Lima Penyebab Kucing Mencret Darah

Beberapa hari yang lalu kucing saya mengalami masalah pencernaan, yaitu mencret darah, berak darah, atau feses berdarah sekaligus ada lendirnya. Pertama-tama tidak begitu sering terjadi, tetapi makin lama makin sering. Meskipun darahnya tidak banyak, hanya di ujung keluaran feses saja, tetap saja membuat khawatir.

Dua hari berikutnya, saya membawa kucing ke dokter hewan untuk vaksin yang kedua, yaitu termasuk vaksin rabies dan lainnya. Untungnya, dokter hewan (vet) menanyakan tentang kesehatan kucing saya terlebih dahulu. Ya sudah saya bilang saja berak berdarah tapi hanya di akhir feses saja.

Dokter pun memberikan saran untuk tidak divaksin terlebih dahulu karena itu artinya kondisi kucing saya sedang tidak baik atau lemah. Harus dilakukan penyembuhan terlebih dahulu.

Saya berikan pernyataan saja bahwa saya sudah memberikan obat cacing (drontal) kepada kucing saya satu bulan yang lalu. Dengan informasi yang saya berikan dokter pun dapat menyimpulkan bahwa sebab kucing mencret darah ini bukan disebabkan oleh cacing. Vet memberikan keterangan bahwa mencret darah ini disebabkan oleh protozoa, entah protozoa apa yang penting kucing saya sembuh.

Oleh karena itu kucing saya akan diberi obat racikan vet dengan terlebih dahulu menimbang berat badan, mungkin supaya obat yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan dan supaya tidak over dosis.

Dengan demikian, bertambahlah pengetahuan saya tentang penyakit kucing terutama penyebab kucing mencret darah. Penyebabnya antara lain:

  • Cacingan yang menggerogoti usus sehingga terjadi luka
  • Protozoa
  • Makanan basi
  • Susu dengan takaran air dan susu bubuk seperti manusia
  • Keracunan

Reaksi Obat dari Vet

Terbukti langsung bekerja dan ampuh. Siang dimakan, pada malam hari fesesnya sudah tidak mengeluarkan darah dan lebih padat. Meskipun begitu, obatnya harus tetap dihabiskan karena termasuk golongan antibiotik. Obat ini kata vet sangat pahit, kalau sampai terkunyah kucing bisa menyebabkan liur berlebih dan menetes hiiii..

Sayangilah peliharaan :mrgreen:

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

29 tanggapan untuk “Lima Penyebab Kucing Mencret Darah”

  1. wita
    July 7th, 2010 at 18:48 | #1

    cara ngasi obatnya gmana tuh biar ga tkunyah sm kucingnya?

    • July 9th, 2010 at 16:32 | #2

      cara ngasih obatnya dengan pipet kecil dibuat sendiri dari suntikan, tapi ujungnya dipatahin terus obatnya dimasukkin ke pipet itu, n buka mulut kucingna terus arahin suntikan ke tenggorokan n dorong suntikannya, masuk deh langsung ke tenggorokan tanpa dikunyah..

      suntikannya ga pake jarum loh!!

  2. raen
    August 1st, 2010 at 11:11 | #3

    kak ap nama obatnya

  3. yessy
    August 9th, 2010 at 22:54 | #5

    kucing ku baru aja meninggal kemaren sabtu tgl 8 agustus 2010, gejalanya muntah dan mencret pd tgl 5 agustus, langsung aku bawa ke RSH dan didiagnosa kena protozoa, dikasih obat racikan 3 macam tp dlm bentuk bubuk, setiap aku kasih obat tsb kucing ku akan mengeluarkan buih dari mulutnya dan kemudian seperti orang tersedak-sedak aku smp ngeri nglihatnya. Kondisi kucing ku bukan semakin baik malah tambah memburuk yang kemudian akhirnya meninggal. aku sedih banget dan marah banget sebenarnya tuh dokter kasih obat apa ke kucing aku dasar dokter hewan goblok

  4. August 27th, 2010 at 05:05 | #6

    kucing saya juga mempunyai masalah yang sama. .
    kira-kira harga dari obat itu berapa,bisa lebih rinci nama obatnya apa yah??mksh :smile:

    • August 29th, 2010 at 00:32 | #7

      waduh kalau nama obatnya kurang tahu, tapi kalau harga obatnya sekitar 20000an kalau ga salah,,

  5. Dian
    November 28th, 2010 at 20:44 | #8

    Vetnya dimana mba, kucingku beraknya berdarah nih, sebulan yang lalu dah dikasih obat untuk sembuhin protozoa kl nga salah, dan reaksinya sama liur berlebih, malah sampe jontor bibir kucingku, kok sekarang malah berak darah. Kasian banget nih..

  6. uq
    December 7th, 2010 at 23:09 | #9

    wah kucingku sudah 3 hari mencret darah….
    di bandung di mana yah dokter hewan yg bagus…

  7. sandhika
    January 11th, 2011 at 18:39 | #10

    kucingku kasian sekali mencret bau lgi????
    \

  8. dewi
    February 7th, 2011 at 14:50 | #11

    beli obatnya dimana ? :cry:

  9. nadia
    March 2nd, 2011 at 07:47 | #12

    kucingku udah 2kali ke dokter… tapi ga sembuh2 udah dikasih obat mencret jugta padahal. vet nya daerah mana??????

