Menjadi Pendengar yang Baik

menyelesaikan konflikSaat kita merasa sedih, putus, asa atau mengadapi jalan buntu, yang kita perlukan kadang hanya orang yang mau mendengarkan. Dengan hanya  mendengarkan dengan sepenuh hati, tanpa menilai atau mengadili, kita bisa membantu orang-orang terdekat, sahabat atau rekan yang sedang susah. Kamu mungkin pernah mengalami, sesudah cerita kepada sahabat atau keluarga terdekat, kamu akan merasa lega. Seringkali ditutup dengan rasa terima kasih karena dia mau mendengarkan.

Menjadi pendengar yang baik sangat penting untuk menguatkan hubungan, menyelesaikan konflik, dan membantu orang-orang yang sedang mengalami krisis. Biarkan kerabat mengeluarkan rasa takut, frustasi, dan perasaan-perasaan lainnya. Pertahankan kontak mata dengan mereka dan tujukkan kamu tertarik dengan apa yang mereka ceritakan. Tanyakan juga tentang perasaan-perasaan yang dirasakan agar mereka bisa meluapkan emosi secara baik dan mungkin lebih bisa membantu dibanding hanya fokus pada fakta dari situasi mereka. Hanya fokus pada mereka sampai mereka merasa lebih baik, karena mereka akan menghargai perhatian yang fokus itu dan membantu mereka merasa benar-benar diperhatikan dan dimengerti.

Weits, jangan beri saran diawal, karena bisa memangkas eksplorasi perasaan labih jauh. Tunggu sampai mereka mengeluarkan semua perasaan mereka dan lalu bantu mereka memikirkan solusinya. Pada umumnya, kita ingin langsung memberikan saran dan menyelesaikan masalah mereka. Jika tidak diminta jangan beri saran. Kamu memang berniat membantu, tapi yang baik untuk kamu belum tentu baik untuk mereka bukan? Jika mereka tidak minta saran, kemungkinan mereka hanya ingin merasa dimengerti dan didengarkan, dan mereka bisa mencari solusi mereka sendiri.

Mendengarkan perasaan-perasaan mungkin menakutkan. Kamu mungkin merasa tidak berdaya saat kerabat atau sahabat menceritakan perasaan sedihnya. Tetapi memberikan telinga yang mendengarkan dan duduk ditempat nyaman adalah bantuan terbaik yang bisa kamu lakukan. Begitu perasaan-perasaan disalurkan, solusi akan muncul dengan sendirinya.

Tags: , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

Belum ada tanggapan untuk “Menjadi Pendengar yang Baik”

Silakan Beri Komentar