Cara Menahan Lapar Secara Efektif dan Sehat

Kali ini saya akan membeberkan pengalaman menahan lapar, pengalaman siapa? Ya pengalaman saya donk.. Ada dua sebab kenapa orang menahan lapar, yang pertama adalah karena memang sedang tidak memiliki uang untuk membeli makan dan kedua dikarenakan malas untuk makan, mungkin karena makanan yang tersedia tidak enak atau malas keluar rumah untuk membeli makan. Persamaannya, keduanya sama-sama lapar.

Menahan lapar baik yang coba-coba menahan lapar maupun yang sudah terbiasa menahan lapar tetap saja ada rasa tidak enak atau sakit di daerah sekitar ulu hati, kalau kita tengok itu pasti lambung kita yang sakit.

Sebelumnya, dalam berbagi pengalaman ini saya bukan mau menyarankan siapa saja yang membaca untuk menahan lapar, tetapi lebih kepada cara menahan lapar secara efektif dan sehat. Makan itu hal substansial utama dalam hidup loh, jadi harus dijaga betul.

Gosok Gigi Dapat Menahan Lapar

Paling sering saya lakukan di pagi hari adalah menggosok gigi. Sebelumnya, tidak saya sadari bahwa menggosok gigi dapat mengurangi rasa lapar sekaligus sakit karena lapar.

Pertama-tama saya begitu saja menggosok gigi tanpa menghiraukan apa pun. Namun, pada suatu saat saya temukan kok kalau menggosok gigi jadi tidak nafsu makan alias mulut menjadi segar.

Selama ini pasta gigi yang saya gunakan mengandung efek segar mungkin mint. Belakangan ini, setiap bangun pagi saya tidak langsung mandi, tetapi bermain komputer terlebih dahulu mandinya tiga jam kemudian. Di sela-sela itu saya merasakan lapar yang sangat amat, saya pun menguatkan niat untuk mandi dan keluar membeli makan. Namun apa yang terjadi? Setelah mandi rasa lapar dan rasa sakit yang ditimbulkan berkurang drastis.

Setelah itu saya malah bermain komputer lagi selama kurang lebih 1-2 jam setelah itu barulah terasa lapar lagi. Pada saat itulah saya langsung mencari makan, masa iya gosok gigi lagi.

* Saya pernah coba mandi dulu, gosok gigi belakangan dan ternyata saya tetap merasa lapar. Dari sinilah saya mengambil kesimpulan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi yang ada efek segar (mint) dapat menahan lapar sejenak. Sepengalaman saya, tidak ada masalah kesehatan yang ditimbulkan dari praktek ini.

Minum Pengurang Rasa Lapar

Setelah mandi dan gosok gigi saya pun mengkombinasikan strategi menahan lapar dengan minum air, air matang ya:!: Air minum yang tidak dingin dan tidak panas, yang sedang-sedang saja, diterima lambung dan tenggorokan saya dengan rasa yang segar. Seperti ada efek dingin. Terasa sekali kalau ada air lewat di tenggorokan dan masuk ke lambung.

Tidak seefektif menggosok gigi, dengan minum air putih paling saya hanya bertahan lapar selama 15-30 menit, setelah itu harus mimun air lagi kalau ingin menahan lapar kembali.

Kalau minum minuman yang ada serealnya bisa bertahan sampai 2-3 jam, tetapi tetap saja kalau tiap hari seperti ini tidak bagus untuk kesehatan, nanti jadi lemas karena kurangnya asupan karbohidrat dan protein.

Menahan lapar boleh saja tapi jangan tiap hari. Usahakanlah makan ketika lapar, jangan ditunda-tunda sampai 5 jam, karena dapat memberikan efek pusing, lemas, dan berkunang-kunang. Demikianlah cara menahan lapar dan tips menahan lapar dari saya.

