Biaya Pembuatan Website

Sekarang tahun 2010 layanan Internet semakin murah dan kecepatannya pun semakin bertambah. Hal ini dapat memperbesar jangkauan dunia online ke masyarakat secara signifikan. Akses Internet lewat handphone bukanlah hal yang mahal lagi seperti zaman dulu kira-kira tahun 2003 yang koneksinya paling-paling cuma GPRS atau EDGE dan itu pun sangat lambat sekali. Berhubungan dengan itu, maka mulailah orang membangun website sebagai sarana promosi atau marketing yang efektif. Informasi yang dihadirkan oleh sebuah website bisa sangat komprehensif! Lihat saja Facebook atau Twitter luar biasa dampaknya kan?

Era informasi merupakan era orang-orang dengan mudah bertukar informasi melalui berbagai media seperti lewat telepon dan Internet. Kebutuhan atas informasi inilah yang melatarbelakangi pertumbuhan website di Indonesia begitu cepat. Tentu para pebisnis ingin memanfaatkan hal ini. Namun, sampai sekarang soal membuat website masihlah hal yang setengah awam dalam artian orang bisa membuat blog tetapi tidak bisa membuat blog atau website dengan custom, lebih interaktif, dioptimasi baik dari segi desain maupun kata kunci. Inilah yang dijadikan tolak ukur biaya pembuatan website.

Rincian Biaya Pembuatan Website

Berapakah biaya pembuatan website? Biaya pembuat website atau blog sangatlah bervariasi tergantung dari fasilitas atau fitur website dan tingkat kesulitan dalam pembuatan website. Untuk itu di sini saya kategorikan saja menjadi tiga kategori, yaitu standar, intermediate, dan advance.

Standar

Pembuatan website standarnya memiliki beberapa halaman (page), yaitu:

  • Halaman depan (home).
  • Halaman profil.
  • Halaman jasa atau layanan.
  • Halaman kontak.

Website standar ini biasanya hanya memiliki halaman statis yang tidak diubah dalam jangka waktu yang panjang cocok untuk company profile. Selain itu, website jenis ini tidak memiliki interaktivitas dalam artian pengunjung website tidak dapat mengisi berinteraksi dengan pemilik website dan tidak dapat menginput apa pun. Jadi, hanya bisa browsing saja.

Harga: Rp400.000-Rp800.000

Intermediate

Website intermediate memiliki beberapa halaman lebih dari kategori standar, yaitu:

  • Halaman depan (home).
  • Halaman profil.
  • Halaman jasa atau layanan.
  • Halaman kontak.
  • Halaman buku tamu (guestbook).
  • Halaman blog, berita, atau informasi terbaru (update) dari website yang bersangkutan.

Pada website kategori intermediate ini sudah ditambahkan fitur yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi misalnya berkomentar pada buku tamu. Selain itu ada pula halaman berita yang isinya adalah update dari website misalnya informasi tentang jasa atau layanan terbaru yang ditawarkan.

Biasanya pada website intermediate sudah diberikan CMS (Content Management System) untuk memudahkan pemilik website dalam mengelola websitenya tanpa campur tangan dari pihak pembuat website (Website Developer).

Harga: Rp800.000-Rp1.500.000

Advance

Website yang dikategorikan sebagai website advance adalah website yang memiliki fitur interaktif lebih komprehensif dari kategori intermediate. Halaman yang ada pada website kategori advance sama dengan kategori intermediate, tetapi yang membuatnya berbeda adalah fitur sebagai berikut

  • Fitur polling atau jajak pendapat. Pengunjung dapat mengisi jajak pendapat yang diadakan oleh website. Pemilik website dapat mendapatkan data-data jujur dari para pengunjung. Nantinya data tersebut bisa digunakan sebagai data penelitian atau untuk hal penting lainnya sesuai dengan pertanyaan pada jajak pendapat yang dibuat.
  • Fitur online costumer service. Pengunjung tidak hanya dapat berinteraksi dengan website, tetapi juga langsung dengan costumer service yang disediakan oleh pemilik website. Fitur ini biasanya berupa tanda atau gambar yang menyatakan apakah costumer service sedang online atau offline.
  • Fitur hit counter atau statistik website. Pengunjung dapat melihat berapa kunjungan yang telah didapat oleh sebuah website dan berapa orang yang sedang online mengunjungi website.
  • Fitur chatting room. Menyediakan ruang berbicara atau ngobrol antar pengunjung yang sedang online. Contoh dari aplikasi fitur ini adalah shoutmix.

