Gara-gara Ikan Tuna: Alergi atau Keracunan?

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang sangat luar biasa dan pertama kalinya dalam hidup saya. Hal ini berkaitan dengan makanan laut yang biasanya saya makan dengan nikmatnya tanpa efek apa pun setelahnya, tetapi beberapa hari yang lalu itu memang benar-benar mengejutkan.

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke tempat saya biasa makan ikan di jalan Kaliurang km 6.8, setelah sampai langsung saja saya memesan satu ikan nila dan satu ikan tuna yang tinggal satu-satunya. Saya meminta ikan nila tersebut untuk digoreng kering dan ikan tunanya dibakar kering. Saya dan pacar saya pun menunggu datangnya makanan. Setelah sekian lama menunggu barulah datang ikan-ikan kami.

Alergi atau Keracunan Ikan Tuna?

Saya pun memakan ikan tuna bakar saya yang lezat dengan lahapnya. Di tengah-tengah makan saya merasa ada yang aneh pada diri saya. Saya merasakan tekanan denyut nadi yang tinggi di kepala saya, apa mungkin gara-gara tadi sorenya saya habis berolahraga? Ah sudahlah saya tidak memikirkan itu lagi dan saya pun menunggu pacar saya selesai makan.

Setelah pacar saya makan, kok denyut nadinya semakin menjadi-jadi. Saya pun membayar makanan kami, lalu berkehendak untuk pulang. Waktu naik motor kok telinga saya rasanya panas sekali, saya pun membuka helm di lampu merah untuk diperlihatkan kepada pacar saya, ternyata daun telinga saya sangat merah seperti udang rebus. Wah saya pun menjadi curiga, jangan-jangan alergi.

Pukul 8.20 PM. Tadinya saya ingin langsung pulang ke kos, tetapi karena saya merasa ini kok aneh sekali maka saya mampir dulu di kosan pacar saya untuk melihat kondisi saya. Setelah masuk kamar, saya pun langsung mencari cermin. Ternyata yang saya temukan memang benar-benar muka dan telinga saya seperti udang rebus dan kepala saya makin berdenyut-denyut. Saya pun tidak puas hasil tersebut, saya pun melihat badan saya yang semakin panas. Ternyata badan saya sudah merah-merah juga! Wah saya pikir saya alergi ikan tuna, tetapi kenapa baru sekarang??? Saya sering makan ikan tuna kok tapi tidak timbul efek apa-apa. Makanya, saya berpikir bahwa saya keracunan ikan tuna.

Saya pun berbaring di lantai untuk mendinginkan badan yang sangat merah dan panas ini. Karena saya tidak betah berdiam diri, maka saya pun melihat badan saya lagi di cermin dan ternyata merah-merahnya merambat ke ulu hati dan lengan. Saya pikir saya bakal mati gara-gara ini.

Pulang ke Kos

Saya segera berpaminat kepada pacar saya untuk pulang dan istirahat. Sesampainya di kos saya tidak langsung istirahat karena mendengar teriakan anak kosan yang bermain Pro Evolution Soccer ya sudahlah daripada sakit sendiri lebih baik saya main-main di kamar teman saya tersebut.

Saya perlihatkan merah-merah di badan saya kepada kedua teman saya, mereka bilang saya terkena alergi. Namun, saya tidak percaya karena saya sering makan ikan laut termasuk ikan tuna dan tidak pernah kejadiannya seperti ini. Saya pun langsung melihat ke cermin dan membuka baju saya, ternyata merah-merahnya sudah sampai ke perut saya dan tangan saya sudah tertutup full dengan merah-merah tersebut. Ah, sudahlah paling nanti juga sembuh.

