Mengenal Jenis Rambut Rontok dan Penyebabnya

rambut dian sastroRambut rontok dimulai dengan beberapa helai rambut yang rontok di sisir atau lubang pembuangan kamar mandi. Sesudah itu, rambut rontok bisa berlanjut sampai terjadi kebotakan. Semua orang, baik pria, perempuan, dan anak-anak bisa mengalami rambut rontok.

Sebagian orang membiarkan kebotakannya, tidak mengobati dan tidak menutupinya. Yang lainnya mungkin menutupinya dengan model rambut, makeup, topi atau scarf. Sebagian lagi memilih mengobati dan menjalani prosedur untuk mengatasi rontok. Sebelum menjalani pengobatan, konsultasi lebih dahulu dengan dokter tentang penyebab dan kemungkinan pengobatan terbaik untuk rambut rontok.

Istilah medis untuk rambut rontok adalah alopecia. Pettern baldness (androgenetic alopecia), jenis alopecia yang paling umum dan mengenai sekitar 1/3 pria dan perempuan, dan bahkan bersifat permanen. Jenis alopecia lainnya bersifat sementara, termasuk alopecia areata. Bisa berupa kerontokan rambut pada kepala dan bagian tubuh lainnya.

Rambut rontok permanen ( endrogenetic alopecia )

Rambut rontok permanen (endrogenetic alopecia) pada pria (male-pattern baldness) dapat dimulai sejak dini, bahkan di usia remaja atau awal 20-an. Secara khas ditandai dengan garis rambut menurun di dahi dan kebotakan pada puncak kepala. Hasil akhir bisa botak sebagian atau botak total.

Rambut rontok permanen (angrogenetic alopecia) pada perempuan (female pattern baldness) biasanya terbatas pada penipisan bagian depan, samping atau puncak kepala. Biasanya garis rambut depan bertahan dan jarang mengalami botak total.

Rambut rontok sementara

Alopecia areata

Rambut rontok biasanya dimulai pada area kecil, membulat sebesar logam kecil atau rambut pitak. Biasanya tidak lebih dari beberapa pitak di kulit kepala, tapi bisa menyebabkan kerontokan pada rambut di bagian tubuh lainnya, termasuk alis, bulu mata dan kumis. Dalam kasus langka bisa menyebabkan kerontokan rambut seluruh tubuh. Jika kerontokan mencakup seluruh kulit kepala disebut alopecia totalis, jika mencakup seluruh badan disebut alopecia universalis. Sebelum rontok diawali dengan sakit dan gatal.

Telogen effluvium

Adalah jenis kebotakan sementara yang terjadi secara mendadak, paling sering sesudah sakit atau stress besar dalam hidup. Rambut bisa rontok segenggam ketika menyisir atau cuci rambut atau rontok hanya karena tarikan pelan. Jenis kerontoka ini menyebabkan penipisan secara menyeluruh dan bukan berupa pitak.

Traction alopecia

Kebotakan terjadi jika secara teratur menggunakan model rambut tertentu, misalnya diikat ekor kuda, dikepang, dikonde atau karena menggunakan rol rambut yang terlalu kencang. Rambut rontok biasanya terjadi pada bagian dimana rambut ditarik kencang.

Anagen effluvium

Kerontokan pada rambut yang tumbuh secara aktif ini paling sering disebabkan obat chemotherapeutic untuk pengobatan kanker atau lymphoma. Rambut rontok pada saat mulai terapi dan lebih ekstensif dibanding kondisi telogen effluvium. Beberapa minggu setelah terapi selesai, rambut tumbuh kembali kendatipun mungkin tidak setebal sebelumnya.

Penyebab  kerontokan rambut

Karena perubahan hormonal, iritasi atau kerusakan, fase pertumbuhan beberapa folikel rambutlebih pendek dan menghasilkan rambut yang lebih tipis dan lebih pendek. Rambut mengalami siklus berbeda-beda pada masing-masing orang. Tetapi secara umum, fase pertumbuhan rambut kepala, dikenal sebagai anagen, secara khusus berlangsung sampai 2 sampai 3 tahun. Selama waktu ini, rambut tumbuh hanya kurang dari 2 inci sebulan. Masa istirahat disebut telogen. Fase ini secara khas berlangsung 3 sampai 4 bulan. Pada akhir masa istirahat rambut rontok dan sebagai penggantinya tumbuh rambut baru.

Pada kebanyakan orang, rambut rontok antara 50 sampai 100 lembar per hari. Dibanding rambut yang berjumlah 100.000 lembar di kepala, kerontokan rambut ini tidak menyebabkan penipisan rambut yang kentara. Rambut menipis secara bertahap termasuk bagian yang normal dari penuaan. Tapi rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan jika jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari jumlah rambut yang tumbuh, jika rambut baru lebih tipis dibanding rambut yang rontok atau jika rambut rontok pada bagian tertentu.

