Cara Menguatkan Ingatan Agar Tidak Cepat Lupa ala Dr Perlmutter

Sial!! Aku lupa PIN kartu ATM, dan .. diblokirlah kartu ATM-ku. Aku merasa aku sudah sangat hafal dengan PIN yang hanya enam digit angka. Namun entah kenapa, amnesia sesaat mendera. Lupa alias tak ingat a.k.a blank. Ingatanku sepertinya harus ditata ulang.

otak manusiaDidalam buku The Better Brain Brook, terdapat beberapa nutrient yang menguatkan ingatan yang dikandung oleh bayam ( salah satunya ), karena bayam kaya folic acid, yaitu nutrient yang bisa melindungi otak dari kerusakan stres oksidatif. Makanlah 1 cup sehari, sekiranya cukup untuk menambal ingatanmu. Kembang kol juga meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak karena sayuran garing ini kaya citicoline. Sumber citicoline lainnya antara lain tahu, ikan, dan kacang tanah.

Dengan sedikit perubahan gaya hidup kita dapat menguatkan ingatan dan mengembalikan yang hilang. Berpikir positif juga penting, sebuah studi menemukan, para orang lanjut usia yang tidak percaya dengan pikiran negatif – kehilangan ingatan adalah proses alamiah dari penuaan- mendapat hasil tes ingatan yang lebih baik dibanding yang percaya. Tidur sebentar ketika info masih segar dalam ingatan membantu mempercepat konsolidasi ingatan yang diperlukan.

Menurut Dr. Perlmutter dan Shawn M. Talbot, PhD untuk mengingat info secara lebih mudah dengan cara membaui rosemary, mengerjakan sesuatu dengan mata, dan mengunyah permen karet. Menghirup aroma rosemary memicu mengingat dengan lebih baik, meningkatkan ingatan kata dan gambar. Orang yang mengunyah permen karet selama proses tes ingatan mendapat skor lebih baik dibanding yang tidak, karena mengunyah dapat meningkatkan denyut jantung dan mengirim banyak oksigen ke otak.

Uhm, jadi apa yang harus kubeli untuk menguatkan ingatanku? Bayam, kembang kol, permen karet. Sepertinya mengerjakan sesuatu dengan mata lebih menarik. Jadi kesimpulannya adalah, aku akan belanja di Mall sekalian cuci mata, sekalian beli bahan penguat ingatan. Ahyey!!

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

21 tanggapan untuk “Cara Menguatkan Ingatan Agar Tidak Cepat Lupa ala Dr Perlmutter”

  1. kitaooji
    May 3rd, 2011 at 18:55 | #1

    😥 semoga ini dapat membantu ku yang cepat lupa

  2. riska
    June 1st, 2011 at 07:48 | #2

    like dehh..
    tp jangan boros2 blanjanya ya ukh..

  3. bening46
    July 23rd, 2011 at 07:44 | #3

    iya deh makacih….gwe trmsk org pelupa , akan ku coba kiat 2 ini … tapi kalo utang knp inget terus ya…

  4. Also
    July 28th, 2011 at 11:09 | #4

    Cpt lupa ad pengaruh gk dgn benturan dikepala

    • July 30th, 2011 at 00:49 | #5

      sepertinya ada kalau misalnya benturannya menyebabkan pendarahan di otak. Tapi kalau kejedot benjol kayaknya jarang deh..

  5. Maria
    July 30th, 2011 at 16:00 | #6

    hai salam kenal, kucingku namanya tuksedo, ngalamin masalah di ginjal, 21 hari dirawat inap oleh dokter, krn pendarahan sehingga hrs diinfus, beratnya yg tadinya 3,4 kilo jd tinggal 2 kg aja.
    Skrg dia uda blh dirawat drmh.
    Cuman blm bs duduk hanya berbaring aja..
    Karena ga mampu duduk, ada luka2 lecet pd tubuhnya. Sama seperti manusia yg sakit keras atau koma,,punggungnya akan luka2 korengan.

