Cara Belajar Menggunakan Indera Keenam

mata hati dan indera keenamSejak lama diketahui, banyak tokoh atau orang terkenal dalam sejarah adalah anak yang intuitif atau punya indre ke-6. Dokumentasi dan cerita-cerita menunjukkan Thomas Edison, Albert Einstein, Leonardo da Vinci, Winston Churchill, dan Emily Dickinson semuanya anak intuitif yang menderita di masa kanak-kanak karena bakat mereka.

Sejarah membuktikan, intuisi memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Warren Buffet mulai investasi dalam bursa saham pada umur 11 tahun, sejak itu ia menjadi orang terkaya. Bagaimana dia bisa meraih hal ini? Conrad Hilton, hotelier terkemuka, menggunakan insting atau indera ke-6 saat memutuskan membangun hotel baru ditempat baru.

Apa itu sebenarnya insting atau indera ke-6? Penjelasan ilmiah susah dicari untuk menjelaskannya, intuisi atau indera ke-6 bukanlah sebuah kepercayaan, agama atau spiritual. Insting atau indera ke-6 muncul ketika perutmu merasa aneh atau kamu melihat sesuatu dalam pikiran yang kamu tak tahu persisnya bagaimana mempunyai pikiran itu. Bagi yang tak terbiasa menggunakannya akan terasa misterius, namun sesudah terbiasa menggunakannya akan menjadi bagian darimu.

Bagaimana cara menggunakan indera ke-6?

Ambil waktu untuk istirahat. Kunci pintu ruanganmu. Pejamkan mata. Jangan dengarkan musik. Jangan memikirkan sebuah masalah, cukup rileks saja. Lalu, mulai pikirkan situasi dimana kamu perlu pencerahan. Jangan berpikir rasional.  Hanya dengarkan suara instingmu. Dengarkan apa yang dikatakan hatimu. Lalu tuliskan semua emosi yang muncul dalam hubungannya dengan situasi itu. Lakukan selama 3-5 menit setiap hari dan dengan berjalannya waktu kamu akan merasakan intuisi menjadi lebih tajam.

Hari-hati dengan jebakan. Terkadang kita mudah mendengarkan apa yang ingin kita dengarkan. Kita harus jujur dengan diri sendiri dan mengakui bahwa intuisi tidak sinkron dengan kesimpulan bijaksana. Kamu harus memikirkan apa yang lebih penting atau bagaimana kamu mengkonsolidasi dua pandangan yang saling bertentangan.

Kadang kita harus membuat keputusan yang tidak kita sukai, walaupun  itu adalah keputusan dari suara hati. Dan sesungguhnya tak ada trik ajaib yang bisa membantu menjinakkan indera ke-6. Rileks dan sadari lingkungan sekitar kemudian bertindak. (Sumber: healing.about.com; insight2000.com)

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

7 tanggapan untuk “Cara Belajar Menggunakan Indera Keenam”

  1. iki
    May 28th, 2011 at 02:20 | #1

    thx mba buat tehnik nya. Sya akn cb tehnik ini.. Karena saya sering merasakan keluar perkataan yg secara tiba2. Yg ga jelas dan tidak terpikirkan sebelumnya. Entah knp pasti perkataan yg ad di dlm hati sya ini terulang oleh ucapan org lain, jg ditelevisi pun sya prnh beberapa kali merasakan hal yg sm. Misal saat saya nonton tv, dan timbulah perkataan didlm hati saya secara tiba2, yg ga jelas dr mna dtg nya. Lalu beberapa detik kemudian timbulah perkataan itu dr seorang pembaca berita maupun di acara si netron. Tp jarak timbulnya perkataan saya tersebut paling hanya 3 detik. Dan saya ga prnh tau/sadar akan timbulnya dmn perkataan saya akan terulang.. Mgkn tehnik yg mba share akn sya cb utk mengasah yg ad dlm diri sya.. Mdh2an bermanfaat.. Oiya mba, sya mau tanya. Bagaimana cara memfungsikan telepati?. Trima kasih.

  2. marcha
    August 17th, 2011 at 19:21 | #2

    iya.. Aku jg sm ky Iki.. Ga tau deh ky gtu cuman kbetulan atau ngga… Tp sering bgt kjadian ky gtu..

    Trus gni.. Aku ga tau sih ini cuman halusinasi aku aja atau gmn.. Kadang aku suka ngerasa ada sesuatu yg dket bgt sm aku & itu krasany di bag jidat aku (persis d tengah2), ky sinyalnya tuh krasa bgt d bagian itu.

    Ini aku emank lg cr artikel2 ttg indra k-6 krn aku pengen bs aktifin indra k-6 aku ini..

  3. September 15th, 2011 at 15:40 | #3

    waktu aq ret” tiba” ajh hujan, tp gk tw knp???
    ad suara yg ngmg dlm pikiran q klo hujan itu akn brenti jk aq ngmng….
    saat aq nlg hujan itu brenti, tiba” hujan itu brenti….

    ap ini hnya kebetuan aj,,???

  4. November 9th, 2011 at 17:20 | #4

    saya tidak pernah mendengar suara aneh, dan saya tidak pernah mendengar apa yang akan terjadi dari dalam hati saya, tapi saya ingin memiliki indra ke 6, supaya saya dapat membantu orang yang akan terkena masalah tau hal apa saja yang terjadi…..

    saya akan berusaha dan mengikuti apa saja yang tertera di atas, mungkin ini semua berhasil..

  5. @Lukman211
    November 10th, 2011 at 08:28 | #5

    Saya mau tny nie kakak-kakak skalian.Aku kadang suka berasa sda yg seperti ngawasin aku,terus aku juga juga ngerasa kaya di panggil tp pas saya cari orngnya gk ad yg manggil,cuman beberapa waktu kmudian ad yg datang..entah itu tamu maupun keluarga yg datang/orng lain jg.
    Telinga aku juga suka ada suara kaya angin kenceng nabrak telinga ngga sering2 sih.
    terus aku juga bisa membaca watak orng,tp mesti ngelihat langsung orng’a

    Kira-kira itu kenapa ya.?
    terima kasih sbelumnya,kalau ad yg tau jawabannya tolong kirimin pesan ke email aku lukman_hakim211@yahoo.com

  6. ,Mega sajjja
    February 16th, 2012 at 15:10 | #6

    iyya kalok saaya bngung ,, knapa di setiap saya jatuh sakit . saya selalu di datengin laki2 berbaju hitam dan berambut panjang .. ,,
    dan mengapa setiap sayaa melamun .. difikiran saya tersirat kejadian2 aneh yg belum saya lihat .
    tetapi 2/3 minggu .. akan terjaadi kejadian sama persis yg saya tiba2 lamunkan ..
    dan ada suatu ucapan lewat mimpi seperti ada yg berbisik ,, seperti suara orang tetapi samar2 ..
    saya juga bingung sebenarnya ada apa //
    semua oraang ddekat saya. saya ceritain pda gak percaya bisa beri
    TANGGAPAN /??????????????????

  7. October 16th, 2012 at 05:50 | #7

    sya pernah mengalami hal aneh mba…
    saya pas lgi maen sma kwan” tuh
    sya di panggil sma suara yg tdk tw dri mna asalnya

Silakan Beri Komentar