Menanam Jamur Ling Zhi dalam Botol Aqua

Beberapa minggu yang lalu sekitar tanggal 2 Februari saya pergi ke restoran Jejamuran di daerah dekat Jalan Magelang. Di situ makanannya enak dan harganya pun cukup menguras kantong karena kebetulan yang saya makan itu jamurnya cukup mahal. Di situ bukan hanya restoran saja, tetapi juga ada ternak jamurnya.

Restoran Jejamuran menyediakan jamur dalam plastik yang sedang diternakkan, jadi kita bisa lihat-lihat di situ gimana sih jamur waktu kecil, gimana yang udah gede dan siap dipetik. Nah, di sana tidak cuma ternak jamur saja, tetapi juga bibit jamur dan jamur yang siap petik itu dijual.

Bibit jamur yang saya beli adalah bibit jamur Ling Zhi yang katanya bagus buat obat. Katanya sih ada Germaniumnya, entah itu apa. Saya beli saja bibitnya satu botol, kalau tidak salah harganya Rp9.000. Begitu sampai di kosan tidak tahu cara menanamnya akhirnya saya diamkan saja beberapa hari. Eh, ternyata bibit jamurnya lama-lama jadi besar! Waduh berarti ini harus segera dipindahkan/dibagi-bagi jadi beberapa botol.

Ya sudahlah akhirnya saya mencari serbuk kayu/serbuk gergaji sebagai media bernaungnya jamur, dan botol merek Aqua sebagai tempat jamur bersama dengan serbuk gergaji itu. Prosesnya cukup mudah:

  1. Isi 1/15 botol dengan air
  2. Tinggal memasukkan serbuk gergaji sampai setengah botol, tapi jangan dipadatkan soalnya jamur butuh ruang juga buat napas
  3. Lalu masukkan bibit jamur
  4. Masukkan serbuk gergaji lagi sampai 2-3 cm sebelum moncong botolnya
  5. Sumbat moncong botol dengan kapas yang dibasahkan.

Hasilnya?

Kan ada yang saya tanam di botol besar,ada yang di botol kecil, dan ada yang di botol Aqua ukuran sedang. Bibit yang di botol sedang relatif cepat tumbuh.

Sekarang saya menunggu jamurnya tumbuh, semoga saja cepat tumbuh soalnya lucu sih.. hehehe

Tags: , , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

4 tanggapan untuk “Menanam Jamur Ling Zhi dalam Botol Aqua”

  1. hendradwiatmaja
    February 21st, 2011 at 11:24 | #1

    wiiihhh..beneran tu nyoba sendiri? berhasil? caranya gimana tuh? aku mau coba ke jejamuran juga ah…katanya jamur lingzhi bikin badan sehat ya…

    • February 21st, 2011 at 22:54 | #2

      iya ada yang berhasil ada yang tidak.. ini lagi ditinggal.. minggu depan saya lihat lagi.. apakah sudah numbuh atau belum.. ternyata jamur itu lumayan cepat numbuhnya.. :) caranya tinggal beli bibitnya aja sama beli serbuk kayu.. hehehe

  2. ahmada
    August 23rd, 2011 at 15:26 | #3

    saya dari jember jatim.q butuh bibitnya mas, bs dapet dimana ya, kalo beli sama mas.. ‘transfer’ bisa gak?,lg butuh ni buat obat kakek:D,

  3. April 9th, 2012 at 12:59 | #4

    Bagi yang berminat untuk budidaya jamur kami menyediakan bibit jamur tiram putih,jamur merang,jamur kuping dan jamur lingzhi,harga 15rb/bks belum tmsk ongkir,silahkan hubungi 081373069539
    buat admin makasih roomnya.

Silakan Beri Komentar