Saya pun mengalihkan rasa nyut-nyutan di kepala saya dan rasa panas di badan saya dengan bermain Pro Evolution Soccer yang sebenarnya saya tidak bisa memainkannya :mrgreen: tetapi diajarkan oleh teman saya. Waktu pun berlalu, mulai dari teman saya satu lagi datang bawa susu, bawa pempek, bawa laptop, berlalu lalang tidak jelas. Akhirnya pada jam 11.20 PM saya melihat kembali badan saya, ternyata yang tadinya merah-merah di perut sekarang sudah berkurang drastis. Wah, ini tandanya saya akan sembuh. Saya pun kembali ke kamar untuk beristirahat. Dengan demikian, saya mengalami pengalaman tidak mengenakkan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Keesokan paginya saya bangun dengan bugar tidak ada lagi denyat denyut di kepala atau rasa panas di badan. Namun, saya memiliki beberapa pertanyaan, sebagai berikut:

  1. Apa mungkin saya terkena alergi ikan tuna?
  2. Kalau terkena alergi mengapa baru sekarang saya mengalaminya, padahal saya sering memakan makanan laut termasuk ikan tuna?
  3. Apakah alergi bisa disebabkan karena penumpukan alergen (penyebab alergi) yang pada titik tertentu baru timbul efek alerginya?
  4. Apa mungkin kalau keracunan ikan tuna, efeknya seperti yang saya tuliskan di atas?

Kalau ada yang bisa menjawab dan memberi penjelasan rinci saya sangat berterima kasih sekali yah :mrgreen:

Tags: , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

13 tanggapan untuk “Gara-gara Ikan Tuna: Alergi atau Keracunan?”

  1. artman
    July 18th, 2010 at 04:54 | #1

    alo aprilin,
    itu sebenarnya alergi karena ikanya sudah busuk. Pertolongan pertama adalah dengan minum susu.
    Aku juga sedang cari tau lebih lanjut, soalnya dulu aku dan 3 temanku makan ikan yg sama tapi cuma aku yg kena kayak kamu. Mungkin ini ada hubunganya dengan lever(aku dulu hobi bergadang, jadi mungkin leverku sudah lemah).
    Aku msh cari info tentang itu.
    Atau kalo kamu dapat info hubungi aku lewat facebook aja ya.
    Thanks….

    • July 18th, 2010 at 08:37 | #2

      wah terima kasih banget penjelasannya deskriptif banget nih.. akhirnya saya tahu sebabnya.. bikin kaget aja, ternyata ikannya ya yang busuk bukan akunya yang alergi makanan laut.. wah kalo lever sudah lemah bisa terjadi seperti itu yah?

  2. dewie
    February 17th, 2011 at 14:17 | #3

    sama dong…kami bertiga satu rumah juga mengalami hal yg sama dimulai dr kepala berdenyut kencang, panas dimuka dan telingga sampai warnanya merah..,kita tertolong dengan minum cairan klorofil , sehingga bisa netral kurang dr 3 jam, dan setelahnya biasa kembali, kemungkinan besar memang dr ikan yg tersimpan cukup lama di dlm frezer lbh dr 3 hr sepertinya…meski waktu itu kita beli langsung dimasak dan hanya dagingnya aja kita lumuri tepung…, ini pun masih cari informasi juga… thx…ada info spt diatas…!

    • February 19th, 2011 at 09:47 | #4

      wah kalau minum susu sepertinya bisa lebih cepat hehehe :)
      kalau beberapa hari yang lalu pacar saya terkena alergi juga, alerginya bakso ikan..
      cuma lebih parah.. 2 hari baru benar2 sembuh.. jadi badannya panas gitu.. tapi untungnya ga merah2..

      selamat kalau sudah bisa menemukan cara menyembuhkannya.. hehehe

  3. aditio
    February 24th, 2011 at 00:16 | #5

    Haloo….aprilin thanks for infonya… 2 jam sebelum saya menulis komen ini saya juga mengalami Hal yang sama, merasa panas dan merah diwajah seperti udang rebus. Sama halnya seperti Aprilin saya juga terkena “kondisi” ini Pasca makan tuna bakar.

    Karena anak kostan dan Jauh dirantau orang saya sempat panic at the disco, melihat kondisi Badan saya serta denyutan kepala seperti ada marching band tampil. Ditengah kepanikan saya memaksakan diri untuk berbaring walaupun tidak banyak membantu.

    Akhirnya saya iseng googling dengan syukur bertemu tulisan Anda. Semua ditulisan saya juga rasakan secara sempurna. Lngsung saja saya meminta temen sebelah kamar membelikn susu beruang.

