Penyembuhan Rheumatoid Arthritis dengan Teripang

Sebelumnya telah dibahas tentang cara mengobati rematik dengan vitamin, sekarang saya ingin menuliskan lagi tentang penyembuhan rematik dengan teripang yang saya temukan dari sebuah buku berjudul Keajaiban Teripang.

Rheumatoid arthritis dapat merusak tulang rawan dan berbagai jaringan di sekitar dan di dalam sendi lebih lagi pada permukaan tulang. Setelah itu, secara otomatis tubuh mengganti jaringan yang rusak tadi dengan jaringan parut. Hal tersebut menyebabkan rongga di antara sendi menyempit dan tulang-tulang menyatu. Penyakit ini dapat dikurangi tingkat kegawatannya dengan mengkonsumsi teripang. Kenapa bisa begitu? Apa istimewanya teripang bagi penyembuhan rematik?

Komponen Gizi Teripang

Komponen gizi yang bermanfaat untuk mengobati dan mencegah radang sendi, bahkan membuat persendian selalu sehat terdapat pada teripang. Beberapa komponen gizi teripang antara lain adalah:

Kondroitin Sulfat

Tahukah Anda bahwa kondroitin sulfat dan glukosamin merupakan bahan utama dari tulang rawan? Tulang rawan dapat membentuk building block yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan pada sendi. Hal ini dapat terjadi jika tulang rawan dibantu oleh kondroitin sulfat.

Kondroitin juga dapat meningkatkan cairan sinovial yang memelihara tulang rawan sekaligus sebagai anti-inflamasi ringan dalam mengurangi atau meredakan arthritis.

Kondroitin yang lebih dikenal dengan nama Kondroitin sulfat adalah glikosaminoglikan (GAG) tersulfatisasi yang tersusun atas rantai gula bercabang (N-asetilgalaktosamin dan asam glukuronat). Bersama dengan glukosamin, kondroitin sulfat digunakan secara luas sebagai suplemen makanan untuk mencegah osteoartritis.
Wikipedia

Mukopolisakarida

Mukopolisakarida berperan menstimulasi tubuh untuk memproduksi cairan sinovial dan meningkatkan pergerakan jaringan tulang rawan pada persendian. Cairan sinovial itu sendiri merupakan cairan yang terdapat pada rongga antarsendi yang membuat persendian bisa berfungsi secara optimal.

Glukosamin

Glukosamin dapat menstimulasi sel-sel tulang rawan di dalam persendian untuk membentuk proteoglikan dan kolagen yang merupakan protein esensial untuk memperbaiki fungsi persendian. Untuk menjaga jaringan ikat dan keelastisan otot pada persendian kolagen sebagai komponen gizi sangatlah dibutuhkan.

Konsumsi glukosamin secara oral biasanya digunakan untuk mengurangi gejala osteoartritis. Sebagai prekursor dari glikoaminoglikan yang menyusun jaringan kartilago sendi, suplementasi glukosamin diharapkan mampu membangun kembali jaringan kartilago dan mengurangi risiko osteoartritis, walaupun efektivitasnya masih diperdebatkan.
Wikipedia

Lavon J Dunne berpendapat bahwa, enzim SOD yang terdapat pada teripang dapat mengurangi kakunya persendian sekaligus mengurangi bengkak penderita arthritis. Enzim ini melindungi sel-sel terhadap kerusakan yang disebabkan oleh banyak benturan keras.

Sumber: Sendih, Skolastika dan Gunawan, 2006. Keajaiban Teripang: Penyembuh Mujarab dari Laut. Jakarta: AgroMedia Pustaka

Tags: , , , , , , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Penyembuhan Rheumatoid Arthritis dengan Teripang”

  1. September 2nd, 2011 at 15:30 | #1

    wow, teripang yah baru tahu ternyata kandungannya seperti itu.

    Keluhan aku juga sama, pada tubuh uda sekitar 8 bulan lah…
    sakit awalnya sekujur tubuh pada punggung seperti nyeri ditusuk2…
    sampe gak bisa jalan 2 kaki ini, (pas awal di diagnosa ama internis).
    Tapi sekarang udah mendingan baik lah. Sakit yg awalnya terpusat
    di sekitar lumbar L3

    dari internis, dokter tulang mendiagnosa aku arthritis rheumatoid

    Pengobatan yang aku sudah rasakan membantu mengurangi rasa sakit:
    – konsumsi obat tablet yang mengandung glukosamin dan chondroitin
    – Berenang (sangat efektif…tapi kalo gak intensif<–sakit nya datang lagi)
    – chiropractic (bisa mengurangi 30% rasa sakit, so far baru coba 20x terapi
    dengan kisaran tarif per kunjungan 200-500ribu.)
    – Mengurangi berat badan (target to go masih 15kg lagi, uda turun 4kg an)
    – Tukang Urut (yg urut nya bener2 ngerti ya, kalo gak ngga efek)
    *dari 5 tukang urut (yg uda dicoba) yg bener2 tekniknya so far yg mirip
    chiropractor, tgl30sep11 kemarin, aku ada coba di wilayah Puri Delta Mas
    Bandengan Selatan,Jak-Ut. Nanti tgl 6sept11 mau coba kesana lagi tuk
    terapi sesi 2. (sakitnya waktu di urut..wew teriak2 sampe melengking)
    tarif per terapi kunjungan dari 100-200ribu)
    * Akupuntur katanya efektif, aku ada rencana pengen cobain tapi yah liat nih
    Tukang Urut BanSel bisa atau nggak, abisnya kalo ngikut terapi chiropractic
    cukup mahal dan sepertinya butuh 'long term visit'.

Silakan Beri Komentar