Makanan Berpengaruh Pada Pertumbuhan Bulu Kucing?

Sebenarnya saya belum begitu membuktikannya, tetapi makin lama bulu di badan kucing saya makin keriting. Seperti yang diketahui, bulu pada kucing begitu lurus dan tidak bergelombang, sehingga enak dilihat. Sebaliknya, jika bulu tersebut keriting, terlihat mudah patah, dan agak pirang, tentu akan membuat kelihatan kumal, lusuh, dan seperti tidak terawat.

Pertama-tama saya membeli kucing tersebut, dia memiliki bulu yang lebih bagus daripada sekarang. Saya bertanya-tanya sebab utama penurunan kualitas bulu pada kucing saya ini. Saya mencurigai bahwa makanan menjadi penyebab rendah dan turunnya kualitas bulu pada kucing. Padahal, selama saya memberi makan kucing sekitar 10 hari bulunya tidak rontok. Memang benar tidak rontok, malah pertumbuhan bulunya cenderung cepat, tetapi bulunya menjadi pirang. Jika dilihat, lama kelamaan seperti kucing tidak terurus dan putus asa :cry:

Apakah benar makanan berpengaruh pada pertumbuhan bulu kucing? Saya memiliki makanan kucing (cat food) bernama 3mix, kucing saya tidak ada masalah dengan selera makannya, tetapi hasilnya ya itu, jadi bule.. Kalau dilihat dari aktivitas fisiknya, kucing saya termasuk sehat. Bermainnya semangat dan littering-nya lancar. Artinya, 3mix tidak berpengaruh buruk pada kekuatan dan semangat kucing. Lebih jauh, saya menduga bahwa 3mix membuat bulu kucing menjadi jelek. Saya ingin membuktikannya dengan membeli cat food yang lebih berkualitas.

Oh iya, mulai dari tadi malam sampai siang ini kucing saya tidak mau memakan 3mix, tidak tahu apa penyebabnya. Kebetulan, tadi saya makan ayam goreng dan berpikir untuk memberi sisa tulang kepada kucing saya. Sampai di rumah, saya langsung memberikan sinyal makan kepada kucing saya dengan memanggil namanya dan memberikan aroma tulang tersebut kepadanya. Hasilnya, kucing saya menanggapinya dengan antusias :!:

Kucing saya terlihat senang ketika memakan tulang ayam yang saya berikan. Ekspresi dan tingkah lakunya pun tidak seperti biasanya. Ia terlihat begitu bersemangat menggigit tulang tersebut. Saya jadi berpikir, apakah ada perubahan selera makan? Saya juga belum tahu dan ingin membuktikannya lebih jauh..

Siapa tahu ada yang lebih berpengalaman, mohon berikan petunjuk yahh :idea:

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

51 tanggapan untuk “Makanan Berpengaruh Pada Pertumbuhan Bulu Kucing?”

  1. March 22nd, 2010 at 12:06 | #1

    kucing saya cuma makan nasi ama ikan :)

    • aprillins
      March 22nd, 2010 at 12:42 | #2

      wow… ikannya itu ga tahan..

  2. March 22nd, 2010 at 13:03 | #3

    yep… dari pengalaman mia (sama kucing mia maksudnya) makanan memang berpengaruh ma bulu kucing. Kalo kucing makan makanan yang bagus (full of vitamins) bulunya akan mengkilap, halus dan indah. berbeda dg kucing yg makannya ngasal aja (kayak nasi+ikan) bulunya ga akan mengkilap dan sehalus makanan khusus buat kucing (kayak whiskas dll). tapi ada skali2 baiknya kasih kucing makanan ‘kucing kampung’ kayak daging ayam+tulangnya, ikan (ati2 ketulangan, kalo kucingnya ga baisa maka ia akan mudah ketulangan tulang ikan). Karena Mia suka kasian aja liat kucing mia makan whiskas yang berbentuk biskuit itu. kasian banget, liat hewan buas makan biskuit mulu hihihihi tapi kalo mau, kasih makanan kalengan yg berbentuk daging cincang, cuman harganya mahal dikit. Tapi lebih sehatnya ya makanan langsung yg kita masak (kayak ayam) daripada makanan kaleng, takut2 ada pengawetnya.

