Bagaimana Cara Menyembuhkan Syaraf Terjepit?

Saya bingung bagaimana caranya agar opa saya bisa sembuh dari penyakit syaraf di tulang belakang yang terjepit. Opa saya sudah melakukan pengobatan berupa operasi dan perawatan di salah satu RS di Jakarta, tetapi sampai sekarang belum menghasilkan kemajuan yang berarti.

Awalnya, opa saya mengalami kaki sebelah kanannya tidak bereaksi oleh karenanya maka dioperasi. Setelah dioperasi kami sekeluarga turut senang karena operasi berjalan dengan lancar. Hari demi hari baru kelihatan bahwa kaki sebelah kanan opa saya ternyata sembuh, tetapi sialnya kenapa yang sebelah kiri malah tidak bisa merasakan sentuhan?? Parahnya opa saya juga tidak bisa mengangkat paha sebelah kirinya. Opa saya curiga bahwa ada syaraf terjepit yang tidak sengaja terjepit ketika operasi dilakukan. Setelah konsultasi kembali dengan dokter ternyata memang demikian, saya tidak tahu ini salah siapa.

Operasi Kedua

Operasi kedua pun dilakukan, setelah operasi tentu saja butuh beberapa hari untuk pulih dan mencoba kakinya. Selang beberapa hari, opa saya tidak bisa juga menggerakan kakinya, otot pahanya tidak bisa mengangkat alias lumpuh. Kasihan opa saya, kaki kiri yang tadinya tidak apa-apa malah menjadi rusak sekarang. Ditambah lagi, jahitan di punggungnya selama beberapa minggu mengeluarkan cairan serum terus-menerus, sampai akhirnya berhenti. Setelah itu, opa saya pulang ke rumah dengan harapan di rumah dapat berlatih berjalan dengan leluasa. Kata dokter, paling tidak kesembuhan dapat diraih dalam jangka waktu 6 minggu. Saya juga tidak jelas ini jangka waktu dari setelah operasi atau setelah pulang ke rumah?

Saya di rumah opa saya, saya melihat kalau otot betis dan paha pada kedua kaki opa saya sangatlah kendur. Ini tandanya ototnya jelas melemah karena memang tidak dipakai untuk berjalan, bagaimana bisa berjalan pulih saja belum? Bisa sih, dengan alat bantu empat kaki yang entah namanya apa. Kami sekeluarga terutama opa saya menduga bahwa memang syarafnya masih terjepit meski pun operasi kedua telah dilakukan.

Kerusakan Permanen Pada Syaraf?

Seminggu di rumah, saya tidak melihat ada perubahan berarti pada kaki opa saya, tetap saja mengeluh sakit dan sangat sulit untuk berjalan. Saya pribadi, sama seperti opa saya, meyakini bahwa masih ada syaraf terjepit. Namun, saya juga berharap apa yang dikatakan oleh dokter yaitu bisa sembuh dalam waktu kira-kira 6 minggu menjadi kenyataan. Hal yang paling saya takutkan adalah jika syaraf yang terjepit itu ternyata memang benar terjepit apakah syaraf tersebut bisa mati dan menyebabkan kelumpuhan permanen?

Hal ini yang membuat saya gelisah karena saya tidak dapat memastikannya. Saya melihat dari hasil MRI pasca operasi terdapat pen di beberapa tulang belakang opa saya. Apakah pen tersebut memiliki andil dalam memperbaiki syaraf terjepit? Bagaimana jika ternyata posisi pen tersebut salah dari posisi syaraf terjepitnya?

Operasi dan biaya rumah sakit untuk penyakit yang diderita opa saya ini sudah memakan biaya hampir Rp200 juta. Bagi saya itu adalah jumlah yang sangat besar, dan sangat sial sekali apabila operasi tersebut tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Hal yang paling membuat saya kesal adalah kenapa kaki kiri opa saya yang tadinya tidak apa-apa menjadi tidak bertenaga dan lumpuh?

Adakah obat yang dapat menyembuhkan syaraf terjepit seperti kasus yang telah saya paparkan di atas? Atau bagaimana penyembuhan syaraf terjepit, apakah harus operasi lagi atau ada alternatif?