  10. dewi
    March 24th, 2011 at 22:35 | #13

    obat mencret buat kucing mahal gx ya? soalnya kucingku mencret sudah hampir 2 minggu
    sudah aku kasi obat entrostop sama amoxilin tpi kok gx sembuh ya??
    klo ada yg tau tolong bantu donk? :idea:

  11. omndutz
    April 2nd, 2011 at 19:16 | #14

    obatnya apa ya? kucing gw umurnya 2 bulan, dah 2 minggu g mw makan, minuuum mlulu n nyusu sm induknya. ternyata br ktauan beraknya berdarah .. itu dkash obat apa sm vetnya ya? mohon infonya, tq

  12. joni
    June 18th, 2011 at 11:29 | #15

    kucing gw ngga mau makan..terus jalannya sempoyongan..dan mencret2…kenapa ya….kemarin di kasih susu sembuh terus gitu lagi…ada obatnya ga..atau gimana?

  13. catlover
    July 21st, 2011 at 03:47 | #16

    kucingx d bawa kmana mas?
    d dokter mana?
    Jogya kan?
    alamatx?
    kucingQ jg lg skit :'(
    Plis jwbnx scpatx ><

  14. nafisyatul
    September 21st, 2011 at 20:35 | #17

    kak kucing ku juga tapi akhir akhir ini kadang kadang gitu ada darahnya,,,
    kok bisa gitu ya??

  15. dian mega
    October 21st, 2011 at 17:46 | #18

    ..Kucing-q memang gpp..tp dl waktu kuku kakinya patah en rd infeksi,badannya jd rd meriang..untung aq siap propolis,jd dibagian luka en dia-nya aq kasi sisa propolis yg aq minum(diencerin pake air aqua)..alhamdlh sehat en cpt sembuh lukanya…coba saja diminumin propolis..ga usah tll sering..satu tetes campur air pake pipet minuminnnya….

  16. budi
    October 21st, 2011 at 18:10 | #19

    @ catlover
    ,kucingku baru hari ini mencret berdarah,apa nda ada pertolongan pertama!
    Bagi dong>>>>

  17. oman a
    October 24th, 2011 at 18:24 | #20

    menurut q, utuk pertolongan pertama sebaiknya kasih anti biotik aja.. trus kasih Vitamin penambah nafsu makan dulu br staminaNya ga urun. selebihNya bawa k drh.

  18. oka
    October 25th, 2011 at 16:15 | #21

    antibiotiknya namanya apa yah?? dari sekian pecinta kucing masa ngga ada yg tau namanya?
    makasih..

  19. Maze Praze
    February 6th, 2012 at 10:46 | #22

    Anak kucing saya juga menderita penyakit yang sama, yaitu mencret ada bercak darah, muntah, tidak mau makan-minum, badannya lermah,maunya tidur saja, dan suaranya agak mengecil. Saya bingung, ini kucing kena penyakit diare atau cacingan ?. Karena di dekat rumah tidak ada rumah sakit / klinik hewan ataupun dokter hewan, akhirnya saya beri kaplet Fasiprim Forte yaitu sejenis Cotrimoksazole ( mengandung Trimethoprim dan Sulfamethoxazole ) sebanyak 1/8 tablet dilarutkan dengan 1 sdm air masak dicampur 1/2 sdt gulapasir, dan dibagikan untuk 5 ekor kucing yang masing-masing sekitar 2 tetes. Insya ALLAH ada membawa hasil perbaikan kesehatan kucing. Semoga pengalaman saya ini ada manfaatnya bagi sobat-sobat lain. Amin.

  20. February 8th, 2012 at 01:49 | #23

    Apakah ikan mas baik dikosumsi oleh kucing…

  21. Afni
    April 15th, 2012 at 14:15 | #24

    Kucingku namanya kotty saat ini dia mencret2 ku kasian banget ma dia,sampai2 ku pakaikan pampers,untuk ee nya ku kasih oralit di air minum nya,namun tetap aja ee nya cair dan netes berceceran,plissssss minta saran nya agar kucingku sehat lagi

  22. velly
    September 15th, 2012 at 17:55 | #25

    Menurutku pertolongan pertama buat kucing mencret n gak mau mkan,kasih oralit + mylanta…

  23. djoko
    October 31st, 2012 at 11:55 | #26

    kasih habattusauda aja setiap kasih makan tiga tetes aja…mudah2 sembuh…

  24. Umi
    December 9th, 2012 at 08:57 | #27

    kucing ku akhir minggu” ini , kondisi nya sngat ngga baik
    mnjadi lemas , tidak mau makan apapun hnya minum air sja mnum air pun hnya jarang” , BAB nya cair dan brlendir d’srtai bercak darah , ngga tega ngliat nya .. mohon tanggapan nya ,,, belum smpat d’kasih obat apapun krna sya msih takut trjadi yg aneh_aneh pda kucing saya .. bdan nya yg tdi nya sehat besar ehh smnjak itu mnjadi kurus dan lemah ..
    MOHON JAWABAN NYA BAGI YG TAU

  25. momo
    January 3rd, 2013 at 02:19 | #28

    mbak daerah jogja kan?
    beli drontal dmn y mbak? trus hargany brp? thx u

  26. itaa
    August 2nd, 2013 at 12:14 | #29

    kucing.ku juga klwr darah beraknya. tapi gak sering. tapi dia hiperaktif, makannya lahap sekali. beraknya rutin. kira” kenapa ya kok sampai keluar darah ??

Silakan Beri Komentar