Angin Puting Beliung Jogja 25 September 2010

Tadi siang ternyata ada angin puting beliung di Jogjakarta tercinta. Untungnya, saya pada saat itu sedang berada di Mal Galeria bersama sang kekasih 😎

Pas pulang, saya merasakan ada hal yang aneh di lampu merah Sagan yaitu daun dan ranting berjatuhan di jalanan. Lanjutlah saya mengendarai motor ke arah bunderan UGM untuk memotong lewat Kopma UGM. Di situlah saya baru yakin bahwa telah terjadi sesuatu. Saya melihat plang penunjuk jalan roboh! Padahal terbuat dari besi yang kokoh.

Di Bank Mandiri Cabang UGM, plang tinggi yang biasa untuk tempat banner horizontal pun jatuh! Untung tidak ada mobil yang sedang parkir di bawahnya. Dengan ini saya mengira bahwa terjadi lagi angin puting beliung, perjalanan saya lanjutkan.

Di jalan saya menemukan banyak ranting dan daun bertebaran. Di jalan Kaliurang sekitar kilometer 5, yaitu dari lampu merah MM UGM sampai dengan lampu merah Kentungan, saya melihat banyak plang yang menjulang tinggi pada bengkok. Bahkan, plang standar Indomaret yang besar itu nyaris jatuh, kalau kena serangan angin lagi paling jatuh tuh.. Tidak hanya itu plang-plang lain pun pada bengkok termasuk plang, restoran Iga Bakar, Bengkel Yamaha, sampai papan iklan/reklame terbuat dari besi setinggi kira-kira 15 meter pun ikutan bengkok. Wah ini tampaknya besar sekali anginnya!

Hal paling parah saya lihat plang salah satu tempat pengiriman barang di Kentungan yaitu xxxxx Logistik, jatuh ke tanah. Plang tersebut seperti plang Indomaret, kira-kira panjangnya 2 kalinya. Beruntung saya tidak lewat situ ketika angin sedang menyerang, plang besi saja bisa bengkok apalagi tulang saya???

Oh iya, saya pulang sampai kos ternyata salah satu langit-langit kamar saya sudah terbuka. Ckckckcck..

Ini video yang saya ambil dari YouTube

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

11 tanggapan untuk “Angin Puting Beliung Jogja 25 September 2010”

  1. Rheny
    September 26th, 2010 at 01:14 | #1

    Ya 25, sept 2010. ..angin puting beliung di jogja ngeri bgt. Sy warga smg sdg berlibur di kid fun wonosari, sebtlnya sy sdh diingatkan kakak sy 2 hr yg lalu, utk tdk berlibur ke jogja. Kbtlan kakak tarot reader, dan punya kelebihan melihat hal2 yg akan tjd. Tp sy ttp brkt kejogja, dan ternyata apa yg ditakutkan kakak tjd. Setlh km sls bermain,dan sls makan di cafe kids fun, tiba2 angin kencang sekali. Km berlari mnj jalan keluar dan br akan masuk ke mbl, tiba2 pohon beringin besar roboh menimpa mobil kakak. Mobil kakak hancur.. Alhamdulilah kt selamat, kami sekeluarga hanya mengambil hikmah dan bersyukur kt msh selamat meski mobil hancur.

    • September 26th, 2010 at 08:54 | #2

      ya ampun turut sedih juga karena mobilnya terkena runtuhan pohon beringin, tetapi yang paling penting sekeluarga selamat. Yang namanya bencana alam memang sulit untuk diterka, kita hanya bisa melihat gejala-gejalanya bahkan gejala tersebut ada yang tidak bisa dirasakan oleh manusia seperti gempa.. semoga tidak ada korban jiwa atas kejadian ini..

  2. pute
    September 26th, 2010 at 01:20 | #3

    pada saat kejadian saya berada di objek wisata candi prambanan .. pada saat itu saya dan keluarga beristirahat di tempat permainan anak tak jau dari candi .. tiba-tiba angin kencang pun datang .. ranting phon dan daun-daun berterbangan .. satu persatu pohon-pohon yg ada d sekitar saya tumbang dan nyaris menimpa saya .. untung saya masi bisa selamat dari bencana alam itu .. banyak wisatawan yg memilih untuk kembali pulang ..

    • September 26th, 2010 at 08:51 | #4

      untung saja ngga terjadi kecelakaan yang menimpa pak pute.. saya tidak sangka bahwa angin topannya sampai ke candi prambanan. Terima kasih pak atas infomasinya 😎

  3. ijan
    September 26th, 2010 at 16:34 | #5

    saat terjdi sya sedng di pasar bring harjo ….eh tiba – tiba orang pada berlarian ke dalam pasar,sy bengong lalu tanya pada mereka, ada apa ya ? eh ada angin kencang mas,lalu saya keluar nengok ,ternyata betul angin sangat kencang rantint – ranting kayu di parkiran pada jatuh.dan atap gedung salah satu toko di malioboro pada morat – marit…..ngeri

    • September 26th, 2010 at 22:18 | #6

      wah, ternyata parah juga ya sampai ke malioboro segala, rupanya memang cuaca sedang tidak bersahabat.. tadi siang aja hujannya lebat banget..

  4. September 26th, 2010 at 17:07 | #7

    saya dikaliurang cuma denger kabar aj,wah koq si gunung jg ikut naek statusnya ya………

  5. vitta
    September 29th, 2010 at 12:01 | #8

    alhamdllah pas angin it dh nyamp kampus,,,q msuk KM lantai 3 kaya dgedor pintunya,,,pas klwr dr KM tyata atap seng mbak2 yg jualan dpinggir jln dh pd kabur…untung pas poon kluweh jatoh g da org lwt…ngeri polll anginnya,,,gede bgr ..lama pula,,lampu merah pd g nyala ,,listrik rmh jg mati sampai rmh jdi g mandi sore…hehe..ya allah lindungi kami,,,lindungi jogja tercinta…

  6. niken
    November 29th, 2010 at 15:49 | #9

    lebih baik berlindung di tempat yang aman

  7. December 16th, 2010 at 18:19 | #10

    saya turut berDUka cIT A h
    hE hE Hee 😥

  8. December 16th, 2010 at 18:19 | #11

    percaya hanya kepada tuhan yg maha esa 😉 😐 😡 😈 :smile: 😯 :sad: 😛 :roll: 😳 😮 :mrgreen: 😆 💡 😀 😥 😎 😎 ➡ 😕 ❓ ❗

Silakan Beri Komentar