Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Blueberry

Sebuah studi baru menunjukkanblueberry, tikus-tikus yang makan diet blueberry menurunkan lemak perut, sejenis lemak yang dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes, ditambah dengan mengalami berbagai khasiat kesehatan lainnya seperti kadar kolesterol turun dan perbaikan kontrol glukosa, begitu menurut para periset  University of Michigan’s Cardioprotection Research Laboratory.

Menurut para periset, hasil studi menunjukkan blueberry yang kaya antioksidan kemungkinan mengubah cara tubuh menyimpan lemak dan memproses glukosa atau gula untuk energi, karena itu menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Khasiat makan buah dan sayuran sudah banyak diriset, tetapi temuan tentang blueberry ini menunjukkan, zat kimia alamiah terkandung didalamnya, contohnya anthocyanins, menunjukkan kondisi-kondisi kesehatan ini.

Dalam studi, para periset memberikan makan tikus yang dipelihara jadi obese dengan diet tinggi lemak atau diet rendah lemak yang diperkaya dengan bubuk blueberry atau karbohidrat sebanyak 2% dari total diet mereka.

Sesudah 90 hari, tikus-tikus yang diberi makan blueberry menurunkan lemak perut, menurunkan kadar kolesterol, dan kontrol glukosa dan sensitivitas insulin meningkat. Kedua faktor terakhir adalah marker beberapa baik tubuh memproses gula untuk energi dan terkait dengan resiko diabetes.

Khasiat blueberry terbukti pada tikus-tikus yang diberi makanan diet tinggi lemak dan diet rendah lemak yang diperkaya dengan bubuk blueberry . Tapi khasiat yang paling besar diantara yang makan diet rendah lemak.

Selain khasiat jantung sehat, tikus-tikus yang diberi makan diet rendah lemak – blueberry juga menurunkan berat badan dan massa lemak dibanding yang makan diet tinggi lemak. Hasil studi dipresentasikan dalam konferensi Experimental Biology 2009. Kendati perlu lebih banyak riset untuk menegaskan hasil ini pada manusia, sebuah studi terkait yang dipresentasikan dalam konferensi yang sama menunjukkan, pria dengan faktor resiko penyakit jantung yang minum jus blueberry liar selama 3 minggu tampak mengalami perbaikan dalam kontrol  glukosa dan insulin.

Tags: , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

2 tanggapan untuk “Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Blueberry”

  1. aulia kusuma puteri
    April 16th, 2011 at 09:01 | #1

    Kenapa experiment nya slalu menggunakan tikus?

  2. shan
    July 4th, 2011 at 00:20 | #2

    mama saya turun 21 kg dlm wkt 5 bulan, hanya dengan meminum teh bio vit, tanpa program diet, tanpa olah raga, makan tetap normal seperti biasanya, hanya diminum pada waktu malam hari, harganya murah pula, berminat dapat sms ke 081914467722
    mau langsing aja kok repot….

Silakan Beri Komentar