11 Penyebab dan Solusi Masalah Kesehatan

solusi kesehatanTubuh kita mengingatkan atau memberitahu tentang kondisi tertentu dengan berbagai tanda. Rasa sakit atau nyeri misalnya, mengandung makna tertentu. Berikut, pertanda beberapa kondisi umum dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Sendi Berbunyi

Kemungkinan besar penyebab:

Cairan disekitar sendi mengandung sejumlah gas, antara lain oksigen dan nitrogen. Menggerakkan sendi membuat sendi meregang, yang lalu secara cepat melepaskan gelembung-gelembung gas yang lalu pecah atau berbunyi. Bunyi gertakan tersebeut bisa disebabkan tendon menggesek tulang.

Kemungkinan kecil penyebab:

Jika merasa sakit setiap kali sendi berbunyi, kemungkinan menandakan masalah sendi atau tulang rawan, seperti  arthritis.

Solusi:

Jika sendi bunyi tidak menyakitkan, jangan cemas. Jika sakit atau bengkak, atau sendi tampak merah atau gerakan jadi terbatas, periksakan ke dokter untuk menemukan penyebabnya.

Tangan Dingin

Kemungkinan besar penyebab:

Stress yang akut dapat mempercepat sistem syaraf, menyebabkan pembuluh darah mengerut dan karena itu menghambat sirkulasi ke tangan. Selain itu, sebagian orang punya sirkulasi yang lebih lambat dibanding yang lainnya.

Kemungkinan kecil penyebab:

Jika jari tangan juga kram, baal, dan berubah warna (dari warna keputihan menjadi biru atau merah cerah) kemungkinan disebabkan phenomena Raynaud, yang dapat berefek pada sirkulasi secara ekstrim. Kemungkinan lainnya: penyakit jaringan penghubung, sumbatan arteri, atau efek samping obat tertentu, misalnya beta blockers.

Solusi:

Coba pernafasan dalam atau teknik relaksasi mudah lainnya untuk meningkatkan sirkulasi jika dugaannya adalah karena stress. Jaga tangan tetap hangat. Jika tangan dingin tanpa alasan jelas atau jika sering terjadi, konsultasi dengan dokter untuk memeriksakan kondisi raynoud atau kondisi lainnya.

Mata Kering

Kemungkian besar penyebab:

Memandangi komputer terlalu lama, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol, atau berada dalam kondisi yang terlalu dingin, kering atau berangin, dapat meningkatkan penguapan lapisan air mata pada mata. Obat antidepressant, antihistamines dan pilek juga dapat menyebabkan mata kering

Kemungkinan kecil penyebab:

Mata kering kronik dapat menunjukkan hyperthiroidism atau penyakit autoimun seperti lupus.

Solusi:

  • Untuk mata kering ringan, air mata buatan bebas zat pengawet yang dijual bebas bisa melumas dan melundungi mata.
  • Kenakan kacamata surya yang mengandung filter UV yang menutupi seluruh mata ketika berada ditengah cuaca dingin atau berangin.
  • Di malam hari, gunakan obat tetes mata, teteskan kedalam kelopak mata bawah.
  • Untuk mata kering kronik yang parah, periksakan ke dokter dan mungkin perlu obat tetes resep dokter.

Batuk Kronik

Kemungkinan besar penyebab:

Sesuatu menggelitik kerongkongan dan batuk adalah cara reflektif tubuh untuk mencoba mengeluarkan irritant. Kemungkinan adalah alergi atau membran mucus mengirim cairan ke dalam kerongkongan.

Kemungkinan kecil penyebab:

Kram saluran udara karena efek samping obat tertentu, misalnya ACE inhibitor Chronic abstructive lung disease (sering disebabkan karena merokok), pulmonary fibrosis (yang meliputi goresan dari paru-paru), atau masalah katup jantung juga bisa menyebabkan batuk jika cairan terakumulasi di paru-parupar.

Solusi:

Peiksakan ke dokter dan diskusikan setiap simptom lain yang kemungkinan dimiliki untuk membantu dokter menemukan apa yang terjadi. Dokter kemungkinan akan mendengarkan paru-paru dan jantung dan bahkan minta pemeriksaan sinar X untuk mengobati penyebab harusnya bisa menghentikan batuk.

