Indonesia dan Tiga Besar Negara Terbesar

Sudah sejak lama saya merasa, entah curiga, penasaran, atau malah bertanya-tanya dengan manusia-manusia Indonesia. Negara ini sangat mirip dengan Cina atau India dalam mendongkrak perekonomian dan perkembangannya di segala bidang. Semua berdasarkan kesimpulan bahwa:

  1. Indonesia termasuk lima besar negara berpenduduk terbanyak di dunia (setelah Cina, India, dan Amerika Serikat).
  2. ketiga negara sebelumnya : Cina. India, dan Amerika Serikat, adalah negara yang besar, terpadat, dan maju secara ekonomi.

Indonesia pun sangat mirip dengan Cina, India, dan Amerika Serikat kesenjangan sosialnya sangat tajam sekali. Saya pernah merasa bingung ketika menyebut negara ini kaya atau miskin.

Kalau dibilang miskin, ada banyak orang Indonesia yang punya mobil mewah. Mercy S class, Jaguar S type, mazda RX-8, lancer evo 10, bahkan ada yg punya Ferarri atau Porsche, minimal Camry ato Accord tu yang bawa ibu-ibu, gimana yang bapak-bapaknya dan itu baru mobil. Sedangkan di lain sisi, ada yg penghasilannya maksimal 40-100 ribu sebulan, kendaraannya cuma becak, sepeda onthel, atau gerobak.

Sekedar tambahan, Cina, India, dan Amerika Serikat, menjadi bangsa yang berkembang perekonomiannya, dengan menggunakan peluang sukses dari setiap warga negaranya, yang mana resiko dari konsep ekonomi yang seperti itu, seperti menajamkan garis kontras atas dan bawah. Jadi sebenarnya masalah tiga negara besar tersebut tidak jauh berbeda dengan Indonesia, hanya di Indonesia lebih miris lagi.

Ada sektor penting yang tidak pernah mendapat porsi perhatian yang besar, PENDIDIKAN. Cina punya pusat pelatihan badminton, dan universitas kedirgantaraannya didanai oleh departemen pertahanan dan pihak militer; India punya banyak lulusan di universitas terkenal di seluruh dunia yang menjabat di banyak perusahaan dan tempat-tempat penelitian, selain itu ada beberapa yang mendapat penghargaan Nobel; Amerika Serikat? Jangan ditanya lagi, lima besar universitas terbaik dipegang oleh Amerika Serikat.

Oke, pertumbuhan ekonomi Indonesia maju pesat karena ditopang oleh usaha-usaha industri domestik tingkat menengah dan kecil, Indonesia belum punya orang-orang bijak dan arif dalam menjalankan kepentingan bersama masyarakat Indonesia. Kalaupun pemimpin itu harus licik, ya paling gak berwawasan dan cerdas.

Tags: , ,

AUTHOR

# Canggih Gumanky Farunik, lahir di Tangerang tanggal 6 Juni 1987. Menyelesaikan studi S1 di Fakultas Filsafat UGM Agustus 2010, dan sekarang sedang menjalani studi di S2 Fakultas Filsafat UGM sambil mencoba mendalami Epistemologi dan Filsafat Ilmu. Menulis disini atas ajakan mas "Aprillins" sambil menyuarakan kegerahan atas mandulnya intelektualitas bangsa Indonesia ini, sambil mencari solusinya untuk masa depan..... ^_^v

Belum ada tanggapan untuk “Indonesia dan Tiga Besar Negara Terbesar”

Silakan Beri Komentar