Cerita Analogi Pencernaan dengan Mesin Mobil

Barusan saya membaca sedikit buku pencernaan sebagai kunci hidup sehat yang dikarang oleh Alice M Sorokie. Dalam buku tersebut saya membaca tentang kisah kendaraan yang tidak diperbaiki oleh pemiliknya meskipun sudah menunjukkan tanda-tanda tidak beres. Berikut ini ceritanya.

Saya ingat bertahun-tahun yang lalu, ketika saya menyangkal sinyal-sinyal peringatan dalam kehidupan saya. Saya sedang mengendarai Toyota Celica kesayangan, ketika lampu merah di samping lampu oli pada panel dasbor menyala. “Menyebalkan. Nanti kubereskan,” pikir saya, sembari menutupi lampu itu dengan kartu nama.

Berminggu-minggu kemudian, selagi berkendara di kota, saya mendengar suara berisik. Suara itu seperti berasal dari bawah kap mobil. Betapa mengganggunya! Saya tidak senang mendengarnya, saya juga enggan bersusay payah untuk berhenti dan memeriksanya; Saya masih perlu mengerjakan hal lain, pesanan yang harus dikirim. Oleh karenanya, saya memperbesar volume kaset Bozz Skags untuk mengalahkan suara berisik itu.

Beberapa hari kemudian, ketika melaju di jalan tol, muncul asap dari bawah kap mobil. Asap yang sedemikian pekat sehingga saya tidak dapat melihat ke depan. Kemudiah mesin mobil mati total. Barulah setelah saya mogok di jalan tol, saya menyadari betapa besar masalah yang saya hadapi. Saat itulah baru saya sadar. (Hal 50)

Cerita di atas sebenarnya ingin menyadarkan bahwa gejala pada pencernaan tidak boleh dianggap remeh dan harus ditanggulangi secepat mungkin. Pada jangka pendek mungkin perut hanya memberikan tanda sakit sebentar seperti sakit perut, atau melilit beberapa saat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kita juga dapat terkena usus buntu! Kita tidak dapat tahu sebelum memeriksakan perut kita kepada dokter secara komprehensif. Oleh karenanya, jagalah pencernaan dengan sebaik-baiknya agar tidak mengganggu satu saat nanti.

Tags: ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Belum ada tanggapan untuk “Cerita Analogi Pencernaan dengan Mesin Mobil”

Silakan Beri Komentar