Kram Otot Kaki

Kemungkinan besar penyebab:

Duduk atau berdiri terlalu lama pada satu posisi, atau mengenakan sepatu hak tinggi sepanjang hari, dapat melelahkan otot-otot di betis dan menyebabkan kram, kadang beberapa jam sesudah itu atau selama tidur malam. Dehidrasi  atau ketakseimbangan elektrolit juga bisa menyebabkan kejang otot.

Kemungkinan kecil penyebab:

Obat statin, anticonvulsant, antihistamines, estrogen, osteoporosis danpat menyebabkan kram otot sebagai efek samping. Arteri tersumbat atau menyempit juga dapat mengurangi aliran darah ke kaki, mnyebebkan kram.

Solusi:

  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, dan konsumsi makanan kaya elektrolit, kalsium, potassium, dan magnesium. Contohnya sayuran daunhijau, pisang dan kacang-kacangan
  • Pilih sepatu hak pendek dengan sanggah baik untuk mencegah betis lelah.
  • Regangkan kaki sesudah jalan, olahraga, duduk terlalu lama atau mengenakan sepatu hak tinggi.

Berkeringat Pada Malam Hari

Kemungkinan besar penyebab:

Perubahan hormonal dapat mengubah thermostat internal tubuh, dan membuat berkeringat pada saat tidur. Penyakit tyroid juga dapat menyebabkan berkeringat dimalam hari.

Kemungkinan kecil penyebab:

Obat-obatan tertentu, antara lain antidepressant, akan mempunyai efek samping ini. Penyakit tertentu seperti kanker, lupus, dan infeksi besar seperti tuberculosis, juga dapat membuat berkeringat dimalam hari.

Solusi:

  • Turunkan temperatur kamar tisur di malam hari dengan buka jendela atau gunakan kipas.
  • Baju tidur dan dari bahan microfiber membuat keringat lebih bisa ditolerir.
  • Jika keringat tidak berkurang atau tidak terkait dengan siklus mens, periksakan ke dokter untuk menemukan penyakitnya.
  • Jika masalah hormonal, terapi hormon atau kontraseptif dosis rendah mungkin dapat membantu.

Bibir Pecah-pecah di Sudut Mulut

Kemungkinan besar penyebab:

Menjilat bibir secara berlebihan atau terpapar angin, dingin, atau udara kering dapat mengeringkan bibir dan menyebabkan kulit yang sangat tipis pecah-pecah. Penyebab lainnya yaitu kekurangan zat besi, vitamin A, atau C atau kekurangn vitamin B.

Kemungkinan kecil penyebab:

Bibir pecah-pecah bisa menandakan infeksi jamur, seperti thrush, yang juga menyebabkan kemerahan disekitar pecahan. Atau juga bisa disebabkan reaksi alergi terhadap ingredient didalam produk kosmetik yang digunakan baru-baru ini.

Solusi:

  • Lembabkan bibir dengan mengoleskan balm pekat yang tidak mengandung wewangian.
  • Jika mulai menggunakan kosmetik baru, hentikan, lalu gunakan satu persatu secara perlahan.
  • Jika bibir pecah terus berlanjut atau memburuk, atau tampak terinfeksi, periksakan ke dokter tentang diet atau periksa infeksi jamur.

Urin Berwarna Kuning Tua

Kemungkinan besar penyebab:

Jika kurang mendapatkan kecukupan air, pigmen didalam sampah yang dikeluarkan ginjal jadi lebih pekat, sehingga urin berwarna kuning tua. Urin seperti ini juga bisa berarti infeksi saluran kencing yang menyebabkan sejumlah kecil darah masuk kedalam urin dan membuatnya berwarna tua.

Kemungkinan kecil penyebab:

Infeksi kandung kemih atau ginjal juga bisa membuat urin berwarna kuning tua, begitu juga batu ginjal dan masalah-masalah ginjal lainnya.

Solusi:

  • Minum lebih banyak air. Coba aturan mudah berikut : ukur tinggi badan dalam inci, angka itu adalah jumlah minum air yang harus diminum setiap hari. Jika tinggi badan 66 inci, berarti yang harus diminum adalah 66 ons cairan atau 1.952,5 ml.
  • Periksakan ke dokter jika warna urin tidak memudar, jika disertai dengan demam atau sakit ketika buang air kecil, atau tingkat keseringan atau rasa ingin buang air kecil tidak seperti biasanya.