    asal jangan keseringan aja aksih makanan ‘biasa’ kalo ga mau kehilngan keindahan bulu kucingnya

  3. March 22nd, 2010 at 13:07 | #4

    soal perubahan sikap kucing yg menjadi lebih agresif ketika memakan ayam/tulang ayam yg kita aksih itu wajar. karena aslinya kucing adalah makhluk buas. dan udah nature nya makhluk buas menyukai aroma tulang/dagig dari mangsanya yg asli (kalo makanan kayak whiskas kan udah jadi biskuit). walau di didik sejinak mungkin, yg namanya hewan, akan muncul naluri aslinya jika dipancing dg makanan yg merupakan buruan alaminya. asal jangan pernah kasih ayam mentah atau tulang dari ayam mentah, ntar ayam peliharaan tetangga bsia di embat ma dianya karena udah tau bau asli mangsanya (kalo dimasak kan bau darah ayam ga kecium lagi kyk bau ayam mentah)

    • aprillins
      March 22nd, 2010 at 15:35 | #5

      wah miaaa terima kasih banyakk yahhhh!! saran dan penjelasan dari mia saya terima dengan sangat amat baik dan akan dicamkan secara benar-benar..! Mantab deh penjelasannya sangat amat membantu banget!! ehehe :cool:

      kalau makanan kalengan itu gapapa yah? mana yang lebih baik yah antara ayam goreng / ayam rebus dengan makanan kaleng.. :?:

      Terima kasih suhu mi! hehe

  4. March 22nd, 2010 at 15:30 | #6

    hahahaha. kucing aku elite loh kadang maunya makanan khusus kucing gitu. tapi bukannya yang ngaruh sama bulu kucing itu shamponya ya #halah. hihiii. tapi bisa jadi loh, bukannya makin kesini apapun bisa terjadi ckckk.

    • aprillins
      March 22nd, 2010 at 15:45 | #7

      wew.. kucing elite.. jangan2 suka korupsi juga kayak oknum pejabat.. heuehue :cool: tapi bagi kucing kayaknya enakan ayam goreng atau daging rebus deh.. heheheh kan lebih kenyal dan enak.. manusia aja sukanya daging daripada cat food hueheuehue

  5. March 24th, 2010 at 04:16 | #8

    ane kurang paham ma kucing gan :lol:

    • aprillins
      March 24th, 2010 at 10:47 | #9

      hehehe ga papa gan.. :cool:

  6. March 25th, 2010 at 12:18 | #10

    meeoooowww….

  7. ciachu
    July 15th, 2010 at 09:02 | #11

    tp bukanny goreng2an g baik bwt kucing y? Ada zat2 tertentu yg g bisa mrk cerna dr minyak yg sdh dgoreng..kyny lbh baik yg rebus2an gt

  8. oby
    July 25th, 2010 at 19:03 | #12

    mohon bantuan y..
    gw kan bru belajar melihara kucing tapi kucing gw gag mau gw ksh makan whiskas..?

    dia mau makan-makan yg alami ja..
    da’ pengaruh’a gag sih..?

    • July 25th, 2010 at 22:40 | #13

      berarti dia minta makanan yang beraroma. Cuma dikasih Science Diet yang tuna atau Royal Canin yang kitten, baunya tuh enak banget. Kalo dikasih ayam juga gapapa tapi harus rebus dulu. Kalo ngga coba kasih aja dulu yang whiskas yang basah. :cool:

  9. ayu
    August 9th, 2010 at 13:59 | #14

    sekedar mau berbagi pengalaman, mknan basah itu(Kaleng,dll) bisa menimbulkan karang digigi n buat mau mulut kucing jg :mrgreen: , selain itu jg kadang buat mencret (pup nya bsh), klo yg kering ato yg berbetuk krupuk/biskuit bisa langsung dikunyah dan tanpa meninggalkan bau mulut, kata dokter hewan aq sih boleh pake maknan kaleng/basah tapi min 1minggu skali itu pun jgn terlalu byk, hanya utk biar kucing gk bosan,, buat makanan keringnya biar bulu gk rontok n gk buat rontok kantong jg, aq pake 2 merk royal canin sama supercat, jd selang seling biar kucing gk bosen trs kebuthan gizi nya pun terpenuhi, alhasil kucing aq skrg gemuk bgt, msh kitten tp bdn udh kaya 2thn,