    Kt dokter, tuksedo hebat bs brtahan hidup melewati fase-fase pendarahan itu.
    Aku brsyukur sekali.
    Hanya saja skrg aku merasa bingung krn trnyata sulit sekali merawatnya drmh,, krn gak tega jg pd luka-lukanya..,
    Dr awal sakit sampai bener2 sembuh, butuh waktu brp lama si ita?
    Mohon doanya ya utk kucingku..
    Smoga bs sehat kembali seperti ita.

  6. fadiel
    September 4th, 2011 at 16:33 | #7

    mudah – mudahan aku ga cepet lupa lagi ,,,, amienn 😐

  7. Ade
    September 10th, 2011 at 19:36 | #8

    makasih bnyak ya,, saya akan praktekan,, semoga aja berhasil

  8. ipoet
    September 11th, 2011 at 21:04 | #9

    aku baru 16 thn tp dh pelupa….
    hehee.. kta nya si kebanyakan mikir…..
    gmana tuh……

  9. retno
    September 24th, 2011 at 18:50 | #10

    P4 BneR NyunY4h P3rMEn kaR3t Bis4 ny3MBuhiN IL4ng Ingat4n Ya.?>>>>>>>>>>>……………………

  10. retno
    September 24th, 2011 at 18:51 | #11

    fadiel :mudah – mudahan aku ga cepet lupa lagi ,,,, amienn

  11. wawan
    October 7th, 2011 at 08:56 | #12

    wah…, bagus sekali terapi nya. ntar aku coba! terimakasih.

  12. Yoga
    October 8th, 2011 at 19:38 | #13

    @ Maria
    Wa.. Semoga cepat cepat sembuh dah tuh kucing… Kasian :3

    ayoo aku harus bisa mengingat apa lgi ad pelajaran yang harus mengingat..

  13. sissi
    October 16th, 2011 at 07:24 | #14

    Aq parah bgt pelupanya,masa sud beli belanjaan lupa ga dibawa, ketinggalan melulu,pelupa dan pemborosan pula. Cobain ah ngunyah permen karet siapa tau berhasil

  14. October 20th, 2011 at 13:24 | #15

    waaaaw………..

    gimana ya cara biar hapal satu buku ?? hehehehe…

  15. A’AL
    November 19th, 2011 at 23:42 | #16

    iya ya… aku jga heran.. knapa kok aku bisa pelupa gini,
    kmaren aj dlm 3 hari hanepone ku ilang 2,, saking pelupanya isi kepalaku… tak bawa maen tapi ndak tak pulang…. apes tenan…,,,,

    yg aku hrane kalo inget2 masalah komisi usaha gak pernah ada yg lupa…
    hue.. hue..he.. he..

    tpi bneran siapa yg tahu obatnya… tak bayarin deh,,,”’

  16. December 2nd, 2011 at 12:58 | #17

    aku mudah lupa beberapa hari ini,,dalam waktu hanya 1 jam suka lupa.padahal belum lama.
    terutama pada saat bekerja..mudah sekali lupa tugas yang harusnya di kerjakan..
    nanti saya coba sering mengunyah permen karet dan sering makan bayam..
    thanks artikelnya.

  17. brema
    October 2nd, 2012 at 20:38 | #18

    iya akan ku coba karena q ada juga dkit lupanya gtu loh..
    maksinya infonya..
    dan
    semoga manfat bagi teman2 semua yang igin tau info ini…

  18. Vivi
    November 8th, 2012 at 15:15 | #19

    Thank’s yach…..z akn mncoba untuk mmprktekknx……alx z srng lupa poljrn

  19. miftah
    December 19th, 2012 at 09:23 | #20

    jangan pada kecewa dulu,dibalik kelupaan smua itu..pasti kita punya kelebihan,cma kita tdak thu kelebihan kita dimana…blum tentu orang pinter bisa sperti kita….hihi.,yg pnting jngan putus asa sob…!!!

  20. Noeroell
    February 26th, 2013 at 08:40 | #21

    I’m try,,,Ok

Silakan Beri Komentar