Mendengkur

Kemungkinan besar penyebab:

Kelebihan berat badan atau punya masalah hidung atau masalah-masalah sinus seperti polip hidung atau alergi, dapat menyebabkan pembengkakan yang menutup sebagian saluran udara, meningkatkan kemungkinan jaringan dibalik kerongkongan berguncang, berbunyi, dan berguling ketika tidur.

Kemungkinan kecil penyebab:

Obstructive sleep apnea (OSA), suatu kondisi dimana mendengkur disertai dengan nafas berhenti sejenak ketika tidur.

Solusi:

  • Jaga saluran nafas seterbuka mungkin dengan tidur miring sehingga sehingga jaringan kerongkongan tidak collapse.
  • Breath Right nasal trip (dijual di toko obat atau apotik) dapat membentu melebarkan saluran nafas sehingga bisa bernafas secara lebih mudah.
  • Jika sangat mengganggu, konsultasikan kepada spesialis tidur untuk menemukan penyebabnya.

Mata Merah

Kemungkinan besar penyebab :

Kurang tidur atau terlalu lama didepan komputer dapat membuat pembuluh-pembuluh darah didalam conjunctiva atau bagian putih dari mata membesar. Alergi atau paparan terhadap irritant seperti asap juga bisa menyebabkan kemerahan.

Kemungkinan kecil penyebab :

Inflamasi didalam mata atau pada kelopak mata yang disebabkan cedera, infeksi, atau irritant. Mata yang teru merah dapat mengindikasikan masalah-masalah sistemik seperti penyakit autoimun.

Solusi:

  • Saat kerja didepan komuter, sering-sering istirahat. Pejamkan mata selama 1 menit untuk membasahi mata dan mengurangi penguapan air mata sebelum mulai kerja lagi.
  • Gunakan air mata buatan untuk melumas mata dan mengeluarkan irritant.
  • Hati-hati dengan obat tetes mata untuk mengurangi kemerahan. Obat tetes ini biasanya hanya meredakan sementara. Jika digunakan secara berlebihan akan memperburuk kemerahan.

Gusi Berdarah

Kemungkinan besar penyebab:

Bakteri menempel antara  gigi dan gusi, melepaskan asam mengiritasi gusu dan menyebabkan pendarahan. Stress atau perubahan hormonal (selama kehamilan, PMS, atau perimenopause) adalah pemicu utama bakteri berkembang biak karena penignkaan hormon menghilangkan kemampuan sistem imun untuk memerangi bakteri.

Kemungkinan kecil penyebab:

Penyakit gusi dapat membuat gusi berdarah. Dalam kasus langka, gusi berdarah menandakan kanker mulut.

Solusi:

  • Gosok gigi dua kali sehari dan floss paling sedikit sekali. Menggunakan cairan kumur –mouth rinse- antibakteri juga dapat mengurangi bakteri dan memberihkan kotoran
  • Periksakan ke dokter gigi secara teratur untuk pembersihan. Jika lepuh mulut tak mau sembuh, periksakan ke dokter untuk memastikan bukan infeksi atau bersifat kanker.
Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

3 tanggapan untuk “11 Penyebab dan Solusi Masalah Kesehatan”

  1. February 10th, 2011 at 10:02 | #1

    betul, pekerjaaan saya selalu didepan komputer,saya sering mengimbangi dengan memejamkan mata saat2 tertentu agar mata tidak kering dan merah

  2. mulyadi cibro
    March 22nd, 2012 at 08:53 | #2

    waduh saya baru berusia 30 tahun tapi banyak sekali penyakit saya padahal saya tidak perokok tiddak minum kopi tidak minum jos saya suka hnya minum susu atau kadang kadang minum kopi mix tapi kenapa penyakit saya banyak kali ya ada apa dengan saya ya Allah saya mohon ampun dan jangan jemput saya sebelum terkabul seluruh keinginan saya di muka bumi mu ini ya allah” amin”

  3. October 3rd, 2012 at 20:24 | #3

    sya slalu didepan komputer jga kadang sya ska sering pusing kalau berlama-lama didepan komputer haduh….. bdahal sya masih umur 13 tahun……hufth,,…..

Silakan Beri Komentar