Skaling dan Tambal Gigi di RSGM Prof. Soedomo UGM

Tadi siang saya habis menunaikan kegiatan yang sangat bersejarah sejak 8 tahun terakhir yaitu ke dokter gigi. Hal ini saya lakukan karena ingin memeriksakan gusi saya yang sering berdarah ketika gosok gigi. Sebelumnya saya sempat berkonsultasi dengan teman saya Alia, calon dokter gigi. Dia bilang sih katanya karang gigi (Calculus), ya saya percaya saja soalnya sepertinya di gigi saya, tepatnya di antara gusi dan gigi, ada plak putih seperti kapur yang mengeras.

fkg ugm

Lalu tadi siang saya daftar di RSGM Prof Soedomo UGM/FKG UGM dengan biaya Rp5000. Lalu dilanjutkan dengan pertanyaan, “mau sama dokter gigi atau mahasiswa koas?” Saya tanya, “bedanya apa?” Dijawab, “Kalau dokter gigi antrinya sedikit.” Ya sudah saya pilih dokter gigi saja, hehehe..

Masuklah saya ke ruang konsultasi untuk ditanyain hal-hal tentang gigi saya seperti, berapa kali gosok gigi sehari, dan ada keluhan apa. Ya saya jawab bahwa gusi saya suka berdarah. Oke, setelah itu tunggu lagi di ruang tunggu sampai akhirnya dipanggil dokter untuk diperiksa.

Skaling Gigi (Scaling)

skaling gigiDokter Hendri, M Kes, drg lah yang memeriksa gigi saya, dan ternyata memang ditemukan karang gigi. Awalnya ketika dibersihkan saya tidak melihat, tapi timbul pikiran ingin tahu seperti apa karang gigi itu dalam bentuk nyata. Dan ternyata saudara-saudara setanah air dan sebangsa Indonesia, karang gigi itu besar! Yang terlihat oleh saya selama ini hanya luarnya saja, saya lihat betul bagaimana karang gigi itu diluluhlantahkan dari geraham atas saya! Oh, warnanya putih kalsium. Ya, sudah terbalas sudah rasa penasaran saya.

Namun, pas kumur-kumur dan kubuang airnya, eh ada seperti kerikil kecil-kecil warna hitam seperti batu dalam nasi, saya tanya apa itu. Dokternya menjawab kalau itu juga karang gigi. Saya lihat lebih dalam lagi dan ternyata ada juga yang memanjang seperti potongan ring gigi. Wah, untunglah dibersihkan sekarang, kalau nanti-nanti gigi dan mulut saya bisa busuk kali. Oh iya, rasanya di-skaling/dibersihkan karang gigi itu ngilu, saya sampai keluar air mata loh..

Tambal Gigi

Tidak sampai di situ, setelah selesai dan saya ke meja dokter saya diberitahu bahwa lubangnya sebaiknya ditambal. Ya sudah saya iyakan saja, duduklah saya untuk kedua kalinya di kursi panas tersebut.

Nah, ini prosedurnya beda lagi, kebetulan yang ada lubang kecil itu di sela-sela gigi depan bagian atas, lubangnya sih kecil tapi kalau dibiarin lama-lama pasti sakit. Dimasukkanlah sebatang plastik tipis seperti kertas laminating ke sela-sela gigi depan saya. Lalu, diberikan semen penambal gigi yang mungkin rasanya seperti mint. Rasa ngilu pun terjadi kembali ketika gigi saya seperti dibor, tapi rasanya tidak separah seperti di-skaling.

Pada kasus saya, tambal gigi lebih cepat prosesnya dari pada skaling. Akhirnya, gigi saya pun ceria kembali dan mulut terasa lebih luas seperti ruangan yang baru dibersihkan dari benda-benda tidak penting.

Biaya Skaling + Tambal

Biaya untuk skaling ultra sonic ringan adalah Rp70.000 dan untuk Tumpatan Resin Komposit Kelas I, III, V adalah Rp70.000. Saya tidak tahu apa istilah tersebut, yang jelas total biayanya adalah Rp140.000. Biayanya terhitung murah karena setelah 8 tahun saya baru melakukan hal ini lagi.

Oh, iya ini setelah skaling berasa nyut-nyutan sedikit, tapi kalau makan ya jelas masih bisa. Kesimpulannya Alia benar! Hehehe thanks to Alia who encouraged me to go to the dentist..

Tags: , , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Skaling dan Tambal Gigi di RSGM Prof. Soedomo UGM”

  1. ilham
    December 14th, 2011 at 17:06 | #1

    boleh juga ini ^_^

Silakan Beri Komentar