Chemotrex dan Corsamycin – Oxitetrasiklin (Oxytetracycline HCl.)

Berikut ini adalah obat yang mengandung Oxitetrasiklin atau Oxytetracycline HCl.

Chemotrex 500 – Medichem

Indikasi: Chemotrex dapat digunakan terhadap infeksi karena kuman Gr + & – kokus & basil, spirochaeta, aktinomisetes, riketsia, protozoa, treponerna.

Dosis: untuk dewasa 1 kapsul 2 kali sehari. Untuk infeksi akut dan berat awal minum 1 kapsul 3-4 kali sehari setelah itu 1 kapsul 2 kali sehari.

Kontraindikasi: hipersensitif terhadap tetrasiklin, hamil, anak di bawah 12 tahun, dan gagal ginjal berat. Peringatan: Disfungsi hati dan ginjal, laktasi, miastenia gravis.

Efek Samping: superinfeksi, hepatotoksik, nefrotoksik. Depresi sumsum tulang, Pewarnaan pada gigi, hipoplasia enamel pada anak, dan eksaserbase SLE.

Corsamycin – Corsa

Indikasi: Bronkitis akut dan kronis termasuk pencegahan eksaserbasi akut, bronkopneumonia dan atipikal pneumonia disebabkan oleh mikoplama pneumonia, bronkiektasi terinfeksi, bronkiolitis, otitis media, angina vincenti, infeksi traktus urinatus, uretritis non-GO, infeksi bakteri pada traktus GI & biliaris, infeksi jar lunak, infeksi pasca persalinan (endometritis), meningitis dan endokarditis, akne vulgaris, GO dan sifilis yang tidak sesuai dengan penisilin. Granuloma inguinal dan khankroid, bruselosis, kolera, amubiasis, tifus dan Q-fever, psitakosis dan limfogranuloma venereum, trakoma.

Dosis: untuk dewasa 250-500 mg tiap 6 jam selama 5-10 hari (untuk kebanyakan infeksi). Infeksi sal nafas seperti mikoplasma 500 mg 4 kali sehari. Profilaksis infeksi sal respiratorius 250 mg 2-3 kali sehari. GO dan sifilis, bruselosis total dosis 2-3 g sehari.

Kontraindikasi: hipersensitif, gangguan ginjal. Hamil, anak di bawah 7 tahun. Gangguan hati, dehidrasi, dan laktasi.

Efek Samping: gatal i anus dan vulva. Perubahan warna gigi dan hipoplasia enamel pada anak, hambatan pertumbuhan tulang sementara. Penggunaan dosis tinggi dapat menyebabkan uremia.

Sinonim: Oksitetrasiklin, Oksitetrasiclin, Oxitetrasiklin, Oxitetraciclin, Oxytetrasiklin, Oxytetraciclin

Sumber: MIMS Vol 7 2006

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

2 tanggapan untuk “Chemotrex dan Corsamycin – Oxitetrasiklin (Oxytetracycline HCl.)”

  1. August 4th, 2010 at 16:48 | #1

    efek sampingnya banyak juga ya

    • August 4th, 2010 at 23:40 | #2

      wah memang segala obat banyak efek sampingnya tetapi efek samping bukan apa2 kalau kondisi tubuh memang bagus dan tahan thd efek sampingnya 😎

Silakan Beri Komentar