Tarif/Biaya Penulisan Kata Pengantar Pada Buku

Duh, bosan gara-gara mati listrik dari jam 9-an sampai jam 12, mati gaya. Jadinya saya mengerjakan hal lain seperti mencuci baju dan melipat baju yang sudah kering dijemur. Setelah itu barulah bermain-main dengan kucing yang baru saja saya mandikan hehehe.. Setelah beberapa lama kemudian listrik pun menyala.. hore! Saya langsung menyalakan laptop untuk browsing sebentar, nanti niatnya mau servis motor.

Secara tidak sengaja saya melihat rak buku, eh ternyata ada buku yang jarang saya baca karena isinya 101 cara bisnis yang dapat dikerjakan dari rumah. Ketika saya buka, langsung di halaman 71 yaitu cara ke 68 bisnis dari rumah, apakah itu?

Pengantar Buku

Membuat pengantar buku, mengapa tidak? Barangkali tak semua penulis sanggup mengerjakan yang satu ini, bergantung pada keahlian dan latar belakang disiplin ilmu. Bisa saja seorang penulis cakap di bidang bahasa dan komunikasi, tetapi ia tidak menguasai disiplin ilmu tertentu. Oleh karena itu, ia merasa keberatan dan terbebani untuk menulis kata pengantar. Namun, jika sebuah buku dengan topik tertentu dan ada relevansinya dengan keahlian penulis serta memiliki nilai jual, mengapa tidak? Biatlah kata pengantarnya. Tidak perlu panjang lebar cukup 5-10 halaman kuarto saja.
Tarif: minimal Rp500.000, kecuali teman atau kenalan. (Putra, 2008:71 – Brilliant Publishing)

Yup, itulah kira-kira biaya penulisan kata pengantar pada buku.  Kalo sama teman atau kenalan ya jangan mahal-mahal hehehe :mrgreen: ternyata tidak perlu panjang lebar itu relatif yah, 5-10 halaman kuarto itu kan lumayan banyak.. Belum lagi bukunya harus dibaca terlebih dahulu, masa iya memberi kata pengantar tapi tidak tahu apa yang hendak diantarkan?

Pantaslah kalau harganya Rp500.000 untuk membuat kata pengantar karena pertama harus membaca bukunya dan kedua harus mengomentarinya dari sudut pandang disiplin ilmu tertentu. Selain itu, buku yang memiliki kata pengantar dari orang terkenal akan lebih memiliki nilai penting. Oleh karena itu, bisa jadi letak pentingnya kata pengantar itu dalam hal menarik pembaca.

Tags: ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Tarif/Biaya Penulisan Kata Pengantar Pada Buku”

Silakan Beri Komentar