Keterampilan: Hambatan dan Sukses dalam Meniti Karir

wanita karirTerkadang kita menganggap semua  keterampilan dapat menyukseskan karier. Namun ternyata ada keterampilan yang bisa menghambat karier. Misalkan kamu mempunyai keterampilan multitask, atau mengerjakan aktivitas beberapa sekaligus yang pada kenyatannya multitask kurang efektif. Misalkan, mendengarkan conference call, membalas pesan email sambil menyusun update tugas. Kemampuan multitask akan mempengaruhi kualitas pekerjaan dan kemungkinan akan menghabiskan waktu banyak, kemungkinan besar kamu akan sangat menderita.

Untuk sebagian orang yang profesional, manghabiskan waktu untuk jam kerja merupakan tanda pangkat dan tanda keefektifan, namun jam kerja panjang belum tentu menentukan produktivitas. Di satu sisi, diperlukan kerja melebihi jam kerja, namun jika terjadi kebiasaan, bisa menandakan kamu tak bisa memprioritaskan tugas-tugas atau tak bisa bekerja secara efisien. Perlu juga optimis unttuk bisa menyelesaikan semua tugas, namun juga harus realistis.

Kemampuan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi sangat penting. Untuk membangun jaringan dan membangun kinerja secara kelompok. Namun jangan sekali-sekali mencuri prestasi atau ide orang lain, karena akan menambah kesuksesan membangun kebencian.

Sebuah keramahan dapat membantumu membangun persahabatan dan lingkungan yang lebih positif. Memangnya enak bekerja dengan muka cemberut dan jutek. Selain tidak enak untuk diri sendiri, juga akan mengganggu teman kerja.

Keterampilan dalam menulis juga sangat diperlukan untuk memperjelas pesan dalam tulisan, komunikasi tertulis yang tersusun baik akan membuatmu tampak berbeda dari yang lainnya. Untuk terus menerus dapat meningkatkan keterampilan, jangan pernah berhenti meng-update keterampilan, karena akan teru menerus dipakai disaat ini dan dimasa depan.

Bersikaplah bijak dan diplomasi bisa membantu mencairkan situasi tegang, menyelesaikan konflik sebelum membesar, dan memastikan tugas selesai cepat. Atasan atau kolega kerjamu akan menghargai semua sifat ini, meskipun tidak terkait langsung dengan sukses profesional. Mengembangkan keterampilan dapat membantumu tampak beda dan maju dalam karier.

Tags: , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

Belum ada tanggapan untuk “Keterampilan: Hambatan dan Sukses dalam Meniti Karir”

Silakan Beri Komentar