Update

Tante saya mendapatkan second opinion dari dokter lain, ternyata prosedur yang dilakukan oleh dokter yang merawat opa saya sudah betul. Sayangnya, dikarenakan opa saya sudah berumur 81 tahun maka penyembuhannya akan lebih lambat dari orang yang lebih muda. Saya berharap dugaan second opinion ini benar, karena meski pun demikian lambat, tetapi artinya opa saya positif bisa sembuh.

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

17 tanggapan untuk “Bagaimana Cara Menyembuhkan Syaraf Terjepit?”

  1. faisal sahil
    October 1st, 2011 at 06:59 | #1

    saya turut prihatin. saya penderita syaraf terjepit sblh kiri tp sdh sembuh 7 bulan kemudian kembali lg akibat mengangkat org . dulu saya ikt terapi alternatip di jln pengambangan banjarmasin kalsel. skrg sy terapi lg biaya ny sukarela.

  2. muh hasyim
    November 22nd, 2011 at 21:22 | #2

    Mas Faisal bisa sharing sedikit untuk terapi yang sedang dijalani , untuk saraf terjepit

  3. michael
    January 6th, 2012 at 10:02 | #3

    kalau untuk mengetahui terkena syaraf kejepit bagaimana ya?
    Karena saya baru saja kecelaka an, dan takut terkena syaraf kejepit..
    Tetangga saya ada yg meninggal karena kecelakaan dan syaraf nya kejepit, tetapi ketahuan nya baru setahun kemudian bahwa dia terkena syaraf kejepit..terimakasih untuj share nya..

  4. berthon.gultom
    February 2nd, 2012 at 07:55 | #4

    bagaimana menyembuhka syaraf terjepit yg mengakibatkan muka sebelah kiri tidak dapat bergerak?

  5. syarifah sobah
    February 8th, 2012 at 12:30 | #5

    Syaraf kejepit bisa diketahui dengan MRI., ibu saya juga menderita syaraf kejepit dibagiamn tulang punggung. Btw, mas Faisal Sahil, jl pangambangan itu sebelah mana ya…

  6. adhie
    March 10th, 2012 at 14:54 | #6

    saya baru merasa menderita saraf kejepit pada tahun 2003 saat saya bangun pagi tiba2 saya ga bisa mengerakan badan sama sekali pada saat itu saya ga tau sama sekali saya kenapa terus saya panggil tukang urut dan setelah diurut saya ahirnya bisa mengerakan badan lagi,tapi setelah itu pda saat2 tertetu tiba2 kambuh lagi dengan disertai rasa ngilu,setelah sekian lama baru saya tau penyakit apa yang saya derita,buat teman2 adakah cara tuk menyembuhkan penyakit ini..?mohon saranya ya teman thx

  7. adhie
    March 10th, 2012 at 14:56 | #7

    buat mas faisal atw teman2 yang sudah sembuh dari penyakit saraf kejepitnya saya mohon infonya ya atw boleh add pin bb saya 211f4248 atw no hp saya 082124005281 thx ya teman2 buat infonya

  8. lol
    June 24th, 2012 at 01:47 | #8

    bahkan saya sudah 3 tahun mengalaminya, tdk dapat merasa dari pusar kebawah, tidak dapat digerakkkan, merasa pun tidak, sering kontraksi tremor, tidak bisa kontrol pencernaan menurut saya hanya Tuhan saja yg bisa sembuhin ini penyakit………gua lagi nunggu aja kalo gak sembuh baru bunuh diri.

  9. dian nusaria
    July 5th, 2012 at 13:25 | #9

    sy penderita syaraf kejepit dipantat kanan.waktu kena gak bs gerak.2 minggu opname di rs gak ada perubahan.keluar rs msh gak bs duduk lama.sy berobat ke mahaguru perguruan silat rajawali putih,pak suhanda.jl.tabrani ahmad gg.hm husin. Pontianak.kalbar.coba aja.2x terapi,sy bs jalan pelan2.