    Setelah minum itu, saya merasa mual dan ingin kebelakang. Setelah membuang feses yg sangat cair, alhamdulillah kondisi saya sudah baikan. Kepala tidak lagi mendengar Suara “dung dung dung”, panas berangsur turun, dan wajah saya tidak lagi merah.

    Sekali lagi terimakasih atas info dan berbagi pengalamannya..

    Salam,
    Aditio

    • February 25th, 2011 at 01:28 | #6

      Halooo juga, syukurlah kalau pengalaman saya bisa membantu.. hehehe..
      by the way.. kata “panic at the disco” nya boleh juga hauhauhauhau..
      yup feses yang cair itu mungkin racunnya.. artinya sistem pertahanan tubuhmu bagus.. bisa ngeluarin racun secepat itu..
      semoga ikan tercemar yang sejenis bisa dihindari pada makan ikan berikutnya

  4. nessia
    November 26th, 2011 at 14:33 | #7

    Haloo,

    Gw sama abang gw lagi ngerasain yg aprillins rasa..
    Jd yg hrs gw lakuin adalah main ps yah??
    Hehhehehehe

    Jadi cuma istirahat plus minum susu aja yaaahh solusinya?

  5. Retno
    December 7th, 2011 at 10:21 | #8

    Kemarin, saya dan suami jg keracunan ikan tuna yg saya masak. Sepertinya ikanny sdh tidak segar lg. Sama seperti dgn April, sya pusing sekali dan denyut nadi di kepala saya kencang spt mau pecah. Kalo suami cm mencret2 tp tdk pusing krn ikan yg suami sy makan tdk sebnyk saya. Tp sebenarnya setiap orang pny reaksi yg berbeda2 thd racun.
    Suami saya membeli air Kelapa hijau yg biasa dipakai u obat, terutama u keracunan. Tidak sampai 1 jam reaksi racunnya sudah hilang…
    Semoga tips ini membantu ya…

  6. Orihime
    December 7th, 2011 at 15:51 | #9

    Sori ikutan nebeng, tapi gw bener2 makasih sama yg punya blog ini. Barusan aja gw ngalamin gejala sama, kepala nut2an n merah kaya udang rebus. Masalahnya kali ini karena makan bandeng. Deket rumah gw kan ada yg jual, nah gw beli tuh buat makan siang di kantor.
    Awalnya si bingung, ini demam biasa ato kenapa. Searching google, ternyata keracunan…. x(
    tapi karena di kantor ga ada susu jadinya minta tolong OB beliin Norit dah, plus minum air banyak2. Survival thinkin… Akhirnya sudah agak mending dlm waktu 2 jaman. Ga bisa kerja sama sekali, ga konsen.

  7. moy2
    May 29th, 2013 at 20:12 | #10

    Ikutan nimbrung gals…2 jam yg lalu gue jg baru abis keracunan ikan tuna yg d goreng pake tepung…rasanya kriuk2 gurih n nambah nasi 2 kali..eeeh..kagak taunya abis itu kepala langsung cekot2..muka n sluruh tubuh merah jantung berdebar2 klo berdiri kliyeng2 nih badan..trs brosing2 dpt blog ini..yg ternyata emg penyebab na si ikan tuna ituu..thank u bertubi2 deh udah sharing pengalaman nya…

  8. keegan
    November 4th, 2013 at 00:21 | #11

    hai, gua ikutan nmbrung juga, kayanya saya juga keracunan ikan laut busuk. badan merah semua, napas sesak, jantung dag dig doer.dan kepala nyut-nyut. buset dah. tp ini udah minum susu,belum ngefek sih,, ya mudah mudahan sembuh juga dlm 2 jam. amin . makasi ya udah tulis blog ini. :)

  9. May 8th, 2015 at 22:50 | #12

    sejam yang lalu mengalami hal serupa gara2 ikan tuna, panik luar biasa, searching google nemu blog ini dan sangat membantu terimakasih banyak ya April

  10. prasetio
    March 1st, 2016 at 22:48 | #13

    Wah saya juga nemuin serupa, awalnya saya makan ikan tuna goreng, terus tiba2 hbis makan ko badan terasa limbung dan kepala pusing, setelah nemuin blog ini trnyata bener, kalo aq keracunan ikan tuna. Thank b4.

Silakan Beri Komentar