Cara Menyembuhkan Tulang Ekor yang Sakit dengan Berenang

Sudah beberapa bulan ini, sekitar 2 bulan, saya mengalami sakit pada tulang ekor. Tidak tahu kenapa awalnya sampai bisa begitu. Kalau habis naik motor terlalu lama jadi langsung sakit. Kalau habis bangun tidur juga terasa sakit.

Saya sudah coba minum kunyit putih, tetapi tidak terlalu membuahkah hasil. Saya curiga ini adalah syaraf terjepit. Asal tahu saja, kakek saya juga sekarang masih mengalami sakit syaraf terjepit dan beliau tidak bisa berjalan.

Jumat lalu, 8 April 2011, saya berbicara dengan seorang teman yang bapaknya pernah mengalami sakit syaraf terjepit hingga lumpuh sebelah kakinya. Saya diceritakan bahwa bapaknya telah mencari dan mencoba pengobatan ke sana kemari tetapi sebisa mungkin menghindari untuk dioperasi. Akhirnya sampai juga pada cerita bahwa bapaknya telah sembuh. Kenapa bisa sembuh? Bagaimana caranya? Teman saya menyebutkan satu kata yang tidak begitu lazim di telinga saya yaitu berenang.

Berenang di Air

Mendengar hal berenang tersebut dari teman saya membuat saya ingin mencoba untuk berenang. Lagipula sudah 7 tahun lebih lamanya saya tidak berenang, waktu yang sungguh lama bukan?

Hari sabtu dan minggu masih terasa sakit di tulang ekor saya, minggu malam saya memikirkan apakah saya harus mencoba untuk berenang?

Secara kebetulan, pada senin sore hari teman kos saya mengajak saya untuk berenang! Sungguh kebetulan yang sangat tidak masuk akal! Selama hampir 3 tahun di kosan tidak ada satu pun yang mengajak berenang! tiba-tiba ketika saya membicarakan soal berenang di hari jumat dan memikirkannya di hari minggu, seninnya diajak renang. I can’t believe that! Oh ye? Sumpe lo? Serius.

Akhirnya, saya memutuskan dengan cepat untuk ikut berenang. Kami pun berenang di kolam renang UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) pada hari senin itu juga. Harga masuk kolam renangnya pun cukup murah yaitu Rp7.000.

Kami pun berenang dari jam setengah enam sore sampai jam setengah tujuh malam. Ya, itu satu jam. Sebelumnya, saya mengalami kepegalan dan sakit otot yang sangat setelah 15 menit berenang. Bagaimana tidak, 7 tahun ga berenang!

Sepulang dari situ pun tulang ekor saya masih sakit, apa mungkin ini sakit tulang? Akhirnya sampai kosan saya kelelahan, harus makan malam dulu, pulang dan tidur. Keesokan paginya, Jreng Jreng, sakitnya berkurang! Ah mungkin sugesti..

Sampai akhirnya saya menuliskan ini 13 April 2011, tulang ekor saya tidak terasa sakit lagi.. Apa mungkin  ini syaraf terjepit? Tidak tahu, yang penting saya tidak sakit! Kalau pun terasa sakit lagi saya pasti akan berenang dan menuliskan progress-nya di blog kesayangan saya ini.

CIAO!

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

34 tanggapan untuk “Cara Menyembuhkan Tulang Ekor yang Sakit dengan Berenang”

  1. hadi
    April 21st, 2011 at 19:54 | #1

    Slamat ya mas….
    Mudah-mudahan gak sakit dan gak kumat lagi sakitnya..
    Sebenernya saya juga sedang mengalami sakit kaya mas, kata dokter sih ada syaraf tulang belakang yang kejepit tapi itu juga baru analisa sekilas karena memang saya belum sempet kontrol lagi.
    Sebenernya saya juga dianjurkan untuk olahraga renang, dan itu saya coba..walau gak rutin tapi hasilnya memang belum terasa..(ya…mungkin karna gak rutin)
    Setelah membaca artikel mas saya jadi terinspirasi untuk nyoba renang lagi..
    mudah-mudahan sih berhasil…. :lol:

    • April 22nd, 2011 at 13:28 | #2

      ya mas semoga mas hadi cepat sembuh, soalnya sakit di tulang belakang bagian bawah ini sangat mengganggu banget apalagi pas duduk.. oh iya saya baru tau kalau posisi tidur juga berpengaruh pada tulang ekor tersebut..

