Alasan Susah Mendapat Visitor Dari Google

Mungkin belakangan ini lumayan banyak yang bertanya-tanya tentang “kenapa sekarang susah mendapat visitor dari Google?” Karena pada kenyataannya memang demikian adanya. Hal ini saya alami dalam membuat berbagai blog atau website dengan bahasa Inggris. Dulu tampaknya sangat mudah dalam menggait visitor dari Google. Kalau sekarang, keyword on domain pun tampaknya tidak terlalu menjadi pamungkas karena salah satu keyword on domain yang saya miliki sudah memiliki umur lebih dari 4 bulan dan nyatanya tidak dapat naik ke urutan #1 Google.

Keyword on domain saja tidak bisa membuahkan hasil dalam waktu yang singkat, bagaimana dengan domain yang sama sekali tidak memiliki topik, niche, atau keyword? Contohnya, hohohohihi.com, digoyanglagi.com, dan lain-lain, apakah bisa bersaing?

Kalau kata Matt Cutts, kontenlah yang paling penting dibandingkan segalanya. Konten berkualitas mengundang orang dengan sukarela menautkan balik (trackback/me-link) ke konten tersebut. Namun, permasalahannya bagaimana dengan blog-blog baru? Tentunya harus melewati tahap seperti crawling, indexing, dan ranking, lihat forum diskusinya. Di sana terdapat banyak pertanyaan tentang indexing dan ranking. Kalau soal indexing sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah karena kalau tidak kena sandbox cepat atau lambat pasti akan muncul. Untuk cek jumlah index sebuah situs di Google cukup dengan mengetikkan site:namasitus.com pada Google.

Persoalan terbesar adalah ranking yang akan menentukan banyaknya visitor datang ke sebuah situs. Nah, di sinilah yang sulit, sekarang sulit sekali untuk mendapatkan ranking tinggi pada SERP (Search Engine Result Page). Apakah karena banyaknya Spamblogs yang membuat server Google dan Googlebot harus memiliki kerja keras dalam menjaga kualitas Search Result mereka, sehingga proses ranking menjadi terhambat? Atau memang Google telah membuat setting yang membuat ranking suatu situs sulit untuk didapat? atau ada perubahan algoritma dalam indexing dan ranking?

Mungkin ada yang tahu jawabannya?

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Alasan Susah Mendapat Visitor Dari Google”

  1. September 14th, 2010 at 17:43 | #1

    belum lagi dominasi google sendiri, kita tidak tahu filter apa dan yg seperti apa yg google pakai untuk website2nya….

Silakan Beri Komentar