Cara Memilih Kacamata Surya Sesuai Gaya Hidup

Kacamata surya –sunglasses– bukan hanya melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet yang merusak penglihatan, tetapi juga bisa membantu beraktivitas lebih lama di luar ruangan. Menurut optometris, kacamata surya menguatkan penglihatan untuk meningkatkan kinerja sambil memberikan perlindungan yang diperlukan mata.

kacamata hitam

Lensa Polarized

Jika kamu sering berada mobile, pilihlah lensa polarized yang berwarna abu-abu. Karena kacamata berlensa polarized dapat memfilter pantulan cahaya dari permukaan yang horizontal sehingga membantu mencegah silau yang mengganggu penglihatan. Warna abu-abu mengurangi jumlah cahaya yang bisa menembus ke mata tanpa mengubah warna di sekelilingmu. Kacamata ini juga membantu aktivitas rekreasional seperti berperahu, bersepeda dan jalan kaki karena kamu dapat senantiasa mendeteksi perubahan warna yang hampir tidak kentara, seperti cahaya lampu rem yang datang dengan akurasi total.

Lensa warna kontras

Pakailah lensa berwarna kontras (misalkan warna merah jambu) jika kamu sering berada di padang rumput atau berkebun. Lensa berwarna merah jambu selain menguatkan kontras antara warna rerumputan juga dapat membuat lebih optimis. Warna merah jambu mengeluarkan warna putih dan warna hangat, karena hijau adalah warna dingin, sehingga kacamata berwarna merah jambu dapat membuat segala sesuatu yang lain tampak jelas dan fokus didaerah kehijauan.

Lensa warna hangat

Kacamata dengan lensa berwarna hangat seperi oranye dan kuning dapat memfilter cahaya biru yang menyebabkan silau dan kabut. Hasilnya, meningkatkan visibilitas dalam kondisi cahaya rendah seperti di tempat-tempat hiking, seperti hutan, tempat main tenis pada sore hari. Lensa-lensa warna sitrus juga akan membantumu melihat secara lebih jelas saat cuaca mendung.

Tags: , , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

Satu tanggapan untuk “Cara Memilih Kacamata Surya Sesuai Gaya Hidup”

  1. achmad ms
    July 13th, 2011 at 11:11 | #1

    saya suka model kaca mata surya,ada ngak lensa yg warna hitam..?

Silakan Beri Komentar