Hidup dengan sehat adalah prioritas :mrgreen:

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

38 tanggapan untuk “Cara Menahan Lapar Secara Efektif dan Sehat”

  1. May 7th, 2010 at 04:31 | #2

    thanks ya infonya.. kebetulan akhir-akhir ini ane lagi bokek.. :roll:

  2. May 11th, 2010 at 03:06 | #3

    Gimana kalau ngerokok Prill?
    katanya rokok dapat mengurangi nafsu makan….

    • May 13th, 2010 at 15:23 | #4

      iya bener kayaknya ngerokok bisa mengurangi nafsu makan tapi saya belum coba :cool:

  3. May 11th, 2010 at 04:50 | #5

    aku kalo laper ya minum mpe kembung
    hihihihi………

  4. May 11th, 2010 at 17:58 | #8

    Kata ustadz saya, dulu Rasulullah menahan lapar dengan mengecangkan ikat pinggang dan mengganjalnya dengan batu. Bisa dipraktekkan gak ya sekarang?

    • May 13th, 2010 at 15:24 | #9

      wow,, saya baru tahu nih kalau ini bisa dipraktekkan sepertinya.. hehehe.. tapi batunya segede apa yah :?:

    • Supri
      May 28th, 2010 at 12:49 | #10

      :grin:Ya boleh2 aj,tp kl dlm keadaan darurat.tp jaman skrg jgn disamain jmn dl donk

  5. June 20th, 2010 at 16:14 | #11

    aku lagi nyari solusi buat nahan lapar ni
    karang lagi kerja tapi gak ada penjual nasi lewat di depan tko uang juga gak ada heheh jd lapar banget nich !! thank ya !!!!!

    • June 22nd, 2010 at 18:37 | #12

      walah.. sebaiknya sih lapar jangan ditahan-tahan tapi kalo terpaksa ya boleh dipraktekkan dikit2 eheh

  6. Abdul Muid
    July 26th, 2010 at 02:38 | #13

    Lebih baik diformat saja menjadi berpuasa.
    Séhat, ngurangi pengeluaran, dapat pahala juga.
    Gimana?

  7. putri
    July 26th, 2010 at 21:31 | #14

    ya boleh lah ide menahan lapar dengan gosok gigi, tapi menurut saya tidak hanya itu kumur-kumur obat penyegar mulut juga bisa kok menahan lapar!!!apalagi kalo sedang sakit gigi pasti dech gak doyan makan……he..he..he

  8. jinbola
    September 6th, 2010 at 12:14 | #15

    kata siapa menahan lapar g boleh org puasa kan menahan lapar gmn sih :x

    • September 6th, 2010 at 17:18 | #16

      ya itu pengecualian kaleee…. tapi masa iya sepanjang tahun puasa terus.. meskipun ada juga yang puasa 365 hari..

  9. puunma
    December 21st, 2010 at 14:41 | #17

    ga ad cra penahan lapar yg sehat ya??????? tpi ttp bsa bkin badan lebih gemuk,,kagak kurus…qiqiqiqiqiiii

  10. December 25th, 2010 at 09:01 | #18

    tidur ga ngrasain lapar

  11. bro-jul
    January 12th, 2011 at 03:24 | #19

    eh…rekan senasib & selaparan, mendingan cari cara yang efektif buat makan bersama orang-orang yang lapar, supaya yang gak punya selera dan gak punya makanan bisa menikmatinya khan asyik tuh bro….!., ngomongin soal lapar ada 2 jenis lapar yang kita rasakan 1. lapar bagian kepala (mata, telinga, mulut, lidah, penciuman) 2. lapar bagian perut

  12. March 14th, 2011 at 00:20 | #20

    Tips menarik! Ternyata gak gampang ya utk bisa menahan lapar.
    Kadang aku merasa perih kalau nahan lapar, mungkin ada mag ya.
    Salam kenal

  13. March 14th, 2011 at 21:34 | #21

    makasi ya buat infonya.. kadang suka telat makan karena suatu hal.

