Erlamycetin Obat Tetes Mata dan Obat Salep Mata

Sebagai obat mata Erlamycetin memiliki dua jenis yaitu erlamycetin tetes mata dan erlamycetin salep mata. Sebagai tetes mata erlamycetin mengandung 0.5% chloramphenicol, sedangkan sebagai salep mata satu gram erlamycetin mengandung 10mg chloramphenicol.

Chloramphenicol yang merupakan kandungan utama erlamycetin dapat digunakan antara lain untuk mengobati blepharitis, catarrhae, conjunctivitis bernanah, traumatic keratitis, trachoma, ulcerative keratitis, iritis, uvetis, conjunctivitis, keratitis, dacryocysititis dan infeksi lain oleh bakteri patogen.

Erlamycetin untuk manusia penggunaannya 3-4 kali dalam sehari. Selain itu, erlamycetin juga dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit mata pada hewan.

Erlamycetin Untuk Hewan

Salep Erlamycetin juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit mata pada hewan termasuk kucing. Salep Erlamycetin disinyalir juga lebih baik digunakan pada hewan dibandingkan dengan terramycin yang mengandung oxytetrasiklin 1%. Untuk iritasi ringan pada hewan lebih baik gunakan tetes erlamycetin 2 tetes sehari.

Garamycin juga dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengobati penyakit mata pada hewan. Penggunaannya oleskan 2-3 kali dalam sehari.

Masa Penggunaan

Obat mata, bagaimanapun juga mengandung bahan kimia yang dapat merusak organ tubuh bila digunakan dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, sakit mata yang tidak sembuh selama seminggu setelah menggunakan erlamycetin harap dikonsultasikan ke dokter. Dikhawatirkan apabila penggunaan tanpa konsultasi dokter bisa mengakibatkan iritasi mata berlebih dan membuat kondisi mata menjadi lebih buruk.

Adapun obat lain dalam mengobati mata yaitu cendo fenicol dan cendo xitrol, tetapi kedua obat ini juga harus dengan saran dokter karena termasuk obat keras juga.

Jaga mata baik-baik yah :mrgreen:

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

11 tanggapan untuk “Erlamycetin Obat Tetes Mata dan Obat Salep Mata”

  1. April 16th, 2010 at 14:14 | #1

    wah..bung april skrg pindha profesi jadi tukang obat mata ya heheheheh kidding. thanks infonya, siapa tau ntar butuh (moga2 aja engga sih).

    • April 16th, 2010 at 14:28 | #2

      wkwkwkkww.. bukan tukang obat mata tapi hanya sharing sajah kokkkks… heheeh :cool:

  2. April 17th, 2010 at 05:30 | #3

    trims infonya nih, baru tahu

  3. Wiwi
    April 29th, 2010 at 12:07 | #4

    :???:jadi bingung biz nga ngerti istilah kedokteran, anak saya dikelopak matanya ada bintilan, sdh 3 hr pake salep chloramphenicol tp nga ada perubahan. Bagaimana ya?

    • vero
      December 8th, 2010 at 12:06 | #5

      anak saya juga 21 bulan ada bintilan dikelopak mata kiri bagian bawah…,dikasih obat tetes mata Alegysal,tp udh 5 hari belum ada perubahan juga.
      Mau tanya,pakai Garamycin tetes mata boleh ngga yah?

  4. arini
    November 22nd, 2010 at 14:02 | #6

    Erlamycetin chloramphenicol salep mata, boleh digunakan tuk usia anak 2thn ga ya? Aman tidak? Thanks infonya…

  5. agus
    January 20th, 2011 at 00:11 | #7

    mohon pencerahan,waktu saya menyemir rambut dan di tambah blaneing tampa terasa meresap dan mempengaruhi mata saya sebelah kiri,saya sudah mencoba tetes mata clorapinicol,karena takut obat keras saya hentikan pemakaianya 3btl habis.dan hasil alhamdulilah membaik.tpi di bagian bawah dan atas saraf masih terlihat merah dan kadang belekan.trima kasih

  6. fitri
    June 21st, 2012 at 09:14 | #8

    harganya berapa ya?kira2 belinya di mana?

  7. Ismi
    December 30th, 2012 at 10:07 | #9

    kalo buat kucing, yang bagus obat tetes mata apa yang salepnya ya? aku kok kasian ya, kalo pake salep. kira-kira harganya mahal gak?

  8. fichri
    May 28th, 2013 at 10:39 | #10

    arini :
    Erlamycetin chloramphenicol salep mata, boleh digunakan tuk usia anak 2thn ga ya? Aman tidak? Thanks infonya…

    @arini

    @fitri

    fitri :
    harganya berapa ya?kira2 belinya di mana?

  9. fichri
    May 28th, 2013 at 10:41 | #11

    ada efek samping yang fatal ga untuk pemakaian anak BALITA?
    trm ksh infony…..

Silakan Beri Komentar