Bawang Putih: Bumbu Berkhasiat nan Dahsyat

gambar bawang putihBawang putih tak hanya membuat masakan menjadi lezat, tetapi juga mengandung banyak zat berkhasiat dahsyat. Dari Bahasa Inggris Kuno bawang putih disebut garleac (garlic). Bawang putih (allium sativum) termasuk keluarga lily (Liliaceae) dan sepupu dari bawang bombay, bawang merah, chives, bawang perai. Diseluruh dunia terdapat lebih dari 300 jenis bawang putih.

Bawang putih sudah digunakan lebih dari 6000 tahun di Asia Tengah dan sejak lama sudah digunakan di Mediterania, Afrika, Eropa. Mungkin setelah ditemukan khasiatnya, kemudian bawang putih diangkat kedalam cerita-cerita mitos di kalangan sosial masyarakat.

Sejatinya karena bawang putih mengandung banyak senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan. Antara lain vitamin A dan C, potassium, phosphorus, sulfur (terdiri dari 75 jenis senyawa sulfur) dan sejumlah asam mino. Saat ini yang paling banyak menarik perhatian adalah sulfur yang mengandung senyawa S-ally cysteine (SAC), allicin, alliin dan diallyl polysulfides. Komponen aktif lainnya yang juga sudah diteliti adalah ajoene (dihasilkan dari perpaduan allicin dan diallyl disulfidel). Sampai sejauh ini, sudah dilakukan berbagai studi yang fokus pada khasiat kesehatan dari bawang putih, terutama khasiat anti penggumpalan darah, penurunan lemak, pembasmi tumor, dan anrimikroba. Berikut beberapa khasiat bawang putih:

  • Mencegah penggumpalan darah, penggumpalan darah yang menyumbat arteri adalah salah satu benyebab serangan jantung atau stroke
  • Menurunkan kolesterol, trigliserida tinggi, kadar LDL, meningkatkan kadar kolesterol baik.
  • Mencegah kanker, sebagai contoh, resiko kanker perut 13 kali lebih rendah pada orang-orang Cina yang mengkonsumsi 20 gram bawang putih per hari, dibanding ornag –orang yang mengkonsumsi kurang dari 1 gram per hari. Dalam Iowa Woman’s Health Study yang menelusuri perempuan pasca menopause, subyek yang makan bawang putih lebih dari 1 kali seminggu mengalami penurunan kanker kolon.
  • Selama Perang Dunia I, bawang putih digunakan untuk mengobati typhus dan disentri dan untuk membersihkan luka. Riset terkini menemukan bahwa bawang putih memang mempunyai senyawa-senyawa antimikroba. Tampaknya bawang putih menghambat aksi dari enzim tertentu yang membantu mikroba menginfeksi dan bertahan hidup di dalam jaringan-jaringan, bawang putih tampak sebagai antibiotik yang menjanjikan.

Untuk menambahkan khasiat kesehatan dari bawang putih, jangan lupa tambahkan bawang putih segar kedalam masakan. Yuk, mari!!

Tags: , , , , , , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

2 tanggapan untuk “Bawang Putih: Bumbu Berkhasiat nan Dahsyat”

  1. omndutz
    April 2nd, 2011 at 22:59 | #1

    tambahan : bawang putih jg bisa ngusir dracula n vampir .. hehehe .. kidding 😆

  2. nayma
    December 30th, 2013 at 23:23 | #2

    Bawang pth jg bs untuk awet muda loh

Silakan Beri Komentar