  14. March 18th, 2011 at 15:58 | #22

    :mrgreen:
    bner jga sih,,,
    kadang-kadang aq juga ngelakuin hal kyk geto,,,,
    tapi keseringan nahan lapar jg nggak baik, kecuali klo lagi puasa,,
    hehe..

  15. March 18th, 2011 at 16:03 | #23

    tips yang unik,,,,
    boleh jg klo dipraktekin, terutama klo lgii bokekkkk….

  16. wiwin
    March 30th, 2011 at 13:16 | #24

    Ada pengaalamanku yang mungkin bisa juga ditiru, selera mkn setelah lebaran biasanya berkurang, apalagi makan siang, karena tubuh kita telah terbiasa berpuasa bulan sebelumnya, nah lepas lebaran tahun kemarin, saya mencoba untuk tidak makan siang ( demi menghemat pengeluaran untuk ditabung ), dengan cara layaknya puasa, jadi sarapan saya yang biasanya nasi uduk atau bubur kadang roti 1000 an, saya ganti dengan nasi lengkap lauk ( kebanyakan telur dadar, tempe atau tahu sih ) dan sayurnya, dan seharian itu saya tidak makan dan minum apapun layaknya puasa. Dan selepas maghrib baru perut di isi lagi seperti juga layaknya berbuka. Teh manis dan kue sisa lebaran, dan makan malam selesai salat maghrib. aneh juga sih perasaan kita seperti sedang berpuasa di bulan ramadhan, walaupun di tempat kerja temen2 pada makan siang, saya enggak, tapi menyibukan diri didepan monitor. Alhamdulillah.. sekarang saya jadi terbiasa berpuasa beneran ( Senin Kamis ), dan diluar hari itu siang tetap tidak makan kecuali hari sabtu dan minggu. itupun hanya sekedarnya saja. Lumayanlah bisa punya tabungan.. hehehe.. lam kenal

  17. soerjaningprodjo@yahoo.co.id
    May 15th, 2011 at 12:36 | #25

    lapar itu memang berat, tapi di bulan ramadhan puasa tidak terasa lapar

  18. June 29th, 2011 at 18:11 | #26

    :grin:
    thnks infox ..info ne brguna bgt bwt q,,,,

  19. dido
    July 1st, 2011 at 00:53 | #27

    makasih mas brow

  20. July 13th, 2011 at 12:43 | #28

    setuju banget dengan tips nya,,,, soalnya saya juga mengalaminya.. ketika habis gosok gigi maka jadi males makan…

  21. July 21st, 2011 at 10:31 | #29

    tapi perlu di contoh hehe,
    saya cobalah besok kalo saya lapar langsung gosok gigi hehe,..
    makasih infonya gan,..

  22. nisa
    August 3rd, 2011 at 22:59 | #30

    tips ny sesuai 4 bln Ramadhan . . . :idea: :!:

  23. priscila.t.c.l
    August 31st, 2011 at 09:52 | #31
  24. rudii van basten
    December 28th, 2011 at 10:56 | #32

    thakz ya infonya..!!!

  25. February 6th, 2012 at 23:35 | #33

    Kalo menurut saya mendingan d bawa ketawa,
    soal biar udara pada masuk… Udah gito kenyang dweh, gakgakgak

  26. February 6th, 2012 at 23:41 | #34

    Beli nasgor mang toto aja,..tmpat’y d bunderan alun” menes.

  27. baiuw
    June 20th, 2012 at 03:58 | #35

    siasat jitu kalo lagi bokek : bikin mie rebus 1 tapi aernya sebaskom,teler dah ente . . . (nih lagi gw praktekin) ehehe . .

  28. junaidi
    November 29th, 2012 at 20:46 | #36

    kalu menurut sya puasa ja, stlah dpat fahala irit biaya lg…

  29. yuni
    March 23rd, 2013 at 02:27 | #37

    @junaidi
    Gue laper banget

  30. August 12th, 2014 at 00:37 | #38

    Ya allah laper nya minta ampun , butuh tempat tidur dan makan :'( help me god

Silakan Beri Komentar