  10. Rudy
    August 5th, 2012 at 13:57 | #10

    saya rudy,saya bekerja di latihan kebugaran tubuh khusus pria,yang dapat mengobati berbagai macam penyakit,seperti Sakit kepala,susah tidur,mudah lelah
    leher kaku,sakit pundak,nyeri pinggang,kaki tangan kesemutan,saraf kejepit,sakit maag dan usus,sakit rematik,kencing manis,sakit jantung,darah tinggi
    prostat,sakit ginjal,sulit buang air seni,gangguan masalah seksualitas,impotensi,ejakulasi dini,asam urat
    hernia/turun berok,latihan ini berasal dari taiwan
    dan metodenya hanya latihan saja,tanpa mengkonsumsi obat2an,suntik,operasi dan tanpa ada efek samping sama sekali,cukup hanya 30x latihan saja,dalam satu minggu latihan rutin saja sdh terlihat hasilnya,apabila bpk2 ingin info lebih lanjut,bisa melihat website kami,yaitu :chikung99.co.id,semoga bisa mengatasi keluhan bpk2,terima-kasih.

  11. hery
    November 4th, 2012 at 16:48 | #11

    adik saya 3 thn ini tidak dapat merasakan apapun, akibat kecelaka’an yang menimpa adik, apa mungkin kasusnya seperti saraf kejepit

  12. refa
    January 4th, 2013 at 10:27 | #12

    Coba ke Island Hospital di p.pinang mly, sama dr. oh kim sum .tante saya sembuh setelah operasi karena lumpuh akibat HNP

  13. January 29th, 2013 at 07:45 | #13

    Mnurut pengalaman saya pribadi sudah alhamdulillah skrg sudah significant perubahan setelah sy lumpuh,,tangan-kaki tidak bisa bergerak.Terapi yg sy lakukan adalah akupuntur dan fisioterapi (penyinaran) diimbangi dg obat herbal madu.
    skrg sy sudah bisa beraktifitas spt biasa.klo ada yang ingin sharing bs hubungi sy di 087756620001.

  14. fitria
    February 28th, 2013 at 21:37 | #14

    saya menderita penykit urat kejepit udah 5thn padal saya masih muda saya baru 18tnh saya udah cape sampai mau putus asa tersiksa sekali, udah berbagai cara tapi hasil ny nol mohon bntu saya..

  15. dani
    April 29th, 2013 at 01:28 | #15

    sebelumnya saya mo ngucapin turut prihatin dan tidak lupa saya juga doakan kalian smua smoga cepat sembuh.
    Disini saya cuma mau share dgn maksud yg jelas dan tdk brmaksud untk menggurui.
    Sgala jenis penyakit yg kita rasakan smuanya bersumber dari sang pencipa, dan yg akan menghilangkannya jg adlah sang penciptanya. Maka dari itu yg harus kita lakukan skarng adlh berdoa memohon kesembuhan kpd ALLAH. siapa lg yg mampu menolong kita selain dr pd ALLAH. Krn sebaik2 usaha tanpa doa itu seperti mengharapkan yg tak pasti.

  16. Aji
    May 24th, 2013 at 14:16 | #16

    Nma sya aji umur 23 thun dlu sya kclakaan …dan pda wktu itu kpla sblh knan sya pcah smpai gti tempurung kplax… Dn stlh sya sdar tgan kiri dan kaki kiri sya sush d grakin….smpai skrg n sdh 5 tahun… Tp tngan dan kki sya tdk ad prubhan…atw tdk mengecil..bwt tmn” yg punya info… Tlg ya add fb aj… Ajie.nurhady@yahoo.com..

  17. hanifa
    August 31st, 2015 at 22:42 | #17

    Wah, ikut comment ya. Sy 4 bln ga bs jln krn syaraf terjepit di punggung. Hasil test sih terjepit di L4-5, L5-S1. Sekitar pinggang di tulang belakang.

    Alhamdulillah sekarang udh ba jalan lagi, walaupun blm bs lari-larian. Diobatinnya ke akupuntur dan bekam. Rajin senam aja. Kalau perlu di yumeiho biar tulang ga bengkok atau panjang sebelah.
    Semoga sedikit info saya bisa membantu.

Silakan Beri Komentar