Infeksi seperti ringworm dapat menyerang rambut dan kulit kepala, dan menyebabkan rambut rontok. Rambut secara umum tumbuh kembali sesudah infeksi diobati. Ringworm sejenis infeksi jamur, biasanya dapat diobati dengan obat anti jamur yang dioleskan atau diminum.

Trichotillomania adalah sejenis penyakit mental dimana penderita punya dorongan yang tak bisa ditahan untuk mencabut rambut, apakah rambut dikepala, alis atau rambut bagian tubuh lainnya. Mencabut rambut dari kulit kepala sering menyebabkan pitak di kulit kepala. Penyebab penyakit ini masih sedang diteliti dan belum ditemukan penyebab khususnya.

Tidak mendapatkan  kecukupan protein atau zat besi dalam diet atau mutrisi buruk karena hal-hal lain dapat menyebabkan rambut rontok. Diet keras dan penyakit tertentu dapat menyebabkan nutrisi buruk. Obat-obatan tertentu yang diminum untuk mengurangi asam urat, arthritis, depresi, masalah jantung dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan rambut rontok pada sebagian orang. Minum pil kontrasepsi merk tertentu juga bisa menyebabkan rambut rontok pada sebagian perempuan. Dari penyakit juga bisa menyebabkan kerontokan rambut, diabetes dan lupus.

Perubahan-perubahan dan ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan rambut rontok sementara. Bisa disebabkan kehamilan, melahirkan, menghentikan pemakaian pil kontrasepsi, menopause, atau kelenjar thyroid terlalu aktif atau di bawah aktif. Rambut rontok terjadi perubahan hormonal dan perlu 3 bulan lagi untuk menumbuhkan rambut baru. Sesudah 3 bulan melahirkan, rambut rontok lebih banyak dibanding normal. Jika ketidakseimbangan hormonal terkai tdengan produksi testosterone yang berlebihan, kemungkinan terjadi penipisan rambut di puncak kepala. Mengoreksi ketidakseimbangan hormonal bisa menghentikan kerontokan.

Zat kimia yang digunakan untuk mewarnai, mem-bleach , meluruskan atau mengeriting bisa merusak rambut dan membuat rontok jika digunakan secara berlebihandan cara penggunaannya tidak tepat. Menata dan menyikat rambut secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut rontok jika helai rambut jadi rusak.

Tags: , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

19 tanggapan untuk “Mengenal Jenis Rambut Rontok dan Penyebabnya”

  1. March 28th, 2011 at 09:09 | #1

    ada yang bilang kebiasaan memakai topi adalah salah satu penyebab kebotakan, saya salah salah seorang yang mengalaminya… punya kebiasaan memakai topi dan BOTAK… benarkah itu?? Trims

  2. amin tohari
    October 5th, 2011 at 16:53 | #2

    rambut kepala saya tidak tumbuh pada stu tempat, yaitu bagian atas agak miring ke kanan, q ndak tau sebabnya apa, hal ni terjadi baru 3 bulan yang lalu,
    penulis yang terhormat,,, sebenarnya saya ini terkena apa?, apa saya punya penyakit pada diri saya,,,?
    terimakasih atas jawabanya,,,

  3. pucca
    October 13th, 2011 at 03:37 | #3

    sudah 1 tahun belakangan ini alis ku rontok,makin lama makin habis.aku sudah mencoba berbagai cara menumbuhkan,tp belum ada hasil nya.
    Apakah alis saya bisa kembali tumbuh?
    Terimakasih

  4. yoon hi
    October 13th, 2011 at 18:21 | #4

    dulu saya sering mengalami kerontokan , tapi akhirnya bisa normal kembali
    dan saat ini saya mengalami kerontokan kurang lebih sejak bulan januari yang lalu
    mula – mula rambut saya tebal tetapi sekarang ini menjadi sangat tipis
    awalnya saya pernah mencatok rambut saya hanya 3 kali , tapi kenapa berakibat sebegini parahnya ?
    saya sudah berkonsultasi ke salon , dan saya disarankan untuk menggunakan obat rontok
    tetapi hasilnya enol , rambut saya malah tambah rontok
    dan saya sudah memutuskan untuk memotong rambut saya menjadi lebih pendek dari sebelumya , namun hasilnya sama saja .
    tolong dijawab pertanyaan saya ya penulis terhormat :)
    terima kasih.

  5. sari
    November 7th, 2011 at 15:16 | #5

    saya serink mencabutii rambut saya sendiri hingga botak , sya tdk tw knp dan sudah saya alami selama7 tahun penyakit apaakh ini?.?//

  6. rasjunaida
    November 8th, 2011 at 22:24 | #6

    gmana caranya merawat rambut berjilbab ??

