Tips perawatan rambut dan perubahan gaya hidup untuk mencegah rambut rontok

Tidak sedikit yang mengeluh tentang perawatan rambut. Tidak mudah namun juga tidak gampang untuk merawat rambut, karena rambut sebagai mahkota, berikut beberapa tips perawatan rambut dan perubahan gaya hidup untuk mencegah kerontokan rambut. Let’s see

  • Perhatikan produk yang digunakan untuk rambut. Kebanyakan orang menduga, shampoo dan produk perawatan rambut lainnya lembut untuk kulit kepala. Pada kenyatannya, shampoo dapat berefek mengeringkan kulit kepala dan rambut. Juga dapat mengubah faktor pH (pH adalah skala yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman dan alkanitas). Kulit dan rambut secara alamiah asam, sedangkan sabun bersifat alkalin. Cermati shampoo, jika menggunakannya merasakan gatal dan kulit kepala kering, dalam beberapa kasus bahkan terasa panas. Jika mengeriting atau mewarnai rambut, sebelum menggunakan produk, uji sensitivitas pada satu bagian kecil.
  • Batasi paparan sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, oleskan sunscreen. Rambut tak bisa melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. Selalu kenakan topi jika berencana berada lama di luar ruangan. Lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit kepala terbakar sinar matahari.
  • Rawat rambut secara baik. Saat cuci rambut, gunakan buku jari ketimbang menggunakan kuku untuk memijat kulit kepala. Pijatan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala. Gunakan produk yang lembut pada kulit dan sesuaikan dengan jenis rambut. Untuk rambut kering atau yang mendapat perlakuan zat kimia, gunakan produk yang menggunakan ingredient pelembab dan diformulasikan untuk memperbaiki kerusakan. Jenis rambut berminyak, gunakan produk yang dirancang untuk pembersihan mendalam. Hindari menggunakan produk perawatan rambut clarifying lebih dari sekali dalam seminggu. Terlalu sering digunakan bisa menghilangkan kelembapan, membuat rambut kering dan rapuh. Batasi pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas. Pemakaian alat ini secara berlebihan bisa mengeringkan rambut. Sebisa mungkin, biarkan rambut kering secara alamiah dan sesekali tinggalkan curling iron.
  • Perhatikan tekstur rambut. Saat pilih model rambut, perhatikan tekstur rambut untuk memilih model rambut yang tidak memerlukan banyak produk penata rambut. Terlalu banyak produk dapat membuat rambut lengket dan susah diatur.

Untuk mencegah rambut rontok dan membantu pertumbuhan rambut yang sehat, coba lakukan langkah-langkah berikut:

  • Perbanyak minum air putih untuk membantu mencegah dehidrasi dan membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Batang rambut mengandung air sebagai bagian dari susunan kimianya. Karena itu konsumsi 6 sampai 8 gelas air setiap hari dapat secara alamiah membantu memulihkan rambut.
  • Dapatkan kecukupan protein. Rambut terbuat dari protein dan pertumbuhan rambut merespon baik konsumsi protein hewan dan protein sehat bentuk lainnya yang ditambahkan ke dalam diet. Coba tahu atau makanan yang dibuat dari berbagai kacang-kacangan ditambah dengan padi-padian utuh untuk protein komplit.
  • Sisir rambut secara perlahan, jangan menyisir rambut basah sesudah dicuci.
  • Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu mengurangi rambut rontok dengan mencegah kerusakan batang rambut denagn tidak menarik rambut ketika basah.
  • Hindari pemakaian zat kimia pengeriting, pelurus atau pewarna rambut yang bisa melemahkan rambut dan menyebabkan rontok.
  • Potong rambut secara teratur untuk mencegah ujung rambut terbelah, yang bisa melemahkan rambut dan lama-kelamaan menyebabkan rambut rontok.
Tags: , , ,

AUTHOR

# kuliah Fakultas Filsafat di Universitas Gadjah Mada. Sekarang tinggal di Yogyakarta.

Belum ada tanggapan untuk “Tips perawatan rambut dan perubahan gaya hidup untuk mencegah rambut rontok”

Silakan Beri Komentar