      • lintrik
        April 26th, 2011 at 11:30 | #3

        posisi tidur yang seperti apa ya..?
        lalu apakah ada penjelasan dari dokter kenapa berenang bisa menyembuhkan itu..?
        terima kasih sebelumnya atas informasinya.. krn saya juga akhir2x ini merasakan nyeri yg sama dan baru sekarang sempat cari2x informaisnya….

      • April 27th, 2011 at 12:06 | #4

        waktu saya dengar dari dokter yang mengoperasi opa saya, katanya berenang dapat meregangkan/menarik tulang tulang dengan harapan dapat mengembalikan syaraf pada posisi semula. begituu..

  2. Erik
    May 7th, 2011 at 17:12 | #5

    Mas, sekarang q juga ngalami hal yg sama ni… Q jga sering naik motor, maklum krja hanya sbgai messanger/OB saja, q sering capek, pegel2, ma sktar tulang ekor sakit bgt kl abis naik mtor, qta turun jalan bru kerasa bgt… Senut2 gtu… Mgkin dgn masukan ini, insyaAllah akan q lakuin… Soalnya dri q tnya dokter, pnyakit ni tergolong bahaya jga. Tengkyu.

    • May 10th, 2011 at 09:34 | #6

      selain itu juga ubah posisi duduk di motor jangan sampai mengenai tulang ekor, titik beratkan duduk di pangkal paha. kalau saya kambuh lagi rasa sakitnya tetapi sekarang tidak sesakit dulu karena udah tau posisi2 n kegiatan apa yang bikin sakit tulang ekor, dua di antaranya adalah jadi kiper futsal sama naik motor mio yang joknya udah ditipisin..

      hope it helps..

  3. yunda
    May 22nd, 2011 at 13:53 | #7

    thx bgt sarannya.

  4. arthy
    June 16th, 2011 at 10:28 | #8

    hayyy,… aq arthy, skrang ini aq ngalamin sakit tulang ekor sebulan yg lalu tu aq jatoh dr kamr mandi n pas periksa k’dokter kata’y ad syaraf yg terjepit,.. dgn ngebaca aq bakal langsung praktein n mudah2an aq bz sembuh dr rasa sakit tulang ekor ini,..Aminnnn,… Doain ya,…n thank’u

  5. August 11th, 2011 at 08:50 | #9

    Haduh, makasi mas informasinya!
    Penyebabnya sama bgt! Gara2 naik motor. Dan kalo bangun tidur selalu sakit tulang ekor saya…
    Sy sdh lm ga berenang.. Thx berat mas..
    Maya, 19 thn.

  6. Anan
    August 14th, 2011 at 19:53 | #10

    Sy jg mengalami penyakit pembengkakan pd tlang ekor. Awalx ak prnah kena bisulan setlah smbuh sejak itu ak gak bs trlalu lama naik motor apalagi jalan rusak langsung sakit pantatku. Makasi atas infox ya…

  7. August 31st, 2011 at 02:22 | #11

    Saya yusuf, saya mengalami hal yang serupa.dan sudah hampir 6 bulan mengalami sakit tulang ekor. Menurut pihak kedokteran saya harus dicek (MRI) dll.sdh cb minum obat,tp sakitnya hilang sementara.begitupun ketika share dng tmn 1 kantor, beliau sudah berobat ke dokter tulang tp blm berhasil. Saat ini saya sudah ada perkembangan kesembuhan, melalui proses spt refleksi di daerah bekasi. Hanya dilakukan pijatan di jari kaki dan itupun tidak sakit.dan hanya diberikan obat herbal.bagi yang ingin mencoba bisa contact saya