  10. ayu
    August 9th, 2010 at 14:04 | #15

    buat solusi bulu rontoknya , coba beli minyak khusus pelebat bulu n mengkilap di petshop trs di olesin sesudah mandi(tergantung maunya)biasanya ada yg berbetuk kapsul(kaya vit rambut buat org) ada jg berbentuk botol,, ato klo gk bisa pake minyak zaitun jg ,,
    buat perbandingan atau mau lihat hasil bisa diliahat dech koleksi kucing aq di fb aq amore_in_here@yahoo.com hehhehe :razz: :razz: :razz: :razz: :razz: :razz:

  11. November 21st, 2010 at 07:13 | #18

    sy dlu punya maslah demikian gan….kucing saya dulu diberi proplane dan whiskas …malah jadi aneh tuuh bulu kucing ane gan jadi bule,dan kriting2
    tp sesudah sya konfirmasi dg dokter hewan,
    dan mendapat jawabn masalah bulu kucing menjadi bule dan kriting…
    kasih saja pakannya mera cat di mix dg Royal canin dan kjangan lupa gan beri juga Vita boster yg berbentuk gel maupun cair…
    tinggal pilih gan biasanya yg cair lebih mahal harganya tetapi lebih aweet bisa smpa 2 -3 bulan tp klo yg gel hanya 1 bulan…
    harganya yg gel cuma Rp 75.000,00 klo yg cair Rp 175.000,00
    kasih aja setiap hari klo yg cair 10 ml klo yg gel 3 butir sehari gan…..

    pasti bulu kucing kembali normal dan bagus kembali seperti peaknose dan meouncunne saya gan….
    selamat mencoba ….

  12. zee
    April 7th, 2011 at 15:29 | #19

    aku (dgn kucing2ku) juga punya pengalaman nggak begitu bagus sama wishkas. Mereka nafsu makannya gak begitu besar dan bulu rontok… terus, aku ganti ke My Dear Cat. Nafsu makan oke, bulu jadi halus, tapi salah satu kucingku bulunya rontok..huhuhuu….
    aku mau ganti atau mix makanan mereka sama makanan kucing merk lain. Meracat bagus nggak sih untuk bulu kucing? Atau langsung ganti ke royal canin? Royal canin yg untuk Hair and Skin bukan?
    mohon pencerahannya, saudara-saudara…. T_T

  13. adit
    April 28th, 2011 at 19:49 | #20

    kucingku (anggora) dikasi wishkas yg daging sachet makan ny byk,tp kadang2 liat kucing ku satunya (kucing kampung) makan ikan mentah ikut2an jg..
    jd ny bulunya rontok,trus bdn nya jd gatel sring dgaruk2in jd ny kya terkelupas gt kulitnya..

    jd gimana baiknya?
    mohon sarannya..
    apa emang ga boleh y anggora mkn ikan mentah?

    • April 28th, 2011 at 23:43 | #21

      gak boleehhh.. apalagi ikan asin atau ikan tombro.. jangan deh.. jangan makan ikan mentah kalo angora atau yang berbulu bulu gitu ntar rontok, tapi gak tau darimana segi ilmiahnya. Nanti balik ndiri kok, tapi kalo pengen cepet kasih aja royal canin

      • adit
        April 29th, 2011 at 19:47 | #22

        makasih infonya ya..
        ;-)

        duuuh pantesan bulunya pada rontok trus kya ny gatel,jd d garukin trus mpe terkelupas kulitnya,,
        :sad:

        royal canin itu makanan ny yg ky wishkas itu kan y?

      • April 30th, 2011 at 02:34 | #23

        hati2.. juga kalau bulu rontok n digarukin itu juga bisa disebabkan oleh jamur. sebaiknya dilihat dulu sebabnya, kalau diganti makanan dia jadi ga gatal2 lagi berarti habis soal. tapi kalau udah diganti tp masih gatal terus ya takutnya jamur.

        oh iya, royal canin itu mirip2 whiskas cuma harganya agak lebih mahal, baunya lebih enak dari whiskas tapi rasanya gak enak *bagi manusia* soalnya saya pernah coba.. hehehe.. kalo pake royal canin biasanya bulunya tambah lebat n bersinar..