  7. zul
    November 10th, 2011 at 11:22 | #7

    saya 2 kali terkena pitak (alopecia areata) tidak tahu kenapa sebabnya,yang pertama tumbuh setelah 3 tahun dan yang ke 2 terkena pitak lagi sudah 1 tahun yang lalu..apa solusinya..

  8. suharman
    November 23rd, 2011 at 09:29 | #8

    saya 2 kali terkena pitak (alopecia areata) tidak tahu kenapa sebabnya, yang pertama 6 bulan yang lalu dan ke 2 baru mulai, mohon solusinya

  9. retno
    November 27th, 2011 at 10:48 | #9

    saya juga mengalami kerontokan yg drastis banget jumlahnya,, awalx mmg rontok akibat saya pke sampo METAL. tpi ga sebanyak ini.. kalo lg iseng sering sya hitung kira2 sampai 50 up jumlahnya… sya sdh konsultasi k dokter dan diberi obat anti jamur,,namun masih saya rontoknya,,, jatuh2 sendiri dimana2 , disentuh saja copotan dalam jumlah yg banyak , tolong saran dan solusinya donk,,,

  10. ibam
    December 5th, 2011 at 18:52 | #10

    saya cwo brumur 22th..
    rambut saya mengalami kerontokn smenjak SMA.awal ny c saya biasa adja ,,tp makin lama kuq habis..dah brbgai cara saya memakai hair tonic tapi kuq g berubah y,,sering ada ketombe muncul dan gatal,,pakai sampoo pun balik lagi trs tu ketombe,saya g PD jd ny..
    gmna dunk solusi ny??

  11. fardi
    December 13th, 2011 at 22:24 | #11

    saya fardi umur 24 thun, rambut saya botak bgian dpan ini sdah berlangsung dri kecil,dan diameter rmbut saya hlus skali dbndingkan rmbut org normal lainya,apakah rmbut seperti ini masih bisa diobati. Mhon bntuanya mas..trmkasih

  12. IcA dEana
    December 20th, 2011 at 15:55 | #12

    Awalny rmbt sya gk r0nt0k ,tp stlh sya reb0nding dpt 3bln rmbt sya rnt0k .apa gRa” itU pnybB.nya ? Rmbt sy skrng tipis skLi .mh0n saran.nya trims

  13. ronny arjna
    January 28th, 2012 at 11:04 | #13

    Awalnya ranbut saya tebal dan tidak pernah sama sekali mengalami rontoknya pada rambut .tpi ahir2 ini rambut saya rontok satu per satu. Saya jga tidak tau penyebabnya apa apa gara saya kurang makan makanan yg bergizi.mohon sarannya bagai bisa pulih kembali.terima kasih

  14. Riki.N
    March 7th, 2012 at 12:42 | #14

    Rambut saya rontok dan menjadi pitak (alopecia aerata),.di pinggir sebelah kanan di atas kuping.Pada awal’y cuma sebesar kancing,.sya sdh menjalani berbgai macam teraphy dan tdk ada hasil.Skrg makin membesar,sebesar 10x lipat dr kancing.!tolong,gmna solusi’y??trims..

  15. tate
    March 23rd, 2012 at 09:19 | #15

    Saya cew umur 22 tahun..dulu rambut saya tidak perna mengalami rontok setelah saya hamil mengalami keguguran rambut saya setiap hari rontok ampek skrng rambut saya menjadi tipis pada bagian puseran rambut bagian kanan atas,kalau seandainya saya gundul plontos apakah bisa rambut saya bisa tumbuh sehat dan lebat lagi?trims

  16. yulia
    March 24th, 2012 at 22:13 | #16

    masalah saya sma seperti retno
    apa yah solusinya, tolong soalnya saya jadi tidak pd

  17. jeane
    June 8th, 2012 at 06:04 | #17

    saya cwe 20thn uudah 2bln ini kepala sya ada pitaknya,sya juga tidak tau kenapa,memang sih saya sering rontok tapi masa iya sampe botak d area tertentu saja . apa penyebab timbulnya pitak itu yah?

  18. siti
    May 11th, 2013 at 19:27 | #18

    kenapah ya ramabut selalu rontok terus

  19. aji
    August 16th, 2014 at 15:19 | #19

    Ketika saya potong rambut mendadak saya kaget kenapa tibatiba ada pitaknya ? Saya pikir tukang rambutnya salah potong ternyata semakin aku perhatiin selama 2 minggu saya potong rambut co pitak saya semakin membesar dan akhirnya saya coba tarik pelan2 rambut saya dengan mudahnya rambut saya rontok. Kenapa rambut saya sperti ini dan apa solusinya byar rambut saya tumbuh dan tidak rontok lagi?

Silakan Beri Komentar