  8. lian
    September 29th, 2011 at 09:57 | #12

    ass,..
    sy mengalami hal serupa seperti mas, sakit pd bagian tulang ekor saat duduk lama, setelah d rontgen ternyata tulang ekor sy bergeser dr posisix, insyaAllah sabtu-minggu sy bisa rutin berenang,.. minta doanya yach,.. insyaAllah sy bisa sembuh,. amin

  9. gia ginanjar
    October 22nd, 2011 at 12:51 | #13

    saya gia,tks infonya.sy jg sm sdh 4 bln skit tulang belakang&ekor ditambah ada syaraf terjepit.berobat ke 2 RS di bandung,ga ada perubahan..nti saya coba utk renang,mdh2n ada perubahan.amin

  10. yuli
    November 10th, 2011 at 21:21 | #14

    Halo… Tq bgt info2 nya… Bbrp bulan blkg an ini, suami sy sering mengeluh sakit d tulang ekornya…
    Semoga info nya berguna… Bsk mau coba renang deh…
    Btw, ada gaya khusus ga renangnya?? Ato gaya bebas aja… :)
    Thanks bgt info nya….

  11. Jim
    November 18th, 2011 at 23:00 | #15

    Seminggu yg lalu saya tabrakan motor & jatuh duduk, kena tulang ekor saya.. Saat itu saya paksa pulang saja, berasa banget sakitnya ketika akan duduk atau mau berdiri.. krn rmh jauh dr tmpt rontgen.. Saya coba treatment dgn diurut.. Sudah 4 hari diurut tidak berangsur sembuh, hari ke-5 setelah diurut kebetulan saya balik badan.. Krekk.. bunyi tulang ekor & saya berasa lebih baik, tidak begitu sakit lagi.. tapi setelah baca artikel saya baru ingat padahal kolam renang tidak begitu jauh dr rmh saya, dan saya akan mencoba renang lg setelah sekian lama tidak renang.. Makasi atas artikel yg mengingatkan untuk treatment renang pd saat sakit tulang ekor..

  12. muh hasyim
    November 22nd, 2011 at 21:39 | #16

    sekedar sharing ,kakak saya sudah 4 bulan sakit urat terjepit di tulang belakang , dilakukan operasi tetapi tidak ada perubahan malah tambah sakit sampai saat ini, mohon informasinya jika ada yang tahu tempat teraphy untuk pengobatannya bagi kesembuhan kakak saya, contact 081284274068 atau email hasyimmuh@ymail.com

  13. adjibhonz
    December 10th, 2011 at 22:03 | #17

    assalamualaikum.. Salam kenal semua. Saya jg sdh 2 bln trakhir ini perika daerah pinggang yg trasa panas. Awalnya diminta dokter utk cek darah dan rontgn ginjal. Alhmdulilah hasilnya normal dan ginjal saya dinytkan berfungsi dan sehat. Tp rasa nyeri diatas tulang ekor mpe skrg blm hilang. Saya mengira jg ini ada syaraf yg terjepit. Smg info dengan renang dapat menyembuhkan udh jd inspirasi bwt menymbuhkan pnykit ini. Doakan saya tmn2 smg allah membrkan mukjizat kesembhan buat kita semua… Amin.

  14. Mas Pocong
    December 20th, 2011 at 12:38 | #18

    Tulang Ekor Saya Juga Sakit Tp dimana Mau Berenang Dikali Gue Tinggal Didesa

  15. cp-loe?
    December 23rd, 2011 at 17:09 | #19

    ok. entah mengapa bbrp hari terakhir ini tulang ekor saya trs nyeri, apa saya harus brnang??
    padahal, saya pling tdk suka dg yg namanya berenang
    tp, ap mungkin jg salah dl posisi tdur??
    namun jka berenang bsa menyembuhkan ,insyaallah akan saya coba.
    thxs

  16. iyan
    December 29th, 2011 at 10:32 | #20

    hallo mas, sy mo tanya posisi tidur bagaimana yg aman krn sy juga menderita syaraf terjepit, trimakasih banyak jawabannya,,

  17. February 2nd, 2012 at 15:44 | #21

    makasih banyak buat infonya,

    ijin share yah..