  14. Lna
    July 31st, 2011 at 08:24 | #24

    Hi..kasih solusi dunk..kucing angora Q knp tiba2 jd jrang pup trz rontoknya lm2 mkin parah,kyk ad pitak gt trz skr mlah nular, dileher, dipinggang. kyk botak gt, kira2 dy bgtu krn ap y?soalna nafsu mkn, cat foodnya rutin ak ksi,,

  15. hari
    September 1st, 2011 at 16:04 | #25

    sama permasalahannya ma kucing aku (masih 2 bulan).. bulunya rontok, kriting n jadi bule warnanya.. malah udah aku ganti makanannya royal canin u/ dibawah 4 bulan malah ga nafsu makan.. maunya minum terus.. ada apa gerang??
    malah yang satunya (sama2 umur 2 bulan) makannya kenceng n bulunya bagus n montok pula..
    Mohon bantuannya bila ada solusi yang terbaik…
    Thx All Infonya…

  16. November 29th, 2011 at 00:01 | #26

    @ ayu
    apa gak ada efek sampingnya? soalnya kucingku dah 1 bulan ni ga aku kasih vitamin bwt bulu kok jd rontok-rontok bulunya… :-(

  17. Dhyna reziztant
    December 27th, 2011 at 12:27 | #27

    Maaf agan2 mau tanya, kucing klo dkasih pindang tuh, bulunya rontok yah ?

  18. evan nino
    February 3rd, 2012 at 14:30 | #28

    kucing aku emang beda dari punya org” yang punya kucing dgn harga yang WAH…aku cuma punya kucing kampung,dg warna kuning” orange gtu,tappi yang aneh nya itu bulunya jdi lebat dan badan nya gemuk banget,,,perwtan nya pun sma kya kucing persia+anggora,makanan nya juga mau nya wishkas ikan tuna+ikan putih mulu,,,,
    Bdan nya gemuk n sehat,,,,mpe skrg,,,aku ksih nama garfield,,,,krjaan nya tdur,makan,itu” aja,,,

  19. June 10th, 2012 at 05:40 | #29

    wah, asik nih forum to crita kucing. kucing ana jg makan ayam kecil. mungkin diliatnya lucu n imut kali ya. trus dicobain, karna enak….ketagihan dech. tp skrg dah dikandang tuh kucing. kasian sih tp mau gmn lg, dia smangat liat ayam seksi (ayam ga pake baju).he
    gmn ya bikin kucing biar ga hamil? coz kucing ana tuh banyak yg cewe. dah diberi obat KB sih, to mnanggulangi khamilan.
    atas saran n info nya, tks ….

  20. GERY
    July 18th, 2012 at 19:11 | #30

    aneh mnta saran, kucingku abis kna cacing setelah diobati slama 4hari, dia pupnya ada cacingnya. dia gag mau makan cman mau minum, dan gag pup selama 2 hari. trus aq cba beli makanan kaleng . ehh kyak kucing gag makan setahun. tpi anehnya kucing ku sebelumnya bulunya keriting yg bawah, hanya dalam jangka 3hri bulu yg kriting berkurang. jeleknya blux rontok, tp gag rontok parah hanya normal rontoknya tp gag mau minum knp?, yg satunya kucingku hamil dia sebelumx makan royal canin atau meo namun skarang cman aq ksh meo. cos whiskas ama friskas dia gag selera, sekarang ia kna jamur udah aku bri obat semprot ama shampo anti jamur. jamurx ilang. eh 7 hri kemudian balik lagi jamurx. knp yah.
    pdhal kandang bersih dan udara gag panaz . malah tetangga ku dijemur tu kucingq sekarang aku udah tiru. tapi jamurnya gag tuntas2.

