3 Bisnis Dari Rumah, Bisa?

Kemarin setelah menuliskan tarif biaya menuliskan kata pengantar, saya jadi tertarik juga memberitahukan macam-macam bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Namun, saya juga sedikit pesimis apakah benar-benar semua bisnis yang dilakukan di rumah bisa sukses? Soalnya di buku 101 Writing Businesses You Can Start From Home terbitan Brilliant Surabaya yang ditulis oleh Masri Sareb Putra sungguh direpresentasikan mudah. Humm, pengen juga sih bisnis dari rumah. Coba simak 3 bisnis dari rumah di bawah ini:

  1. Literary Agent: Sebagai penulis andal, pergaulan Anda tentu sangat luas. Anda mengenal penerbit buku dan sangat akrab dengan pengelola media. Anda pun mengenal orang-orang yang potensial menjadi penulis terkemuka, tapi mereka tidak ada ide atau bahkan sama sekali tidak memiliki akses ke penerbit.
    Nah, Anda bisa menjadi perantara atau literary agent. Kutiplah jasa dari kiri dan kanan. Maka, Anda akan memeroleh hasil yang memuaskan. Iklankanlah usaha Anda. Sebuah literary agent di Amerika berpenghasilan US$100.000 setahun.
  2. Mailing List: Dewasa ini, hampir semua perusahaan melakukan segmentasi, dengan memilah-milah end users hingga detail. Data mengenai segmentasi yang akan dibidik untuk produk tertentu, kadang tidak tersedia. Apalagi, di Indonesia rata-rata perusahaan belum memiliki marketing research yang memadai.
    Anda bisa “bermain” di sana. Siapkan saja data calon pembeli/pemakai jasa sebuah perusahaan, lengkap dengan perilaku dan gaya hidup mereka. Lakukanlah riset kecil-kecilan, sebelumnya buatkan deskripsi. Tulis dengan sistematis, lalu juallah data yang Anda miliki kepada perusahaan yang membutuhkan.
    Semacam data demografi dan gambaran mengenai profil dan perilaku konsumen. Data ini diperlukan perusahaan untuk menentukan kebijakan produk baru, harga jual, dan pengembangan.
  3. Melayani Komplain: Anda dapat menjual jasa menjawab secara tertulis komplain pelanggan kepada sebuah perusahaan atau beberapa perusahaan. Komplain memang selalu membuat pusing. Namun, pelanggan adalah raja. Ia selalu benar dan merupakan aset utama sebuah perusahaan maka layanilah pelanggan dengan baik. Karena setiap perusahaan sangat memerhatikan pelanggan, jawaban tertulis (bisa melalui email, atau surat) menjadi sangat perlu. Anda bisa menawarkan jasa ini kepada perusahaan yang membutuhkan.

Dari ketiga bisnis dari rumah tersebut, yaitu literary agent, mailing list, dan melayani komplain, apakah sudah cukup rasional dan jelas maksudnya? Sepertinya demikian, tetapi ada hal yang belum disampaikan, yaitu:

  1. Mudahkah untuk dilakukan?
  2. Bagaimana caranya?
  3. Apakah benar-benar 3 bisnis tersebut dapat dilakukan dari rumah?

Jawaban saya untuk pertanyaan pertama, tidak mudah. Pertanyaan kedua, tidak cukup jelas. Pertanyaan ketiga, tampaknya tidak karena banyak menginginkan karyawannya bekerja di kantor apalagi dalam pelayanan komplain. Selain itu, pada literary agent memerlukan jalan ke sana kemari, kerja sama dengan orang, pertemuan, dan lobi-lobi, memang pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah, tetapi untuk keseluruhan proses bisnis tidak benar-benar dari rumah. Mengutip dari wikipedia.org tentang literary agent:

A client typically establishes relationships with an agent through querying, although the two may meet at a writer’s conference, through a contest, or in other ways. A query is an unsolicited proposal for representation, either for a finished work (fiction) or unfinished work (nonfiction)

Kembali jawaban nomor pertama yaitu tidak mudah. Semua butuh skill, tidak secara penuh dapat dilakukan dari rumah, dan pasti ada kesulitan bisnis dari rumah ini.

Bagaimana pendapat Anda? :mrgreen:

Tags: ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

4 tanggapan untuk “3 Bisnis Dari Rumah, Bisa?”

  1. April 14th, 2010 at 09:22 | #1

    yup
    banyak bisnis yg bisa dikerjakan dari rumah
    salah satunya adalah
    BLOGGER MATRE
    yihaaaaaaaaaaaaaaaaa

    • April 14th, 2010 at 16:45 | #2

      hehhehe siaapa tuh blogger matre.. kalo saya sih matre beneran.. tapi matre sama diri sendiri ajahhh..

  2. April 14th, 2010 at 16:06 | #3

    bisnis gratis tanpa modal sepeser pun klik link ini atau copy paste di browsing yang di atas ht*p://gagabux.com/register.php/ovicks.html

Silakan Beri Komentar