  18. okta
    March 21st, 2012 at 11:35 | #22

    gia ginanjar :
    saya gia,tks infonya.sy jg sm sdh 4 bln skit tulang belakang&ekor ditambah ada syaraf terjepit.berobat ke 2 RS di bandung,ga ada perubahan..nti saya coba utk renang,mdh2n ada perubahan.amin

    Boleh tanya ga skr gmana udh sembuh ? Sy jg orang bandung papah saya udh berobat kmana” ga sembuh” jg . Klo udh sembuh pake obat apa ?

  19. Nisaekasari
    July 15th, 2012 at 09:47 | #23

    Emang sih!. Klo kata hadisit, olahraga yg di sukain nabi muhammad Berenang, Memanah sm berkuda.. Bkn kt gw yee..

  20. Nisaekasari
    July 15th, 2012 at 09:50 | #24

    Good idea..

  21. putra melayu
    December 9th, 2012 at 04:30 | #25

    sakit pinggang banyak disebabkan posisi duduk yang salah.
    Silakan baca http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31077/4/Chapter%20II.pdf
    Semoga bermamfaat.

  22. sardiyono
    January 7th, 2013 at 11:45 | #26

    Terima kasih mas infonya…kebetulan saya juga mengalamin nyeri disekitar tulang pantat dan pinggang. Saya jadi gak sabar nich utk coba berenang…

  23. donesta
    January 10th, 2013 at 17:28 | #27

    tks bgt infox,. aq pernah kecelakaan motor wktu aq berumur 15 tahun ,. hitung aja umurku skrg sdh 27 tahun., sdh pernah berobat ke RS N’ diurut tp gak ada perubahan. skrg malah bertambah parah karena sebelah anggota badanq udh mulai gerak2 sendiri krn syaraf,.kl duduk lama rsx bkn nyeri lg tp terasa pedes dibagian tulang ekor., ada info penyembuhan lain gk selain berenang cz aq gk tw berenang >_<. Contact email dian_onesta@yahoo.com

  24. February 21st, 2013 at 22:09 | #28

    Ibu saya, juga merasakan hal yg sama,, dah berobat ke dokter atau pun terapi hasilnya juga sama aja.. Selain renang apa lgi yang bisa menyembuhkan sakit ekor belakang, karna ibu saya tidak bisa berenang. Trimmest

  25. sri
    February 23rd, 2013 at 12:47 | #29

    tks y info y..q jg skg dah 6bln skt ditulang ekor daria q hamil sampe skg dah nglahirkan tv msh skt..mdh2an dg berenag bisa sembuh..doain yah..amiin

  26. Sofia
    March 27th, 2013 at 09:23 | #30

    thank’s ya i nfox….. sekarang sy ga kepikiran yg anh” lgi……….semoga smux cpt cembuhhhhhh…aminnn..

  27. yenny
    May 13th, 2013 at 12:36 | #31

    makasih untuk infonya. semoga dengan berenang aku bisa sembuh…. :)

  28. tris
    May 25th, 2013 at 19:04 | #32

    coba dulu baru komentar lagi saya udah coba renang belum sembuh jg tuh bener

  29. May 27th, 2013 at 18:48 | #33

    makasih infonya…kalau tulang ekor terasa panas sampe enda tertahan ada info penyembuhannya enda?

  30. Lista Simanjorang
    May 31st, 2013 at 19:32 | #34

    thanks banget atas infonya. sekarang saya lagi mengalami kesakitan yang luar biasa. memang jarak rumah ke tempat kerja saya sangat jauh dan saya mengendari mio ke tempat kerja saya. mungkin karena posisi duduk saya juga salah menyebabkan tulang ekor saya sakit. bahkan untuk duduk atau telentang aja sakitnya minta ampun. besok saya usahakan berenang walau hanya menggerakkan dari pinggang sampai ke kaki krn saya tidak bisa berenang. semoga saya lekas sembuh. amin

Silakan Beri Komentar