  21. ian
    October 21st, 2012 at 17:08 | #31

    kalo aku nyari kucing yg bisa ngasih mkn w… klo ada hub yaaaaa ^^

  22. Ellen
    October 24th, 2012 at 15:54 | #32

    Aq punya 3 kucing,yg 1 umur 8 bulan yg 2 umur 3 bulan….
    Smw nya Persia..
    Makannya aq kasih pindang am nasi dia lahap banget,kadang2 juga aq kasih cereal am makanan kaleng..
    Minumnya susu Aq beli di pet Shop malah diare…..
    Knpa ya???
    Terus kalo makan pindang am nasi tuch bagus gk ya…..

  23. Risha
    December 6th, 2012 at 16:50 | #33

    Klo gw sih nasi campur sama ikan yang biasa dibeli di tukang sayur aja…ga masalah sih, udah lama makan nasi+ikan diblend (dicampur bukan diblender), sehat-sehat aja…sekarang udah punya anak…anaknya juga rencananya mau dikasih resep sama kaya mom-nya…semoga sehat dan gemuk…it’s actually natural food and safe from those dangerous chemical that we don’t know… :)

  24. TIO
    December 17th, 2012 at 16:46 | #34

    saya mempunyai kucing kampung dan saya mandikan sebulan sekali dengan dikasih makan setiap hari (2x) dengan IKAN CUE DAN DENGAN HATI AYAM DIREBUS
    dan apabila dia ikut ke warung dia juga suka dikasih kepala ayam mentah AND HASILNYA ( BIAR KUCING KAMPUNG TAPI BULUNYA BAGUS DAN TIDAK RONTOK ,TIDAK PIRANG ALIAS BULE,SELERA MAKAN TINGGI,DAN BADAN NYA BAHENOL BOOO

  25. TIO
    December 17th, 2012 at 16:58 | #35

    SAMBUNGAN BIARPUN SAYA ORANG KAMPUNG SAYA TIDAK MEMBERI MAKAN KUCING SAYA DENGAN MAKANAN KALENG KARENA BIARPUN MAKANAN TERSEBUT VITAMIN YANG TINGGI TETAPI DALAM MAKANAN ITU TERDAPAT BANYAK PENGAWET DAN ZAT TAMBAHAN MAKANAN ITU DAPAT BERBAHAYA BAGI KUCING

  26. avitaayu
    January 3rd, 2013 at 06:23 | #36

    Mau share aja bantu pertanyaan diatas..
    Aku jg cat lover. Pus ku namanya miu cewek masih 9bln. Utk makanan keringnya dulu waktu sm peternaknya dikasih eurka, kata tante ku yg vet disuruh ganti yg bagus. Alhasil beralih pakai proplan kitten, hasilnya bagus gemuk bulunya lebat juga, secara yaa efek proplan kan memang terkenal utk menggemukkan.
    2bulan terakhir proplan nya ku mix biar miu merasakan yg lain jg, kadang sama RC persian 32 kadang nutrisource dan kemarin sama meo kitten so far so good sih..
    Kalo mau ganti makan jangan lupa takarannya jgn langsung diganti, mungkin pertama pus nya ngga mau tapi pasti mau kok..
    Kalo vitamin dulu suka pakai minyak ikan yg dijual pet shop (yg ky vitamin rambut manusia) itu sehari 1 aja, awalnya sih ga kelihatan tapi lama2 bulunya jg lebat dibarengi sm proplan tadi, miu ku kasih nutriplus gel 75rb utk napsu makan aja dikasihnya ky plototan odol ank kecil 3hari sekali jangan sering2.
    Tiap 3bulan sekali dikasih obat cacing, kalo miu cukup dikasih combantryn sirup yg 10rb di apotik itu ngasihnya 1cc aja..

  27. avitaayu
    January 3rd, 2013 at 06:31 | #37

    Oya lupa mengingat kucing hewan pemakan daging, seminggu sekali ku kasih makanan basah yg kaleng kadang seminggu 2 kali karna kalo sering2 memang ga bagus utk gigi kucing..
    Vitamin nya tadi bisa jg kok dikasih sirup scott emulsion..

  28. arif kurniawan
    March 16th, 2013 at 21:51 | #38

    kucingku persia umurnya 4bln,gmn ini gan kok kucingku malah doyan makan nasi ma ikan,dr pada mkann kucing yg aq beli,
    jadi bulu kucing kurang bgitu bagus skrang gan,
    tolong dkasi solusinya gan.

