Google Bakal Serius Hadapi Spammers dengan cara Jejaring Sosial?

Tampaknya spammers bakal ketakutan menghadapi tahun 2011 jika telah membaca artikel dari Search Engine Land yang berjudul Digital Marketing Trends & Predictions For 2011. Pada artikel tersebut disebutkan prediksi yang menakutkan bagi spammers yaitu Google Gets Social. Mengutip dari situs tersebut:

..more social search algorithm will allow users to rate search results or even websites, and have user “likes” factored into ranking algorithms

google-searchBetul, yang menakutkan adalah ketika para calon pengunjung website memberikan “likes” pada website pesaing. Secara otomatis para spammers yang memiliki website asal-asalan dengan konten otomatis dan design web yang jelek tidak akan menerima “likes”. Mereka akan jatuh ke halaman index yang kesekian atau bahkan tidak berada dalam halaman 100 sekalipun dalam Search Engine dalam hal ini Google.

Bukan itu saja, jika saya ingin menakut-nakuti, Google akan mengeluarkan tidak hanya “likes” tetapi juga “dislikes”. Nah, makin gawat kan? Kalau pengunjung kecewa bisa saja dia langsung men-dislike sebuah website. Ini bisa lebih fatal daripada Search Preview/Website Preview pada halaman pencarian Google yang ditunjukkan dengan ikon kaca pembesar.

Kelemahannya dan Pelepas Rasa Takut Bagi Spammers

Sialnya, sistem ini begitu mudah untuk dipermainkan. Caranya mudah, cukup pergi ke website freelancer dan sediakan Job/Pekerjaan untuk memberikan likes pada website pribadi di Google atau bahkan lebih kejam, memberikan dislike kepada website pesaing. Jika spammers lebih canggih lagi maka ia akan membuat bot dengan sistem IP berbeda untuk memberikan likes secara otomatis di SERP.

Bagaimana jika Google mengharuskan login para user yang ingin memberikan like atau dislike untuk menghindari bot atau automated query? Di sini juga letak kesulitannya, banyak para user akan malas untuk login apalagi membuat akun baru jika hanya untuk memberikan like atau dislike. Ini akan membuat tambahan waktu (proses) yang membuat reputasi Google jelek karena mereka bekerja sebaik mungkin untuk memberikan hasil pencarian terbaik dengan cara termudah dan tercepat.

Pasti Google sudah berpikir tentang hal ini dan akan membuat sistem yang lebih bagus lagi. Tampaknya tim Google di bagian Search Quality sedang kalang kabut..

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Belum ada tanggapan untuk “Google Bakal Serius Hadapi Spammers dengan cara Jejaring Sosial?”

Silakan Beri Komentar