Kenapa Hidup Itu Sulit???

Siapa bilang hidup itu sulit? Hidup itu gampang kok, bahkan tidak diminta pun kita terlahir dan hidup di dunia ini. Ya ya ya saya tahu pertanyaan itu konteksnya demikian, hidup sulit karena kurang harta, hidup sulit karena tidak ada lawan jenis yang menyukai, hidup sulit karena cacat mental, hidup sulit karena cacat fisik, hidup sulit karena difitnah, hidup sulit karena tidak puas dengan apa yang telah didapatkan, dan lain-lain. Ada banyak alasan lainnya untuk mengatakan bahwa hidup itu sulit!

Meninjau dari pengalaman sehari-hari, orang yang mengatakan atau mempertanyakan “hidup itu sulit” kebanyakan adalah kesulitan karena harta, tidak punya uang, dan tidak memiliki pekerjaan untuk menunjang hidup. Sialnya, manusia dilahirkan tanpa diminta oleh manusia itu sendiri. Manusia lahir begitu saja, kadang ada yang lahir di keluarga yang kaya dan ada pula yang lahir di keluarga miskin nan merana. Sayangnya, menurut sepenglihatan saya, manusia banyak yang lahir di keluarga miskin. Miskin dalam artian, mendapatkan makanan sulit, mendapatkan pekerjaan sulit, mendapatkan pakaian yang layak sulit, dan mendapat pasokan air bersih yang sulit.

Tidak ada yang tahu alasan kenapa orang terlahir ada yang di keluarga miskin atau kaya. Orang hanya bisa menerimanya begitu saja. Jadi, pertama-tama hidup itu sulit karena memang dari sananya. Untungnya, hidup yang sulit itu bisa diubah dengan kerja dan usaha yang ulet. Kalau dikatakan tidak adil, saya juga masih ragu-ragu soalnya banyak juga orang kaya jatuh miskin, dan orang miskin naik jadi kaya.

Kalau saya merasa dan bertanya, “mengapa ya hidup ini sulit?” Saya akan menjawabnya untuk diri saya sendiri “karena saya tidak mengerti apa hakikat kesulitan sesungguhnya..”

Tags: , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

6 tanggapan untuk “Kenapa Hidup Itu Sulit???”

  1. September 7th, 2010 at 06:43 | #1

    tinggal hidup aja kok sulit…..apalagi ditinggal mati ya…
    he..he..nyambung gak?
    met lebaran…maaf lahir batin

    • September 8th, 2010 at 11:02 | #2

      heehhee.. kalo ditinggal mati ya merana hehehe.. met hampir lebaran pak eko.. heheh 😀

  2. September 10th, 2010 at 14:42 | #3

    tidak cukup hanya menutupi kesalahan, atau menghapus dengan memaafkan, tetapi harus berlapang dada untuk berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepada kita. Inilah puncak dari permaafan dalam Islam. Selamat lebaran, selamat Hari Raya IdulFitri 1431H.

  3. September 14th, 2010 at 12:05 | #4

    memohon maaf lahir dan bathin
    agar kita diberkahi dan dirahmati ALLAH SWT
    dan dijauhkan segala kesulitan

  4. October 16th, 2010 at 10:48 | #5

    Hidup memang tidak sulit, tapi ‘menjalani’ kehidupan itu yang perlu perhitungan..

    Lama tidak mampir, apa kabar?

    • October 19th, 2010 at 11:03 | #6

      iya harus banyak perhitungan hehehe.. tapi kalo menghitung terus kapan majunya… ehehhe
      kabar baik cuma sedikit stres aja ahahahh 😀 maaf udah lama ga mampir soalnya maklum banyak berpikir..

Silakan Beri Komentar