11. jeng
    October 18th, 2014 at 10:09 | #16

    boleh engga kucing persia atau himalaya di kasih makan ikan tongkol atau ayam matang.

    terima kasih

    • October 19th, 2014 at 12:28 | #17

      kalo ayam boleh banget, tapi kalo kucing persia dikasih ikan tongkol nanti keselek loh

  12. fahmi ryan
    January 18th, 2015 at 13:30 | #18

    mau tnya kcing q kok g tmbuh2 bulunya ? pdahal dah q ksih makanan yg proteinnya tinggi

  13. March 23rd, 2015 at 18:00 | #19

    kucing q kepalax botak ..
    tpi badanx berbulu panjang
    gimna cara numbuhin bulu dikepalax

  14. mocil
    May 19th, 2015 at 17:40 | #20

    Emmm kucing persia aku kupingnya luka, kaya jamuran gitu, gimana cara ngobatinnya?trus apa obatnya? :(

Silakan Beri Komentar