Langkah Awal Membuat Sistem

Masing-masing orang punya caranya sendiri dalam membuat sistem. Tidak dapat disangkal bahwa sistem bekerja sangat baik bagi banyak orang dan tampaknya tidak bekerja baik bagi sebagian orang. Hal ini bukan dikarenakan karena sistem tersebut disukai atau tidak disukai, melainkan sistemnya tepat untuk diterapkan pada kondisi dan situasi yang sedemikian rupa.

Membuat sistem tidaklah segampang yang dipikirkan karena pasti akan menghadapi hal-hal kompleks yang terkait satu sama lain. Namun, langkah awalnya sebenarnya sangat mudah. Langkah tersebut adalah dengan memikirkan alasan kenapa membuat sistem.

Kenapa Sistem Dibuat?

Alasan orang membuat sesuatu yang dapat memudahkannya tentu saja karena ada sesuatu yang menyulitkannya. Dengan kata lain, ada hal yang tidak efektif sehingga ingin diefektifkan dan bekerja sesuai dengan keinginan seseorang.

Mulailah dengan pertanyaan “apa yang inti persoalannya sehingga saya membutuhkan sistem?” Dari pertanyaan tersebutlah akan muncul berbagai persoalan yang dapat dicatat di atas kertas. Lalu ketika persoalan sudah dicatat semua cobalah untuk berpikir persoalan mana yang paling mendesak dan paling penting untuk diselesaikan.

Dengan demikian, selesailah langkah paling awal dan dasar untuk membuat sebuah sistem. Tanpa diketahuinya persoalan yang jelas dan tingkat kepentingannya, sebuah sistem akan sia-sia jika dibuat.

Tags:

AUTHOR

# Mulutku seperti brankas. Tidak akan terbuka sampai Anda minta untuk membukanya. Semua orang butuh tempat untuk bercerita. Ceritakan pada saya. Pasti akan mendapatkan balasan dari saya apabila bercerita lewat aprillins at gmail.com. Saya tidak akan menanggapi dengan serius, tapi Anda akan mendapatkan jawaban yang masuk akal.

Satu tanggapan untuk “Langkah Awal Membuat Sistem”

  1. October 29th, 2012 at 10:14 | #1

    trima kasih atas artikelnya sehingga saya mengerti apa yang terjadi

Silakan Beri Komentar