Harga: Rp1.500.000-Rp3.000.000

Biaya

Biaya yang dicantumkan di atas adalah biaya perkiraan saja dan hanya memakai desain standar (bawaan dari pihak web developer), jadi tidak semua pihak web developer menyertakan harga yang sama untuk masing-masing kategori website. Berikut ini perincian standar biayanya:

  • Harga per halaman statis berkisar antara Rp70.000-Rp120.000
  • Harga per halaman interaktif dan dinamis antara Rp300.000-Rp1.500.000
  • Harga CMS (Content Management System) bervariasi, tetapi kisarannya mulai dari Rp500.000
  • Harga Desain juga bervariasi kisarannya mulai dari Rp300.000. Untuk desain standar (bawaan dari pihak web developer) biasanya gratis.
  • Harga pelatihan jika website ingin dikelola sendiri berkisar antara Rp300.000-Rp1.000.000 tergantung dari kompleksitas dan tingkat kesulitan memanajemen website.
  • Fitur tambahan seperti yang telah disebutkan pada kategori website intermediate berkisar antara Rp200.000-Rp1.000.000

Bagaimana dengan update website? Update website bisa dilakukan oleh pemilik website sendiri tanpa campur tangan pihak web developer, tetapi biasanya pemilik website sudah memiliki pengetahuan tentang website management / CMS atau telah dilatih oleh pihak web developer. Kalau memakai jasa fasilitas update website biasanya dikenakan biaya tambahan kira-kira rinciannya sebagai berikut

  • Untuk update berita atau memasukkan konten baru harganya mulai dari Rp25.000 tergantung berapa banyak konten atau berita yang ingin dimasukkan.
  • Kadang website juga bisa error disebabkan oleh kesalahan pemilik website itu sendiri, ini biasanya dikenakan biaya Rp50.000.
  • Update desain atau tampilan website silakan lihat perincian biaya sebelumnya.
  • Penambahan fitur website silakan lihat perincian biaya sebelumnya.
  • Upgrade atau penambahan fitur CMS / plugins berkisar antara Rp100.000-Rp200.000. Untuk fitur CMS by request (fitur yang diinginkan) harganya bisa negosiasikan.

Catatan: Harga yang telah saya sebutkan di atas bukanlah harga pasti dari biaya pembuatan website! Seiring dengan perkembangan teknologi harga tersebut bisa saja menjadi turun atau naik. Harga di atas juga belum termasuk biaya domain dan biaya web hosting. Rincian biaya ini sebaiknya hanya digunakan untuk membandingkan harga jasa pembuatan website yang ditawarkan oleh para web developer.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

6 tanggapan untuk “Biaya Pembuatan Website”

  1. July 24th, 2010 at 08:08 | #1

    kalo biaya pembuatan web punya situ berapa? kok bagus yah …

  2. dodoy
    November 24th, 2010 at 07:31 | #2

    hargane kemurahan ntuuu… :twisted:

  3. w
    January 31st, 2011 at 00:13 | #3

    saya sering bikinin website juga nie… ;-) tapi saya bekerja sendiri tanpa terikat perusahaan. suka bingung juga kalau habis dapet orderan, nggak tahu patokan harganya. bahkan mungkin harga yang saya tawarkan dibawah standart, padahal saya juga kasih training buat adminnya lho…. sebenarnya ada nggak sih patokannya? atau memang kita sebagai pembuat n penjual menentukan harga sendiri? :smile:

    • February 9th, 2011 at 14:24 | #4

      Aku juga jualan web… memang agak susah nentuin harganya…. tinggal negosiasi saja…. ;-)
      Kalau sama aku murah sekali….350.000 udah pasti jadi tuh webnya.. dijamin… ada pelatihannya juga untuk mengelola web (CMS)……. silahkan datang aja yah… dijamin bisa bikin web semudah bikin akun Facebook…. Garansi…
      kunjungi di :
      http://www.salamuneddy.com
      :smile: :smile: :smile:

  4. February 6th, 2011 at 04:22 | #5

    Kalau website & blog saya bikin sendiri…
    jadi harganya jauh dibawah harga yang disebutkan diatas :D

  5. Bang Karim
    January 4th, 2012 at 13:46 | #6

    welleh welleeeeeeeeeeeeh…
    Kok murah2 bener ya?
    Gwa baru dapet orderan neh…
    Harganya lumayan juga sich :D
    29 Juta :D
    Hiks-hiks-hiks :D

Silakan Beri Komentar