Kenapa Kucing Datang Kalau Dipanggil ‘pus’?

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita menemukan banyak hewan di sekeliling kita, mulai dari anjing, kucing, belalang, kupu-kupu, ular, tawon, lebah, nyamuk, dan lalat. Di antara hewan yang telah disebutkan, mungkin yang paling familiar dan akrab dengan manusia adalah anjing dan kucing.

Anjing dan kucing, menurut saya, adalah hewan yang paling banyak menerima perhatian dari kita, manusia. Anjing dan kucing sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaan, baik itu di rumah atau sekedar memelihara dengan memberi mereka makan. Mereka pastinya sangat senang jika diberikan makan, karena mereka tidak usah susah-susah cari makan ke sana ke mari dengan perut lapar. Mereka hanya perlu menggonggong atau mengeong sebagai tanda mereka lapar dan berharap diberi makan.

Suara ‘pus’ = makan?

Pertanyaan tentang kucing, kenapa kucing akan datang kalau dipanggil ‘pus’? Dan, kenapa semua orang memanggil kucing dengan panggilan ‘pus’? Lebih baik ke pertanyaan yang kedua terlebih dahulu. Kebanyakan orang akan memanggil kucing dengan panggilan ‘pus’ karena kata ‘pus’ singkat, padat, dan jelas. Kata ‘pus’ itu sendiri berasal dari kata pussy yang artinya kucing. Namun, kucing itu sendiri tidak tahu bahwa dirinya dinamakan pus atau apa ❗

Kucing yang sejak lahir sampai dewasa tidak dipanggil ‘pus’ tidak akan mendatangi yang memanggilnya ‘pus’. Biasanya, orang yang memanggil kucing dengan panggilan ‘pus’ memiliki tujuan memberi makan. Dengan kebiasan orang yang memanggil ‘pus’ terus-menerus ketika memberi makan, maka kucing akan mengetahui bahwa suara ‘pus’ adalah makan. Makan adalah hal yang enak bagi kucing. Oleh karena itu, dengan memanggil ‘pus’ maka kucing akan merasa enak dan berharap akan realisasi dari rasa enak tersebut yaitu makan. Jadi, kucing yang datang ketika dipanggil ‘pus’ itu adalah kebiasaan.

Andaikan kucing sejak kecil sampai dewasa dipanggil ‘woi’ ketika hendak makan, sangat besar kemungkinannya kucing akan datang ketika dipanggil ‘woi’ meskipun tidak ada makanan. Tidak heran, kalau ada kucing rumahan yang tidak menengok atau datang jika dipanggil dengan namanya, karena kucing tersebut biasa diberikan makanan begitu saja tanpa ada suara, perintah, atau komando khusus seperti ‘pus’. Oleh karena itu, bagi yang ingin kucingnya datang ketika dipanggil namanya, harus dibiasakan memanggil namanya ketika diberikan makan. Kalau sudah terbiasa datang ketika dipanggil, maka coba tanpa makanan. Jika kucing datang, maka elus-eluslah dia supaya dia tetap merasa enak dan disayangi :mrgreen:

Hehehe begitulah kira-kira saya orang awam memberikan sedikit pengalaman tentang kucing 💡

Tags: , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

15 tanggapan untuk “Kenapa Kucing Datang Kalau Dipanggil ‘pus’?”

  1. March 21st, 2010 at 20:23 | #1

    hahahah iya yaa. Kenapa harus pus, kenapa ga yang lain aja gitu. semisal cantik cantik #halah

    • aprillins
      March 22nd, 2010 at 12:42 | #2

      bagus ga dipanggil guk guk.. xixixixi

  2. March 22nd, 2010 at 07:47 | #3

    betul betul betul….

  3. March 23rd, 2010 at 03:40 | #4

    hmmm klo kucing di rumah di panggil..”broder”.. qiqiqiqiiq…

    • aprillins
      March 23rd, 2010 at 11:55 | #5

      ah yang bener..? nengok gag? 😎

  4. Ngang2…
    September 5th, 2010 at 05:32 | #6

    Kalo kucing aku seh dikasih nama dadang,hehehe

    • September 6th, 2010 at 01:53 | #7

      ntar yang namanya dadang marah loh 😆

    • ugela
      December 8th, 2010 at 23:54 | #8

      nama bapak gue ituh 👿 hiihi 😆

  5. dewi wijaya
    November 11th, 2010 at 22:30 | #9

    kl kucing aq byk, ad chaca, keket, beby, pepi, chiky, chyko, pusy, enyot, mimi, kimo, kimi….. nach lo manggilny gmn coba ???? :roll:

  6. ryon
    December 28th, 2010 at 19:26 | #10

    walaupun aq gak manggil pus,, tyap aq dateng,, kucing ku selalu mengikuti ku,, klo dy berdiri,, berarti ngajak mainan,, klo dy ngelus kaki ku pakek lidah nya kucing,, dy pasti mnta makanan,, hehehe 😆

  7. Agheelz
    May 17th, 2011 at 22:16 | #11

    :roll:
    Hanya di Indonesia yang panggil pus. Teman saya di Amerika juga teman-temannya panggil kucing dengan: “Kitty”
    Jadi kalau disana sering terdengar panggilan: “Here… Kitty kitty kitty….!”
    Lalu berhamburanlah semua kucingnya yang berjumlah 12 ekor itu berlari saling mendahului…

  8. Lusnando
    August 1st, 2011 at 15:33 | #12

    Analisa saya sepertinya sama dengan anda gan, hanya bedanya tulisan anda nongol duluan di sini, saya hargai anda. Saya pernah nongkrong sendiri pas istirahat setelah pulang kerja, lalu di depan saya nongol seekor kucing liar jalan di depan saya, lalu saya panggil dia “Puss..!” si kucing ternyata melongok ke saya, setelah saya dekati dia malah kabur…! 😆 😆

    • August 2nd, 2011 at 22:55 | #13

      Berarti memang tuh kucing biasa dipanggil ‘puss’ .. coba biasa dipanggil ‘kucing’ pasti ga nengok kalo dipanggil ‘pus’

  9. September 7th, 2011 at 00:51 | #14

    😆 :roll: 😉 😆

  10. November 13th, 2011 at 22:08 | #15

    intinya itu semua adalah kebiasaan, seandainya mereka (kucing) itu diberi nama sejak ia baru dilahirkan dan dipanggil dengan nama itu terus, “mungkin” ia akan menghampiri si pemanggil walau tidak dipanggil dengan “puss”,,,

Silakan Beri Komentar