Australopithecus Sediba | Asal Usul Manusia?

Australopithecus Sediba ditemukan oleh anak Lee Berger yang berumur 9 tahun bernama Matthew pada tanggal 15 Agustus 2008. Matthew pada saat itu sedang bermain di situs penggalian ayahnya, sebelah utara Johannesburg. Tiba-tiba ia tersandung sebuah tulang dari fosil dan langsung memberitahukan ayahnya.

Penemuah oleh Matthew tidak langsung dipublikasikan oleh Berger, tetapi beberapa tahun kemudian hingga fakta hasil identifikasi bisa dipertanggung jawabkan. Berger bersama timnya menemukan secara lengkap tulang belulang dari Australopithecus Sediba pada Maret 2009. Penemuan tersebut dipublikasikan pada 8 April 2010, dua hari yang lalu.

Dua kerangka yang diperkirakan berumur dua juta tahun lalu, ditemukan saat penggalian di Afrika Selatan. Tengkorak itu menurut beberapa ilmuan merupakan bagian dari spesies yang belum diketahui, tetapi diperkirakan dari transisi manusia kera purba seperti Australopithecus sebelum manusia modern. Australopithecus Sediba memiliki otak tipis, berjalan tegak lurus dan pemanjat pohon. (Harian Jogja, Sabtu 10 April 2010)

Penemu memiliki pemikiran bahwa Australopithecus sediba adalah spesies transisional antara Australopithecus africanus yang berasal dari Afrika Utara dan Homo habilis atau bahkan Homo erectus. Spesies ini memiliki tangan yang panjang seperti kera, tangan kuat yang pendek, pinggul dan paha panjang mirip keluarga Homo dan mampu melangkah dan mungkin berlari seperti manusia (Wikipedia.org).

Yup, satu lagi penemuan tidak sengaja oleh anak dari peneliti Lee Berger. Penemuan Australopithecus sediba ini diharapkan dapat melengkapi missing link dari sejarah kehidupan umat manusia sehingga dapat di-tracking asal usul manusia :mrgreen:

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Belum ada tanggapan untuk “Australopithecus Sediba | Asal Usul Manusia?”

Silakan Beri Komentar