  29. imma purnama
    April 21st, 2013 at 07:22 | #39

    hai, join dong di forum kucing ini.. kucing si mehong baru menginjak 3bulan nafsu makan dia baik sekali, setiap saya kasih makan selalu habis bahkan minta nambah, tp dia terkena jamur, bulunya rontok. saya khawatir terhadap bulunya, kira-kira dikasih vitamin apa yah supaya bulunya tumbuh kembali normal lg. saat ini saya hanya memberikan dia dry food dr ploplan, apa itu bagus? terimakasih yaah ;)

  30. elfandy
    April 30th, 2013 at 21:21 | #40

    Kalau kucing jamuran dikasih obat jamur bentuknya kapsul dan salep beli di petshop, tapi bisa juga pakai alkohol dikit saja dioleskan pada kulit yg terkena jamur. Jangan lupa kucingnya dijemur tiap pagi minimal 10menit.
    Untuk bulu agar bagus coba dikasih minyak ikan setiap hari bisa 2 butir/hari untuk dewasa, scott’s emulsion seminggu sekali 1/2 sdt. :)

  31. fariz faizal
    May 6th, 2013 at 00:56 | #41

    bagus kok proplan.itu trmasuk premium cat food.emg awal pake proplan agak mencret krn kandungan protein tinggi.hal itu disiasati dgn di mix dg mknan lama slma bebrapa hari. awal 30%, kmudian 50%, slnjutny 75% dan kmudian gnti total.

  32. mimil
    June 5th, 2013 at 01:06 | #42

    kucingku bulunya gondrong, kucing mix. Ku ksh kepala ayam sm nasi+ikan, ya lumayan,, mreka lincah, sehat, walaupun ga smua hal keurus tp lumayan, aq udh berusaha merawat mreka sbisaku :)

  33. Raka
    July 21st, 2014 at 08:41 | #43

    Gan…merk makanan kucing yg paling bagus buat kucing yg lagi menyusui apaya.?..t

  34. Vincentius Kinardi
    August 21st, 2014 at 08:52 | #44

    ian :
    kalo aku nyari kucing yg bisa ngasih mkn w… klo ada hub yaaaaa ^^

    Saya vincent punya kucing himalayan putih antik.matanya satu biru satu kuning.bulu putih semua doyan whiskas.harga beli 800ribu.pin bb sy 75EAC193.lokasi harapan jaya bekasi.

  35. Vincentius Kinardi
    August 21st, 2014 at 08:56 | #45

    Kepada ian yg lagi nyari kucing yg doyan whiskas silahkan hub saya vincent di pin bb atau di 021,8866868 (home).bekasi harapan jaya.

  36. Vincentius Kinardi
    August 21st, 2014 at 09:01 | #46

    Kucingnya betinabumur 6 bulan.doyan banget Whiskas.

  37. bagas
    September 5th, 2014 at 13:19 | #47

    Apakah baik minyak ikan dioleskan ke bulu kucing? Share ya yang tau

    • October 8th, 2014 at 22:49 | #48

      menurutku sih gak perlu.. nanti malah lengket.. gunanya minyak ikan diolesin itu biar kucingnya jilat2 aja sih..

  38. louvre
    September 11th, 2014 at 03:47 | #49

    Hmm buat kucing menyusui ? Whiskas sih setau saia kalau boleh di tambah suplement dari dokter kasih juga atau mungkin campurin juga lah beberapa sendok makanan kitten biar gizi buat anak nya masuk ke air susu

  39. Mutiaameliyagebisca
    September 15th, 2014 at 09:46 | #50

    cara memanjangkan bulu kucing biar lebat dan halus gimana ya sit kasih info dong

    • October 8th, 2014 at 22:48 | #51

      Kalau manjangin bulu kucing itu gak bisa panjang bener. paling cuma nambah beberapa mili aja. Tapi kalo biar lebat n halus makanannya harus protein yang bagus. banyak kok cat food gitu yang mengandung banyak protein. Tapi hati2 kalo ngasih kebanyakan protein nanti kucingnya bisa sakit ginjal n mati deh..

Silakan Beri Komentar